KAJIAN LITERATUR PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM DAN TANTANGAN DI MASA DEPAN DALAM KITAB “AL–FIKR AL-TARBAWY AL-ISLAMI WA TAHADDIYAT AL-MUSTAQBAL”

Authors

  • Toto Santi Aji

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengungkap tentang pemikiran pendidikan Islam dan tantangannya di masa yang akan datang.Metode yang dipakai dalam pembahasan penelitian ini adalah metode library research, yaitu penelitian kepustakaan dan content analysis, yaitu menelaah buku-buku dan tulisan-tullisan yang ada kaitannya dengan masalah dan objek yang diteliti, atau dikenal juga denganistilah studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa pemikiran pendidikan Islam dibagi dalam tiga bentuk, yaitu : (1) adanya “penyamaran” yang jelas dalam pemahaman; (2) dikarenakan tidak jelasnya pengertian, maka tidak jelas pula kurikulumnya; (3) adanya kesimpulan sejak awal dan membagi wilayah pendidikan pada tiga wilayah yakni, wilayah sejarah, wilayah filsafat dan wilayah mendasar, yang terdapat dalam al-Quran dan sunah Nabi saw. Adapaun tantangan yang dihadapi yaitu adanya pertentangan idiologi (keyakinan), pertentangan identitas pribadi, pertentangan eksistensi, dan pertentangan dalam hal pengertian atau pemahaman.

 

Kata Kunci : Islam, Pendidikan Islam, Al-Fikr, Al-Tarbawy, Al-Islami, Al-Mustaqbil

Downloads

Published

2020-01-06

How to Cite

Aji, T. S. (2020). KAJIAN LITERATUR PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM DAN TANTANGAN DI MASA DEPAN DALAM KITAB “AL–FIKR AL-TARBAWY AL-ISLAMI WA TAHADDIYAT AL-MUSTAQBAL”. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 7(1), 32–45. Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/890