KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.32534/jjb.v13i2.7408Kata Kunci:
Kolaborasi, Guru, Orang tua, Kemandirian, Anak usia diniAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kolaborasi antara guru dan orang tua dalam menumbuhkan kemandirian anak usia dini di TK Negeri 001 Bunguran Timur Laut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dan dilaksanakan pada tanggal 2–5 Juni 2025. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, dengan informan terdiri dari guru, kepala sekolah, dan orang tua peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan orang tua secara aktif bekerja sama dalam menumbuhkan sikap mandiri anak melalui berbagai kegiatan, yaitu bercerita, bermain peran, observasi langsung (melihat secara nyata), dan menonton video edukatif tentang kemandirian. Guru memberikan pembiasaan dan stimulasi di sekolah, sementara orang tua mendukung dengan memberikan kesempatan praktik di rumah. Kegiatan tersebut terbukti efektif dalam menumbuhkan sikap mandiri, tanggung jawab, serta kepercayaan diri pada anak. Komunikasi yang terjalin secara rutin antara guru dan orang tua, baik melalui pertemuan langsung maupun media daring, menjadi kunci keberhasilan kolaborasi tersebut. Dengan demikian, kolaborasi yang erat dan berkesinambungan antara guru dan orang tua berperan penting dalam membentuk karakter mandiri pada anak usia dini, khususnya di lingkungan pendidikan taman kanak-kanak.
Referensi
Aprilia, C. W., Elan, E., & Rizqi, A. M. (2024). Peran Orang Tua dalam Mendorong Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 61–67. https://doi.org/10.31004/irje.v4i2.487
Fitroh, S. F., & Sari, E. D. N. (2015). Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2(2), 76–149.
Harianja, A. L., Siregar, R., & Lubis, J. N. (2023). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Bermain Peran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4871–4880. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5159
Hasnawati, S. (2022). Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Bagi Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Kualitas Pemahaman Peserta Didik. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 20(2), 149–158. https://doi.org/10.35905/alishlah.v21i2.2630
Ibda, H. (2022). Ekologi Perkembangan Anak, Ekologi Keluarga, Ekologi Sekolah dan Pembelajaran. Jurnal Kependidikan Islam Dan Keagamaan, 4(2), 75–93.
Nuriyadi, Harsono, A. M. B., Suriansyah, A., Asrani, & Ferdiyansyah, A. (2024). Strategi Komunikasi Guru Untuk Mendorong Keterlibatan Orang Tua Dalam Proses Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 02(02), 684–690.
Putro, K. Z., Amri, M. A., Wulandari, N., & Kurniawan, D. (2020). Pola Interaksi Anak Dan Orangtua Selama Kebijakan Pembelajaran Di Rumah. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 36.
Rahmawati, N., & Purnamasari, R. (2025). Kolaborasi Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung, 1–10.
Ras, O. A., Raf, N., Sumilih, D. A., Rahim, H., & Nurlela, A. (2024). Analisis Peran Orang Tua Dalam Optimalisasi Fungsi-Fungsi Keluarga Di Desa Latekko Kabupaten Bone. Jurnal Neo Societal, 6(2), 161–177.
Sari, D. Y. (2018). Pengaruh Bimbingan Guru dalam Mengembangkan Kemandirian dan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 35–44. https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4436
Siti, M., & Hafizah, M. N. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengelola Emosi Anak Usia Dini dengan Metode Bermain Peran. Jurnal Usia Dini, 9(2), 184. https://doi.org/10.24114/jud.v9i2.52434
Syam, F., Nova, M. A., Ridha, I., Matsam, R., & Subhi, M. (2024). Kolaborasi Pendidik dan Orang Tua : Kunci Sukses Membangun Karakter Peserta Didik. Indonesian Journal of Teaching and Teacher Education, 4(2), 58–67.
Umi Kalsum, Arsy Arsy, Rubi’ah Salsabilah, Patria Nabila Putri, & Dwi Noviani. (2023). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 94–113. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i4.632
Wahyuningsih, S., & Umaeroh, S. (2021). Penanaman Karakter Kemandirian
