REPRESENTASI RADIKALISME DAN TOLERANSI DALAM FILM APA ITU ISLAM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui simbol sosial, budaya dan ideologi yang terkandung dalam film Apa Itu Islam. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi semiotika Roland Barthes, hasil penelitian menemukan bahwa pesan komunikasi pada setiap adegan film merepresentasikan radikalisme dan toleransi. Radikalisme dibangun pada beberapa adegan seperti (1) tindakan sekelompok ormas islam melawan aparat keamanan melakukan perusakan fasilitas negara (2) konvoi jamaah habib di jalan raya yang membuat nuansa jalan macet dan mencekam (3) aksi yang tidak menginginkan kegiatan yang dibiayai oleh Amerika karena dinilai sebagai zionis dan musuh Islam. Sedangkan simbol sosial, budaya dan ideologi yang merepresentasikan toleransi yang dibangun dalam film Apa Itu Islam terdapat pada tujuh adegan diantaranya (1) seorang anak bersedih adanya bentuk batasan pertemanan sesuai agama dan tidak adanya toleransi dalam beragama (2) pemahaman anak kecil terhadap doktrin yang diberikan ustadnya mengenai agama yang masuk surga (3) tanaman padi yang menjadi kebutuhan manusia secara jasmani dan agama adalah kebutuhan manusia secara rohani.

Author Biography

Anisti Anisti, Akademi Komunikasi Bina Sarana Informatika Jakarta

Jurusan Broadcasting

References

Baksin, Askurifai. 2003. Membuat Film Indie itu Gampang. Bandung : Katarsis.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT Citra Aditya Bakti.

Eriyanto. 2001. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta : LKIS

Hasani Ismail. 2011. Radikalisasi Agama di Jabodetabek dan Jawa Barat : Implikasinya terhadap Jaminan Kebebasan Beragama / Berkeyakinan. Jakarta : Publikasi SETERA Institute.

Hasyim Umar. 1979. Toleransi dan Kemerdekaan Beragama dalam Islam Sebagai Dasar Menuju Dialog dan Kerukunan Antar Agama. Surabaya : PT Bina Ilmu.

Ibrahim, Idy Subandy. 1997. Ectasy Gaya Hidup, Kebudayaan dalam Masyarakat Komoditas Indonesia. Bandung : Penerbit Mizam.

Irawanto, Budi. 1999. Film, Ideologi dan Militer. Yogyakarta : Media Pressindo.

Kennay, Keith. 2009. Visual Communication Research Design. New York : Reutledgo.

Little John, Stephen W. 1992. Theories Of Communication Studies. California : Wodsworth Publishing Company.

Mulyana, Deddy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Soial Lainnya, Bandung : PT. Remaja Rodaskarya.

Mulyana, Deddy. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial lainnya. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Moeloeng, Lexy J. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nugroho, Garin. 1998. Kekuasaan dan Hiburan. Jakarta : Yayasan Bentang.

Sumarno, Marselli. 1996. Dasar-Dasar Apresiasi Film. Jakarta : Grasindo

Situs Internet :

http://www.g-excess.com/pengertian-dan-arti-ideologi.html, diakses pada tanggal 11 Maret 2015

http://www.anneahira.com/pengertian-sosiali.html diakses pada tanggal 10 Maret 2015

Published
2019-06-30
How to Cite
Anisti, A. (2019). REPRESENTASI RADIKALISME DAN TOLERANSI DALAM FILM APA ITU ISLAM. JIKE : Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 2(2), 130-155. https://doi.org/10.32534/jike.v2i2.124
Section
Articles