ANALISIS KERJASAMA ORANGTUA DENGAN GURU PAUD TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE

Penulis

  • Annisa Destiana Suryadi

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v9i1.2127

Kata Kunci:

Kerjasama, Orang tua, Pembelajaran Online

Abstrak

Penelitian ini membahas tentng hubungan antara kerjasama orang tua dengan guru terhadap efektivitas pembelajaran online di lembaga PAUD se Kecamatan Kabandungan. Pembelajaran online merupakan pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan kemajuan teknologi dengan memerlukan fasilitas berupa gawai atau laptop serta jaringan internet untuk melaksanakannya. Dalam pendidikan anak usia dini, pembelajaran merupakan proses bermain yang bermakna dengan upaya mengoptimalkan tumbuh kembang anak usia dini dengan cara yang menyenangkan. Maka dari itu, perlu adanya kerjasama yang  baik antara orang tua dengan guru agar terwujudnya efektivitas pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tetap tercapai sekalipun pembelajaran dilakukan secara online. penelitian ini menjadikan pendiidik PAUD yang berstatus sebagai guru kelas menjadi sampel penelitian dengan jumlah 52 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif survey dengan pengolahan data menggunakan uji regresi linear sederhana dinyatakan bahwa kerjasama orang tua dengan guru berpengaruh signifikan dan memiliki hubungan positif terhadap efektivitas pembelajaran online. hubungan positif artinya, semakin meningkat kerjasama antara orang tua dengan guru maka semakin meningkat pula efektivitas pembelajaran online di lembaga PAUD Kecamatan Kabandungan.

 

Diterbitkan

2021-09-30

Cara Mengutip

ANALISIS KERJASAMA ORANGTUA DENGAN GURU PAUD TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE. (2021). Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 9(1), 1-9. https://doi.org/10.32534/jjb.v9i1.2127