PENGARUH KECANDUAN GAWAI TERHADAP DISREGULASI EMOSI ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.32534/jjb.v8i2.1726Kata Kunci:
disregulasi emosi anak, kecanduan gawaiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan besar pengaruh kecanduan gawai anak usia dini terhadap disregulasi emosi. Subjek penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak berusia 4-6 tahun. Data primer di ambil melalui penyebaran angket kuesioner kepada orang tua anak melalui angket google form. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disregulasi emosi anak dipengaruhi oleh tingkat penggunaan gawai anak usia dini. Penelitian ini berimplikasi pada pemahaman orang tua terhadap perilaku anak dalam menggunakan smartphone. Harapannya adalah, orang tua tidak menganggap sepele terhadap penggunaan gawai anak, agar disregulasi emosi anak dapat menjadi lebih positif.
Referensi
Konten Negatif Internet Terhadap Fungsi Prefrontal Cortex Pada Usia 18-19 Tahun. INA-Rxiv. June, 25.
Alia, T., & Irwansyah. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture and Education, 14(1), 65–78. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.639
Briggs-Gowan, M. J., Carter, A. S., Bosson-Heenan, J., Guyer, A. E., & Horwitz, S. M. (2006). Are infant-toddler social-emotional and behavioral problems transient? Journal of the American Academy of Child & Adolescent Psychiatry, 45(7), 849–858.
Briggs-Gowan, M. J., Carter, A. S., Irwin, J. R., Wachtel, K., & Cicchetti, D. V. (2004). The Brief Infant-Toddler Social and Emotional Assessment: Screening for Social-Emotional Problems and Delays in Competence. Journal of Pediatric Psychology, 29(2), 143–155. https://doi.org/10.1093/jpepsy/jsh017
Carter, A. S., Little, T. D., & Briggs-Gowan, M. (2003). The Infant–Toddler Social and Emotional Assessment (ITSEA): Factor Structure, Reliability, and Validity. Journal of Abnormal Child Psychology, 103(3), 239–248. https://doi.org/10.1023/A
Chang, F. C., Chiu, C. H., Chen, P. H., Chiang, J. T., Miao, N. F., Chuang, H. Y., & Liu, S. (2019). Children’s use of mobile devices, kecanduan gawai and parental mediation in Taiwan. Computers in Human Behavior, 93, 25–32. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.11.048
