APLIKASI MANAJEMEN PERSEDIAAN BARANG UNTUK MENENTUKAN SAFETY STOCK DAN RE-ORDER POINT

Authors

  • Freddy Wicaksono Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Samuel Wijaya Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon
  • Lena Magdalena Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/int.v11i2.960

Abstract

CV Gunung Jati merupakan perusahaan dagang yang bergerak di bidang ATK (Alat Tulis Kantor) di jalan Pekiringan no. 69-73. Perusahaan ini sudah berdiri sejak lama dan telah menggunakan sistem yang terkomputerisasi. Akan tetapi aplikasi yang ada saat ini masih memiliki kekurangan dalam hal manajemen persediaan sehingga menyebabkan terjadinya kehabisan stok (stock out) dan perusahaan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan.

Tujuan penelitian ini adalah membuat aplikasi manajemen persediaan barang yang dapat memberikan informasi tentang persediaan pengaman (safety stock) dan titik pemesanan kembali (re-order point) dari barang yang ada pada perusahaan tersebut dengan melakukan perhitungan dari data persediaan yang ada. Data yang digunakan untuk melakukan perhitungan pada aplikasi ini adalah dengan mengimport data yang berupa file excel. Laporan yang berupa file excel ini didapat dari output aplikasi yang sudah ada. Dari data-data tersebut maka bisa dilakukan perhitungan untuk menentukan jumlah persediaan pengaman (safety stock) dan titik pemesanan kembali (re-order point). Perancangan pada aplikasi ini menggunakan Data Flow Diagram (DFD) untuk pemodelannya, aplikasi ini akan dibuat dengan bahasa pemrograman php dan database MySql.

Aplikasi ini dapat menghitung jumlah persediaan pengaman (safety stock) dan titik pemesanan kembali (re-order point) dengan lebih efisien dan juga dapat menghasilkan laporan-laporan yang berupa laporan safety stock dan re-order point serta laporan alert stock yaitu untuk menampilkan barang yang jumlah stoknya dibawah titik pemesanan kembali (re-order point). Dengan dibuatnya aplikasi ini, diharapkan akan membantu perusahaan untuk mengontrol persediaan sehingga dapat mengurangi permasalahan yang ada.

Kata kunci Manajemen, Persediaan, Safety Stock, Re-Order Point, PHP, MySql

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-12-18