PENERAPAN PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI 9 PILAR KARAKTER ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HIDAYAH SAMARINDA

Penulis

  • Marliyanti Marliyanti
  • Budi Rahardjo
  • Fachrul Rozie

DOI:

https://doi.org/10.32534/jjb.v7i2.1347

Kata Kunci:

Penanaman nilai-nilai karakter, 9 pilar karakter, Anak Usia Dini.

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan penanaman nilai-nilai karakter anak usia 5-6 tahun melalui 9 pilar karakter pada pilar 2 (Kemandirian, tanggung jawab, dan disiplin). Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun teknik analisis data menggunakan Milles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rancangan pembelajaran penanaman nilai-nilai karakter melalui 9 pilar karakter di telah terlaksana dengan baik. (2) Penerapan penanaman nilai-nilai karakter melalui 9 pilar karakter terlaksana dengan baik dengan kegiatan morning circle dan jurnal pagi, (3) Faktor pendukung kegiatan penanaman nilai-nilai karakter ini bersumber perwakilan guru telah magang selama 3 minggu di Bogor untuk mengikuti kegiatan 9 pilar karakter Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan penanaman nilai karakter pada pilar 2 di TK Hidayah Samarinda sangat berperan penting karena pada pilar 2 (kemandirian, tanggung jawab dan kedisiplinan) merupakan kesiapan awal anak dalam memasuki jenjang sekolah dasar.

Diterbitkan

2020-02-04

Cara Mengutip

PENERAPAN PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI 9 PILAR KARAKTER ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HIDAYAH SAMARINDA. (2020). Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 7(2), 44-57. https://doi.org/10.32534/jjb.v7i2.1347