ANALISIS BUDAYA PENGASUHAN ANAK USIA DINI DALAM KELUARGA MULTIKULTURAL
DOI:
https://doi.org/10.32534/jjb.v13i2.7672Keywords:
Budaya pengasuhan, Keluarga, MultikulturalAbstract
Perbedaan budaya dalam keluarga multikultural dapat mempengaruhi pola pengasuhan yang diterapkan kepada anak. Orang tua dengan budaya yang berbeda tentu memiliki persepsi dan konsep adaptasi dalam menerapkan pengasuhan yang baik untuk membentuk perilaku sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pola dan karakteristik pengasuhan yang dilakukan oleh keluarga multikultural atau berbeda suku yaitu orang tua yang berasal dari Pantar dan Abui. Partisipan dalam penelitian ini adalah lima orang ibu yang berasal dari suku Abui yang menikah dengan suami dari suku Pantar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui proses wawancara lalu data dianalisis menggunakan milles and Huberman dan grounded theory. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pengasuhan yang dilakukan oleh orang tua adalah demokratis dan permisif, ibu dari suku Abui lebih tegas kepada anak dibandingkan dengan ayah dari suku Pantar. Karakteristik pengasuhan pada keluarga multikultural secara spesifik mengutamakan penanaman nilai keagamaan, toleransi dalam perbedaan pengasuhan, mengenalkan identitas budaya dan gaya pengasuhan tradisional, dan menanamkan nilai karakter dan kebiasaan kepada anak untuk berperilaku baik melalui arahan dan nasihat agar membentuk perilaku sosial yang baik sehingga menjadi pedoman dalam menjalani kehidupan selanjutnya. Kebiasaan yang baik akan membentuk perilaku yang baik.
References
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 50–58.
Dalimonte-Merckling, D., & Williams, J. M. (2019). Parenting Styles and Their Effects. In Encyclopedia of Infant and Early Childhood Development (Issue February). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-809324-5.23611-0
Desmila, D., & Suryana, D. (2023). Upaya Guru dalam Menanamkan Karakter Anak Usia Dini melalui Pendidikan Multikultural. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2474–2484. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.2001
Fitria, N. (2016). POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK ASPEK BUDAYA LAMPUNG. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 99–115. http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus
Handoko, W. D., Fauziah, P., & Dimyati, D. (2021). Gaya Pengasuhan Anak Usia Dini pada Suku Dayak Dusun Laek Desa Bengkilu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 728–737. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1021
Indrawati, I., & Muthmainah, M. (2022). Dampak Gaya Pengasuhan Budaya Barat dan Timur Terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3147–3159. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2230
Karima, N. C., Ashilah, S. H., Kinasih, A. S., Taufiq, P. H., & Hasnah, L. (2022). Pentingnya penanaman nilai agama dan moral terhadap anak usia dini. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 17(2), 273–292. https://doi.org/10.24090/yinyang.v17i2.6482
Loka, L. M., Akbar, Z., Hapsari, I. I., Ariyani, M., Maulana, H., Jakarta, U. N., & Asuh, P. (2019). Pola asuh dalam keluarga multikultural: pengaruhnya terhadap perilaku sosial remaja. Jurnal Pendiidkan Dan Psikologi Pintar Harati, 21(1), 1–10.
Maarang, M., Lily, N., Tabun, N., & Dony, P. M. T. (2025). Identifikasi Gaya Pengasuhan Ibu Bekerja dan Tidak Bekerja Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i2.642
Marintan, D., & Priyanti, N. Y. (2022). Pengaruh Pola Asuh Demokratis terhadap Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun di TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5331–5341. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3114
Mukarromah, T. T., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.550
Ngaisah, S., Imroatun, Ramadani, D. R., & Muthmainnah. (2023). Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman-SA 4.0 license. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 13(1), 151–162. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam
Nur, M., Hidayat, A., & Sari, N. (2022). Persepsi Guru terhadap Pendidikan Multikultural di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6208–6214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3266
Pertiwi, L. K., Febiyanti, A., & Rachmawati, Y. (2021). Keterlibatan Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 19–30. https://doi.org/10.17509/cd.v12i1.26702
Putrihapsari, R., & Fauziah, P. Y. (2020). Manajemen Pengasuhan Anak Usia Dini Pada Ibu Yang Bekerja: Sebuah Studi Literatur. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 127–136. https://doi.org/10.21009/jiv.1502.4
Qanita Audrey Apsarini, & Mutia Husna Avezahra. (2023). Reviu Gambaran Perbedaan Perilaku dalam Latar Belakang Multikultural Lintas Budaya. Flourishing Journal, 3(5), 188–194. https://doi.org/10.17977/um070v3i52023p188-194
Rachmawati, Y. (2020). Pengembangan Model Etnoparenting Indonesia pada Pengasuhan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1150–1162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.706
Satrianingrum, P. A., & Setyawati, A. F. (2021). Perbedaan Pola Pengasuhan Orang Tua Pada Anak Usia Dini Ditinjau Dari Berbagai Suku Di Indonesia: Kajian Literatur. JIV-Jurnal Ilmiah PTK PNF, 16(1), 1–10. https://doi.org/10.21009/jiv.1601.1
Sekar Kirana Wulandari, & Mirna Nur Alia Abdullah. (2024). Harmoni Dalam Perbedaan: Dinamika Pernikahan Multikultural Terhadap Pola Pengasuhan Anak. SABANA: Jurnal Sosiologi, Antropologi, Dan Budaya Nusantara, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.55123/sabana.v3i1.3276
Sholichah, R. (2020). Pengasuhan Berbasis Neurosain dan Kecerdasan Emosi dalam Pengasuhan Anak Usia Dini. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 7(1), 19–28. https://doi.org/10.54069/atthiflah.v7i1.43
Syifauzakia, S. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Keluarga Di Era Industri 4.0. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 30(2), 171–185. https://doi.org/10.24235/ath.v30i2.7347
Zakiyah, N., Nurhikma, N., & Asiyah, A. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Pada Masa Pandemi COVID-19. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 127–138. https://doi.org/10.32678/assibyan.v6i2.9844
