ANALISIS BEBAN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA INDIVIDU KARYAWAN (STUDI PADA PT. BTPN SYARIAH CABANG AREA CIREBON SELATAN)

Authors

  • Muzayyanah Muzayyanah Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Nurazizah Nurazizah Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v13i1.858

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang pengaruh beban kerja dan stres kerja terhadap kinerja individu karyawan di PT. BTPN Syariah Cabang Area Cirebon Selatan baik secara parsial maupun multiple. Metode Penelitian dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan survey. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 64 orang dengan sampel sebanyak 64 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu teknik sensus. Adapun pengujian dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji, uji regresi berganda/multiple, uji t dan uji F.

Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan dari beban kerja terhadap kinerja individu karyawan di PT. BTPN Syariah Cabang Area Cirebon Selatan. Besarnya pengaruh beban kerja kinerja individu karyawan ditunjukkan oleh nilai kuadrat Beta sebesar 98,05%. Dan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara stres kerja terhadap kinerja individu karyawan PT. BTPN Syariah Cabang Area Cirebon Selatan.

Sedangkan secara multiple terdapat pengaruh positif yang signifikan beban kerja dan stres kerja terhadap kinerja individu karyawan sebesar 92,8% yang ditunjukkan oleh Adjusted R Square melalui persamaan Yˆ = 26,009 + 0,616 X1 - 0,48X2 + €. Hal ini berarti semakin berat beban kerja yang harus diemban karyawan, maka akan makin meningkatkan kinerja individu karyawan. Semakin turun stres kerja yang dialami karyawan, maka akan makin meningkatkan kinerja individu karyawan.

Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa .penelitian ini telah berhasil mengungkapkan pengaruh antara beban kerja dan stres kerja terhadap kinerja individu karyawan. PT. BTPN Syariah Cabang Area Cirebon Selatan. Dalam hal ini, semakin berat beban kerja yang harus diemban karyawan, maka akan makin meningkatkan kinerja individu karyawan. Semakin turun stres kerja yang dialami karyawan, maka akan makin meningkatkan kinerja individu karyawan.

 Kata Kunci: Beban Kerja, Stres Kerja, Kinerja Individu Karyawan

Downloads

Published

2018-06-27

How to Cite

Muzayyanah, M., & Nurazizah, N. (2018). ANALISIS BEBAN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA INDIVIDU KARYAWAN (STUDI PADA PT. BTPN SYARIAH CABANG AREA CIREBON SELATAN). Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 13(1), 48–54. https://doi.org/10.32534/jv.v13i1.858