Uji Validitas dan Reliabilitas The Pediatric Quality Of Life Inventory Multidimentional Fatigue Scale Versi Indonesia (Pedsql Mfs-I) pada Anak yang Menjalani Kemoterapi

Authors

  • Ito Wardin Prodi Ilmu Keperawatan, Fikes, Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jik%20umc.v9i2.1683

Abstract

Uji Validitas dan Reliabilitas The Pediatric Quality Of Life Inventory Multidimentional Fatigue Scale Versi Indonesia (Pedsql Mfs-I) pada Anak yang Menjalani Kemoterapi

Ito Wardin1

1 Departemen Keperawatan Anak, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Cirebon, Jawa Barat, Indonesia

*Corresponding author. Email :ito@umc.ac.id (+62-13933 14963)

 

Latar Belakang: Pasien anak dengan kanker mayoritas mengalami masalah kelelahan terutama saat menjalani pengobatan kemoterapi. pengukuran tingkat kelelahan pada anak dengan kanker dapat dilakukan dengan menggunakan instrumen PedsQL MFS. Instrumen Pediatrics Quality of Life Multidimensional Fatigue Scale (PedsQL MFS) merupakan instrumen yang sangat direkomendasikan untuk mengukur tingkat kelelahan pada anak dengan kanker yang menjalani kemoterapi, namun saat ini instrument PedsQL MFS belum pernah dilakukan uji valid dan reliabel di Indonesia.

Tujuan Penelitian: Melakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen PedsQL MFS versi Bahasa Indonesia untuk mengukur tingkat kelelahan pada anak dengan kanker yang menjalani kemoterapi.

Metode: Instrumen yang digunakan adalah PedsQL MFS-I dengan 3 sub-skala dan 18 item. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Uji validitas isi diukur menggunakan rumus Aiken’s V. Uji reliabilitas PedsQL MFS-I diukur menggunakan Cronbach Alpha.

Hasil:Instrumen PedsQL MFS-I laporan anak dan orang tua menunjukkan validitas yang baik dengan rentang nilai Aiken’s 0,667-1.Reliabilitas konsistensi internal menunjukkan hasil hasil Cronbach Alpha sebesar 0,912 (>0,7) untuk laporan anak dan 0,910 (>0,7) untuk laporan orang tua.

Kesimpulan: Instrumen PedsQL MFS-I dapat digunakan sebagai salah satu instrumen untuk mengukur tingkat kelelahan pada anak dengan kanker yang menjalani kemoterapi yang valid dan reliabel.

 

 

Kata Kunci: Pasien anak, Kanker, Validitas dan Reliabilitas, Kelelahan, PedsQL MFS

 

Downloads

Published

2021-01-27

How to Cite

Wardin, I. (2021). Uji Validitas dan Reliabilitas The Pediatric Quality Of Life Inventory Multidimentional Fatigue Scale Versi Indonesia (Pedsql Mfs-I) pada Anak yang Menjalani Kemoterapi. Jurnal Ilmu Kesehatan, 9(2). https://doi.org/10.32534/jik umc.v9i2.1683