Media Komik Berbasis Kearifan Lokal dalam Memfasilitasi Keterampilan Berbahasa Sunda Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.32534/jjb.v13i2.7563Keywords:
Komik, Kearifan Lokal, Keterampilan Berbahasa Sunda, Anak Usia DiniAbstract
Keterampilan berbahasa Sunda penting untuk dikembangkan sejak usia dini sebagai pelestarian budaya dan pembentukan karakter. Namun, penggunaan bahasa daerah termasuk bahasa Sunda semakin mengalami penurunan akibat dominasi bahasa Indonesia dalam lingkungan keluarga maupun pendidikan. Salah satu upaya untuk menjawab tantangan tersebut melalui penggunaan media pembelajaran yang menarik dan relevan dengan dunia anak, seperti komik berbasis kearifan lokal. Penelitian ini merupakan studi literatur bertujuan untuk mengkaji potensi komik dalam memfasilitasi keterampilan berbahasa Sunda anak usia dini. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan menelaah berbagai jurnal ilmiah, buku, dan hasil penelitian sebelumnya yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa komik memiliki daya tarik visual dan naratif yang kuat dalam menyampaikan pesan edukatif secara menyenangkan. Integrasi unsur budaya lokal dalam komik, seperti nilai gotong royong, tolerasi, kemandirian, dan sikap hormat melalui bahasa Sunda mampu membangun pemahaman anak terhadap intensitas budaya. Selain itu, komik juga efektif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa seperti menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam konteks bahasa Sunda. Dengan demikian, komik berbasis kearifan lokal tidak hanya mendukung pembelajaran bahasa daerah, tetapi juga memperkuat pembentukan karakter anak.
References
Ananda, B., Nasution, S. N., & Sinaga, S. I. (2022). Pengembangan Komik Subtema Binatang di Hutan terhadap Karakter Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 05(02), 129–142. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.8824
Anggraini, N. (2020). Peran Orang Tua dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. METAFORA, 7(1), 43–54. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.883
Fa’idah, M. L., Febriyanti, S. C., Masruroh, N. L., Pradana, A. A., & Hafni, N. D. (2024). Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Membentuk Karakter Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. TA’DIBAN: Journal of Islamic Education, 4(2), 79–87. https://doi.org/10.61456/tjie.v4i2.168
Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Al Athaf, 2(2), 62–69.
Kaimuddin. (2019). Pembelajaran Kearifan Lokal. FKIP Universitas Muslim Maros, 1, 73–80. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.956
Khomsiyatun, U. (2019). Proses Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak Usia Dini: Studi Kasus Di Paud Wadas Kelir Purwokerto. Equalita: Jurnal Pusat Studi Gender Dan Anak, 1(1), 95–113. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i1.5160
Kusumah, S. S. (2018). Visualisasi Budaya Sunda Dalam Komik Mad Huri Dan Si Bogel Pada Majalah Manglé. ARTic, 1, 21–32. https://doi.org/10.34010/artic.2018.1.2375.21-32
Mahfud, A., Lestari, I., Santoso, S., & Sucipto, S. (2024). Penggunaan Media Komik Cerita Rakyat Kudus Untuk Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 24–31.
Mantra. (2008). Filsafat Penelitian dan Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mirzaqon, & Purwoko. (2018). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling UNESA, 1–8.
Nasrullah, Y., Akbar, Z., & Supena, A. (2021). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Pemahaman Kesiapsiagaan Bencana Banjir pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 832–843. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1540
Ni’mah, R., & Ahmad Farid Utsman. (2024). Komik Literasi Berbasis Kearifan Lokal: Media Pengembangan Karakter dalam Membangun Profil Pelajar Pancasila pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(1), 40–50. https://doi.org/10.35473/ijec.v6i1.2951
Nurapriani, R., & Darmawan, D. (2024). Eksistensi Muatan Lokal Basa Sunda pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 50–62.
Oktapiani, C. S., Rudiyanto, & Kurniawati, L. (2018). Kecepatan Menambah Kosakata Bahasa Sunda Anak Melalui Kegiatan Ngawih Pupuh Sunda. EDUKIDS: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 15(1), 58–73.
Putri, M. J. H., Aisyah, D. S., & Karyawati, L. (2021). Analisis Program Rebo Nyunda Untuk Mengenalkan Budaya Sunda Pada Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(2), 118–129.
Qomariah, N., Rahmah, S., & Zetalianti. (2022). Penggunaan Media Flanel Board dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Indonesia Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Az-Zakyyah Desa Kace. EDUGAMA: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 8(2), 100–118. https://doi.org/10.32923/edugama.v8i1.2467
Rahmawat, I. Y. l. (2020). Kelayakan Materi Komik Berbasis Kearifan Lokal Reog Ponogoro Sebagai Bahan Bacaan Kategori Membaca Permulaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 1–10.
Ramona, N., Kurnia, R., & Zulkifli. (2023). Pengembangan Media E-Comel ( Komik Melayu Digital ) Untuk Meningkatkan Perilaku Moral Anak Usia 5-6 Tahun. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 10249–10263.
Ratnawati, Kusumah, R., & Cahyati, N. (2021). Korelasi peran orang tua terhadap pemertahanan bahasa sunda sebagai bahasa ibu di daerah kuningan. Jurnal Golden Age, 5(02), 474–482.
Risnawati, A., & Nuraeni, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Sunda Anak USia Dini Melalui Kegiatan Rebo Nyunda di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ceria, 2(3).
Salamah, R., & Supriyadi. (2021). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, V(1), 87–98. https://doi.org/10.29313/ga
Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Satino, Hermina Manihuruk, Marina Ery Setiawati, & Surahmad. (2024). Melestarikan Nilai-nilai Kearifan Lokal Sebagai Wujud Bela Negara. IKRA-ITH HUMANIORA : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 8(1), 248–266. https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora.v8i1.3512
Sholehah, A., & Syamil, M. (2025). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Penggunaan Media Komik Pada Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 2(1), 339–347.
Sianturi, R., & Elan. (2022). Pengelolaan Pendidikan (Qonita & A. Loita (eds.)). ALFABETA, cv.
Wahya. (2023). Budaya Santun Melalui Penggunaan Tingkat Tutur Hormat Bahasa Sunda dengan Pemanfaatan Vokatif. Jurnal Kabuyutan, 2(1), 48–55.
Yasbiati, Pranata, O. H., & Fauziyah, F. (2017). Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Sunda Anak Usia Dini Pada Kelompok B di TK PGRI Cibeureum. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 20–29.
