SISTEM INFOMASI KEGIATAN ORGANISASI MAHASISWA (ORMAWA) PADA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON

Authors

  • Supriyono Supriyono Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Aldi Restu Tabrani Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstract

Sistem informasi kegiatan organisasi merupakan sistem yang dibangun berdasarkan kebutuhan pada bagian bidang kemahasiswaan. Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang belum adanya sistem informasi tentang keorganisasian Unit Kegiatan Mahasiswa  di lingkungan Universitas Muhammadiyah Cirebon.

Bidang kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Cirebon belum memiliki sistem informasi keorganisasian yang dapat menyimpan data elektronik organisasi, menyimpan data program kerja organisasi, pengajuan dana kegiatan, dan laporan pertanggungjawaban kegiatan kemahasiswaan, semua pengajuan dan pelaporan kegiatan organisasi masih dilakukan secara konvesional, yaitu masih menggunakan proposal dalam bentuk print out dan diserahkan kepada bagian kemahasiswaan.

Aplikasi yang dikembangkan adalah sistem informasi organisasi kemahasiswaan. Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database management system. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi literatur, sedangkan metode yang digunakan adalah waterfall dan siklus idup pengembangan sistem (Life Cycle System Development).

Aplikasi ini dapat melakukan pelaporan program kerja, pengajuan dana kegiatan, pelaporan pertanggungjawaban kegiatan secara online. Melihat informasi yang ada tentang beasiswa dan kegiatan organisasi di Universitas Muhammadiyah Cirebon.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-12-18