PESAN KAMPANYE PUBLIC RELATIONS #INDONESIASIAPSIAGA MELALUI MEDIA INSTAGRAM AKUN @DMCDOMPETDHUAFA

Authors

  • Harfan Apriansah Umj

DOI:

https://doi.org/10.32534/jike.v7i1.3287

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pesan kampanye public relation #IndonesiaSiapSiaga yang dilakukan oleh Disaster Management Center Dompet Dhuafa di media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif eksploratif dengan metode pengumpulan data melalui open-ended question sebagai bagian dari interview tertulis yang merupakan bagian dari wawancara kualitatif untuk mendapatkan pandangan dan opini dari partisipan yang independen sebagai data primer, kemudian ditambah dengan data berdasarkan pada hasil observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis tematik. Hasil dari penelitian ini adalah pesan kampanye public relation #IndonesiaSiapSiaga yang dilakukan oleh Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa melalui media sosial Instagram adalah pentingnya edukasi atau literasi mengenai kebencanaan alam, juga pesan yang disampaikan bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama yang sedang terkena dampak bencana alam. Kampanye public relations #IndonesiaSiapSiaga yang dilakukan oleh Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa melalui media sosial Instagram sudah memenuhi indikator isi pesan kampanye yakni pertama adalah kredibilitas pesan menggunakan kedua aspek dalam kredibilitas yakni keseimbangan pesan dengan cara melakukan report the whole story, serta aspek kejujuran, kedua yakni relevansi pesan kampanye #IndonesiaSiapSiaga menggunakan kedua aspek dalam indikator relevansi yakni ketepatan waktu penyebaran pesan dan penggunaan tone atau nuansa pesan yang sesuai dengan isi pesan dan yang ketiga adalah pesan mudah dimengerti, Disaster Management Center Dompet Dhuafa menggunakan kedua aspek dalam indikator pesan mudah dimengerti yakni dimana pesan kampanye #IndonesiaSiapSiaga yang mudah dimengerti tidak lepas dari format pesan yang digunakan dan kelugasan penyampaian pesan.

Kata kunci : Pesan Kampanye, Dmc-DD, #IndonesiaSiapSiaga, PublicRelations

Published

2024-07-01

How to Cite

Apriansah, H. (2024). PESAN KAMPANYE PUBLIC RELATIONS #INDONESIASIAPSIAGA MELALUI MEDIA INSTAGRAM AKUN @DMCDOMPETDHUAFA. JIKE : Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 7(1). https://doi.org/10.32534/jike.v7i1.3287

Issue

Section

Articles