ANALISIS KERJASAMA ORANGTUA DENGAN GURU PAUD TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE

Authors

  • Annisa Destiana Suryadi

Abstract

Penelitian ini membahas tentng hubungan antara kerjasama orang tua dengan guru terhadap efektivitas pembelajaran online di lembaga PAUD se Kecamatan Kabandungan. Pembelajaran online merupakan pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan kemajuan teknologi dengan memerlukan fasilitas berupa gawai atau laptop serta jaringan internet untuk melaksanakannya. Dalam pendidikan anak usia dini, pembelajaran merupakan proses bermain yang bermakna dengan upaya mengoptimalkan tumbuh kembang anak usia dini dengan cara yang menyenangkan. Maka dari itu, perlu adanya kerjasama yang  baik antara orang tua dengan guru agar terwujudnya efektivitas pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tetap tercapai sekalipun pembelajaran dilakukan secara online. penelitian ini menjadikan pendiidik PAUD yang berstatus sebagai guru kelas menjadi sampel penelitian dengan jumlah 52 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif survey dengan pengolahan data menggunakan uji regresi linear sederhana dinyatakan bahwa kerjasama orang tua dengan guru berpengaruh signifikan dan memiliki hubungan positif terhadap efektivitas pembelajaran online. hubungan positif artinya, semakin meningkat kerjasama antara orang tua dengan guru maka semakin meningkat pula efektivitas pembelajaran online di lembaga PAUD Kecamatan Kabandungan.

 

Keywords:

Kerjasama, Orang tua, Pembelajaran Online

References

Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi Orang tua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Agustina, M. R., Dhieni, N., & Hapidin. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Al-Qur'an Dan Terjemahan. (2020). Surat Al-Maidah : 2. Jakarta.
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Dirumah Saat Pandemi. Jurnal Goden Age.
Darmawan, I. P., Nalle, P. N., Magdalena, Marderina, & Julita, Y. (2021). Upaya Sekolah dan Keterlibatan Orang Tua dalam Pembelejaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan.
Elnawati, & Siwiyanti, L. (2018). Bermain Cerdas Kreatif Anak : Atas Perintah Allah SWT. Sukabumi: Lembaga AIK.
Hidayat, M. F., & Adri, Z. (2021). Coping Stress Pada Ibu Yang Bekerja Dalam Membimbing Anak Belajar Di RUmah Selama Pandemi Covid. Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial.
Kartini, Y. (2020). Kerjasama Orang Tua Dan Guru Dalam Penyelenggaraan Pembelajaran Online Sebagai Upaya Pencegahan Virus Corona Di MI Muhammadiyah Pasirmuncang. QALAM : Jurnal Pendidikan Islam.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2018). Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD. Jakarta: Direktorat Pembinaan PAUD.
Khadijah, K., & Gusman, M. (2020). Pola Kerjasama Guru Dan Orangtua Mengelola Bermain AUD Selama Masa Pandemi Covid-19. Kumara Cendekia : Jurnal Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini.
Kosiah, N. (2020). Kerjasama Orang tua Dan Guru Dalam Pembentukan Kepribadian Yang Islami Di Raudlatul Athfal. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak.
Natsir, N. F., Aisyah, A., Hasbiyallah, & Ihsan, M. N. (2018). Mutu Pendidikan : Kerjasama Guru Dan Orang Tua. Jurnal MUDARRISUNA.
Palestina, S. (2021). Efektifitas Penggunaan Daring Bagi Anak PAUD. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Pertiwi, L. K., Febiyanti, A., & Rachmawati, Y. (2021). Keterlibatan Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Pada Massa Pandemi Covid-19. Cakrawala Dini : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Pratiwi, W. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.
Primasari, I. F., & Zulela. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan.
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU : Jurnal of Elementary Education.
Tabi'in, A. (2020). Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini Di Tengah Pandmei Covid 19. Jurnal Goolden Age, Universitas Hamzanwadi.
Yantoro, Y., Hariandi, A., Mawahdah, Z., & Muspawi, M. (2021). Inovasi Guru Dalam Pembelajaran Di Era Pandemi Covid-19. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia).
Zulfitria, Ansharullah, & Fadhillah, R. (2020). Penggunaan Teknologi dan Internet Sebagai Media Pembelajaran di Massa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. Jakarta: Jurnal UMJ.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Suryadi, A. D. (2021). ANALISIS KERJASAMA ORANGTUA DENGAN GURU PAUD TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 9(1), 1–9. Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/2127