PENINGKATAN MORALITAS ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN BONEKA WAYANG PADA KELOMPOK A DI TK PRGI WANA JAYA

Authors

  • R Najla Nabilah Universitas Muhammadiyah Cirebon image/svg+xml
  • M. Arif Syarif Hidayatullah

Keywords:

Perkembangan Moralitas Anak, Media Boneka Wayang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis peningkatan moralitas anak melalui metode bercerita dengan menggunakan boneka wayang di TK PGRI Wana Jaya. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan fase krusial dalam perkembangan karakter dan moral anak, di mana nilai-nilai positif harus ditanamkan sejak dini. Dengan menggunakan metode bercerita yang dikombinasikan dengan boneka wayang, diharapkan anak-anak dapat lebih mudah memahami dan menginternalisasi nilai-nilai moral yang diajarkan. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara semiterstruktur, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini efektif dalam meningkatkan moralitas anak, yang tercermin dari perubahan perilaku positif dalam interaksi sosial di antara mereka. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran yang menarik dan efektif dalam meningkatkan moralitas anak.

References

Bambang Niko Pasla (2014). pengertianmoral, Ciri dan Jenis https://bnp.jambiprov.go.id/mor al-adalah-pengertian-ciri-danjenisnya/ Desria Irnanda, B. (2023). Pengaruh Penggunaan Boneka Wayang Untuk Melatih Bahasa Ekspresif Anak Kelompok A di TK Pertiwi Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh). Fima Oktaviani. (2021). Pengembangan Media Wayang Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Jurusan :Pendidikan Anak Usia Dini ( PIAUD ). Skripsi. Handayani, & Windasari, I. W. (2024). Upaya Meningkatkan Nilai Moral Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bercerita Di Ra Nurul Hikmah Pondok Wuluh Leces Probolinggo Tahun. AlATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 110–127. https://doi.org/10.46773/alathfal .v5i1.984 Hasanah, U., & Fajri, N. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Edukids : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 116–126. https://doi.org/10.51878/edukids .v2i2.1775 180 ISSN : 2685-564X (Online) Copyright © 2025 Jurnal Jendela Bunda Universitas Muhammadiyah CirebonJournal Jendela Bunda PG PAUD UMC Hal. x - xx 9 ISSN : 2685-564X (Online) Copyright © 2020 Jurnal Jendela Bunda Universitas Muhammadiyah Cirebon Heny Perbowosari (2023). Konsep Dasar Moral Anak Usia Dini. www.penerbitlitnus.co.id Heritage Foudndation. Perbowosari,Heni (2023). Konsep Dasar Pengembangan Moral Anak Usia Dini. Malang. Literasi Nusantara Abadi. Indonesia Heritage Foundtion (2016). Pendidikan karakter. www.ihf.or.id M, Mansyur. (2019). Pengembangan Nilai Moral Anak Melalui Metode Bercerita Pada Kelompok B Di Tk Pembina Kota Kendari. Gema Pendidikan, 26(1),97. https://doi.org/10.36709/gapend. v26i1.6779 Megawangi,Ratna(2016). penidikan karakter. Bogor. Indonesia Narsim. Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya Untuk Kenaikan Pangkat dan Golongan Guru & Pedoman Penulisan PTK bagi Mahasiswa. Cilacap: Ihya Media. Novia Safitri (2019). Penanaman NilaiNilai Moral Anak Usia Dini TK Goemerlang Bandar Lampung. jurnal Gema Pendidikan. Sri Andayani (2021). Krakteristk Anak Usia Dini. jurnal.an-nur.ac.i Susanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Bumi Aksara Wening Endah Subekti. (2016). Penggunaan Metode Bercerita Dengan Media Wayang Perca Untuk Meningkatkan Pengetahuan Moral Anak Kelompok B3 DI TK PKK Sendangagung Minggir Sleman.

Downloads

Published

21-08-2025

How to Cite

PENINGKATAN MORALITAS ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN BONEKA WAYANG PADA KELOMPOK A DI TK PRGI WANA JAYA. (2025). Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 13(2). https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/7922

Most read articles by the same author(s)