UNPLANNED READMISSION PADA PASIEN KANKER

Authors

  • Duti Yuriszkah
  • Yanti Hermayanti
  • Urip Rahayu

DOI:

https://doi.org/10.32534/jik%20umc.v8i1.284

Abstract

Latar Belakang dan Tujuan: Pasien kanker sering mengalami gangguan secara fisik dan psikologis yang disebabkan perjalanan penyakit dan respon dari penatalaksanaan kanker sehingga sering menyebabkan pasien yang sudah keluar dari rumah sakit kembali lagi dirawat atau rehospitalisasi tanpa direncanakan (unplanned readmission/ UPA). Hal ini berdampak pada penambahan biaya perawatan, penundaan pasien lain yang perlu dirawat, dan LOS yang memanjang. Oleh karena itu tujuan dari penulisan adalah untuk mengidentifikasi penyebab UPA pasien kanker dari beberapa artikel.

Metodologi : Systematic review ini dilakukan dengan mengumpulkan hasil publikasi ilmiah pada tahun 2010-2016 dengan penelusuran EBSCO, ProQuest, PubMed, Google Schoolar, Science Direct. Penelusuran dengan metoda boleon, full teks, pdf, medline dengan kata kunci “unplanned readmissionâ€, “rehospitalizationâ€and “cancerâ€.   Selanjutnya dilakukan skrining kesesuaian judul dengan tema dan isi abstrak kemudian dibahas dan disimpulkan untuk mengetahui kualitas jurnal.

Hasil dan Kesimpulan : hasil penulusuran mendapat 5 publikasi ilmiah dengan kualitas baik. Dari studi ditemukan beberapa alasan unplanned readmission pasien kanker antara lain masalah gastrointestinal, masalah respiratori, dan infeksi. Hasil ini menunjukkan masih seringnya kejadian UPA yang berdampak pada penambahan biaya perawatan, penundaan pasien lain yang perlu dirawat, dan LOS yang memanjang. Dengan diketahuinya latar belakang UPA pasien kanker, dapat diidentifikasi pasien dengan risiko tinggi sehingga dapat dibuat manajemen penatalaksanaan pasien kanker yang efektif sebelum pulang dari rumah sakit.

Keyword : unplanned readmission, rehospitalization, and cancer

Published

2018-07-29

How to Cite

Yuriszkah, D., Hermayanti, Y., & Rahayu, U. (2018). UNPLANNED READMISSION PADA PASIEN KANKER. Jurnal Ilmu Kesehatan, 8(1). https://doi.org/10.32534/jik umc.v8i1.284