KEGIATAN PRESS CONFERENCE PELUNCURAN LAZMALL OLEH PT ECART WEBPORTAL INDONESIA (LAZADA INDONESIA)

  • Syauqy Lukman Universitas Padjadjaran
  • Shinta Damai Pratiwi Universitas Padjadjaran

Abstract

Diluncurkan pada tahun 2012, Lazada merupakan destinasi belanja dan berjualan online nomor satu di Asia Tenggara. Sebagai sebuah perusahaan E-Commerce yang memiliki budaya kerja dinamis, membuat perputaran arus informasi baik di dalam maupun di luar perusahaan terjadi sangat cepat. Sehingga menyebabkan Lazada membutuhkan peran public relations untuk mendukung kinerja dan kegiatan perusahaan khususnya pada kegiatan media relations yang berguna untuk menyampaikan informasi kepada seluruh public Lazada yang bersifat heterogan. Salah satunya adalah press conference peluncurkan LazMall, “Mall Online” terbesar di Asia Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan-tahapan PR yang dilakukan Lazada Indonesia dalam rangka menyelenggarakan press conference peluncuran LazMall. Metode yang digunakan pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap perusahaan melakukan tahapan PR yang didasari oleh keadaan dan kebutuhan perusahaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan press conference peluncuran LazMall berjalan sangat baik sesuai dengan konsep Cutlip & Center dan kesuksesan acara ini juga bisa dilihat pada pemberitaan positif yang dimuat baik melalui media cetak maupun media online oleh rekan – rekan media yang hadir. Saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya tim PR Lazada memaksimalkan waktu persiapan yang sangat minim dengan mempersingkat proses persetujuan sehingga proses produksi bisa dilakukan lebih cepat.

Published
2020-07-02
How to Cite
Lukman, S., & Pratiwi, S. (2020). KEGIATAN PRESS CONFERENCE PELUNCURAN LAZMALL OLEH PT ECART WEBPORTAL INDONESIA (LAZADA INDONESIA). JIKE : Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 3(2), 154-171. https://doi.org/10.32534/jike.v3i2.940
Section
Articles