PENGARUH PENERAPAN MEDIA STIK ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK
DOI:
https://doi.org/10.32534/jjb.v13i2.6891Kata Kunci:
stik; angka; berhitungAbstrak
Kemampuan berhitung penting untuk dimiliki oleh setiap anak usia dini. Namun, realitanya kebanyakan pendidik menstimulasi kemampuan berhitung melalui lembar kerja anak (LKA) tanpa adanya kegiatan bermain. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan media stik angka terhadap kemampuan berhitung anak kelompok B di TK ABA II Sumbersari. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen melalui rancangan non-equivalent control group. Jenis pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan convenience sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu melalui uji mann whitney-u. Analisis data menunjukkan nilai mann whitney-u berjumlah 0,000 yang mana kurang dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa penerapan media stik angka berpengaruh terhadap kemampuan berhitung anak kelompok B di TK ABA II Sumbersari. Terdapat peningkatan kemampuan berhitung pada anak kelompok B dari sebelum diterapkan media stik angka dan setelah diterapkan media stik angka.
Referensi
Budyawati, L. P. I. (2020). Penerapan Media Motif (Monopoli Edukatif) dalam Meningkatkan Kecerdasan Jamak pada Anak Kelompok B di TK Kartika IX-35 Patrang, Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 14(2), 373–381.
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in international mathematics and science study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 562-569.
Hasanah, G., N. Adjie, & R. Justicia. (2023). Peningkatan Kemampuan Penjumlahan Melalui Permainan Stick Angka Pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta, 2(1), 88–92.
Iskandar, A., R. Fitriani, N. Ida, & P. H. S. Sitompul. (2023). Dasar Metode Penelitian. Makassar: Yayasan Cendekiawan Inovasi Digital Indonesia.
Khan, R. I., & N. Yuliani. (2016). Meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui permainan bowling kaleng. UNIVERSUM: Jurnal KeIslaman Dan Kebudayaan, 10(01), 65–71.
Laily, A., F. Jalal, & Karnadi. (2019). Peningkatan kemampuan konsep matematika awal anak usia 4-5 tahun melalui media papan semat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 396–403.
Masyhud, M. (2021). Metode Penelitian Pendidikan, Penuntun Teori dan Praktik Penelitian bagi Calon Guru, dan Praktisi Pendidikan. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Pendidikan.
Munawarah, S. (2019). Peningkatkan Kemampuan Berhitung Menggunakan Media Stik Angka pada Anak Usia 5 Tahun di Ra Ibnu Khaldun Bengkalis. Akademika, 15(2), 147–159.
Novita, A. & Muqowim. (2019). Inovasi Guru dalam Metode Pembelajaran Berhitung untuk Menstimulasi Kecerdasan Logis-Matematis di TK Kalyca Montessori School Yogyakarta. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 21–36.
Nurhidayah, W., & Astari, T. (2019). Permainan Bakbelin Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudatul Athfal An-Nuur, Subang–Jawa Barat. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 133–147.
Qolby, B. S. (2014). Uji mann whitney dalam statistika non parametrik perbedaan tingkat penggunaan kendaraan umum dengan kendaraan pribadi. Online[https://www.academia.edu/36606456/UJI_MANN_WHITNEY_DALAM_STATISTIKA_NON_PARAMETRIK].
Saputra, A. (2018). Pendidikan anak pada usia dini. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 10(2), 192–209.
Sari, L. Y., M. F. Adnan, & Hadiyanto. (2018). Enhancing Students Active Involvement Motivation and Learning Outcomes on Mathematical Problem Using Problem-Based Learning. In International Journal of Educational Dynamics, 1(1), 309-316. http://ijeds.ppj.unp.ac.id/index.php/IJEDS.
Sari, R. K., N. Kusuma, F. Sampe, S. Putra, S. Fathonah, D. A. Ridzal, K. W. Rato, E. Apriani, T. P. Wibowo, & D. Mardhiyana. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan. Banten: Sada Kurnia Pustaka.
Setiani, N. M., N. M. Sukerni, & N. G. A. M. Y. Lestari. (2021). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan melalui Penggunaan Media Stick Angka pada Anak Kelompok B di TK Kids Fantasi Camp Penarungan Bandung Tahun Ajaran 2020/2021. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 132–139. https://doi.org/10.25078/pw.vi.419.
Silowati, E. (2021). Peningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Anak Usia Dini Melalui Media Pesawat Botol Bekas (Bobe) Di Kelompok A Tk Dharma Wanita 02 Pegandan Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6), 44–53.
