LANDASAN AWAL DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT TAFSIR AL QUR’AN
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap konsep pendidikan anakpaling awal sebagai landasan utama dan titik tolak pendidikan anak usia dini.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode library research atau disebut juga dengan istilah penelitian kepustakaan atau studi literatur yaitu menelaah buku-buku dan tulisan-tullisan yang ada kaitannya dengan masalah yang diteliti dan sesuai dengan objek yang diteliti. Juga metode content analysis atau kajian isi yaitu metode penelitian yang dilakuakan dengan prosedur tertentu, kemudian menarik kesimpulan dengan benar dari sumber dokumen atau suatu pesan tertentu yang dilakukan secara objektif dan sistematis. Hasil penelitian ini mengungkapkan adanya tahapan pendidikan anak paling awal yang sangat mendasar, yaitu pada saat seeorang menentukan pasangan hidupnya dan tahapan pertama berupa pendidikan anak dalam kandungan, hingga tahapan lanjutannya yaitu pendidikan anak usia dini.
Kata Kunci : Pendidikan, Anak, Al Qur’an