Uji Moderasi Kontrol Perilaku Konsumen Dalam Hubungan Kepercayaan E-Retail Dan Niat Belanja Daring
DOI:
https://doi.org/10.32534/jv.v19i3.6680Abstract
Pesatnya pertumbuhan e-commerce, tantangan membangun kepercayaan terhadap platform daring, dan keterbatasan penelitian sebelumnya yang jarang memfokuskan pada karakteristik unik Gen Z di negara berkembang seperti Indonesia. Hal ini kemudian menimbulkan isu penting dalam memahami pengaruh kepercayaan terhadap niat belanja daring pada Gen Z di Indonesia, dengan kontrol perilaku sebagai variabel moderasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan terhadap niat belanja daring dengan kontrol perilaku sebagai variabel moderasi. Pendekatan yang digunakan adalah dengan uji Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS) dengan melibatkan 200 responden dari Gen Z di Indonesia. Data dianalisis untuk menguji validitas, reliabilitas, dan model struktural melalui nilai outer loading, Average Variance Extracted (AVE), dan R-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat belanja daring, dan kontrol perilaku juga secara langsung berpengaruh signifikan terhadap niat belanja daring. Namun, pengaruh moderasi kontrol perilaku dalam hubungan antara kepercayaan dan niat belanja daring tidak signifikan. Studi ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis terkait pentingnya kepercayaan dan kontrol perilaku konsumen dalam meningkatkan niat belanja daring, serta mengidentifikasi keterbatasan kontrol perilaku sebagai moderator dalam konteks ini.
Keywords:
e-retail, kontrol perilaku, belanja daringReferences
Agustin, S., & Hasyim, M. (2019). Kemudahan penggunaan aplikasi dan kepercayaan konsumen terhadap penyedia jasa sebagai faktor penting dalam niat beli daring konsumen. Jurnal Ekonomi Digital, 7(2), 85-95. Retrieved from https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Eko/article/view/2850
Ajnura, F., Prasetyani, R., & Wijaya, L. (2024). Preferensi konsumen terhadap metode pembayaran fleksibel dalam e-commerce: Studi pada generasi Z di Indonesia. Cogent Business & Management, 11(1), 2352962. https://doi.org/10.1080/23311908.2024.2352962
Ajzen, I. (1991). The Theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes. 50(2), 179-211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T
Alvara Research Center, (2023). Retrieved from https://r.search.yahoo.com/_ylt=AwrKC.kgrWNnPwIAn5DLQwx.;_ylu=Y29sbwNzZzMEcG9zAzIEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1735795233/RO=10/RU=https%3a%2f%2fperadaban.id%2f3-pesan-alvara-research-center-bagi-gen-z-agar-tidak-cepat-punah%2f/RK=2/RS=AxcnA8j54_P4gl9MBASMa7PJ7XI-
APJII. (2024). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. Diambill dari Retrieved from https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang,
Gefen, D., Karahanna, E., & Straub, D. W. (2003). Trust and TAM in online shopping: An integrated model. MIS Quarterly, 27(1), 51-90. https://doi.org/10.2307/30036519
Giantari, I. G. A. K. (2021). Niat beli via online berbasis pengalaman, kepercayaan, dan persepsi kontrol perilaku. CV Media Sains Indonesia. http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161315
Hair, J.F. et al. (2016) A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Thousand Oaks: SAGE Publications.
Hajli, N. (2015). Social commerce constructs and consumer’s intention to buy. International Journal of Information Management, 35(2), 183–191. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2014.12.005
Hansen, T., Jensen, J. M., & Solgaard, H. S. (2004). Predicting online grocery buying intention: A comparison of the theory of reasoned action and the theory of planned behavior. International Journal of Information Management, 24(6), 539-550. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2004.08.004
Hariyanto, H. T., & Trisunarno, L. (2020). "Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian pada Toko Online di Shopee." Jurnal Teknik ITS, 9(2), 234–239. https://doi.org/10.12962/j23373539.v9i2.56728
Katadata Insight Center. (2023). Laporan perilaku konsumen e-commerce Indonesia 2023. Databoks Katadata. https://databoks.katadata.co.id/publikasi/2023/06/14/laporan-perilaku-konsumen-e-commerce-indonesia-2023
Maslim, A., & Andayani, S. (2023). Penerapan metode Theory of Planned Behavior untuk tingkat kepercayaan pelanggan terhadap minat belanja online. Jurnal Psikologi dan Bisnis Digital, 10(2), 110-123. http://dx.doi.org/10.32524/jusitik.v7i1.1038
McKinsey & Company (2023). Mind The Gap. Diambil dari https://www.mckinsey.com/~/media/mckinsey/email/genz/2024/02/2024-02-27d, pada 2 Desember 2024.
Nurdiansyah, A., Pratiwi, A. S., & Kaunaini, N. (2022). Literature review pengaruh kepercayaan, kemudahan dan kepuasan terhadap e-commerce. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(1), 297–303. https://doi.org/10.38035/jim.v1i1.42
Pavlou, P. A. (2003). Consumer acceptance of electronic commerce: Integrating trust and risk with the technology acceptance model. International Journal of Electronic Commerce, 7(3), 101-134. https://doi.org/10.1080/10864415.2003.11044275
Piarna, R. (2019). Pengaruh dimensi kepercayaan terhadap keputusan bertransaksi pelanggan e-commerce di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ilmu dan Teknologi Rekayasa, 1(1), 1–10. https://ejournal.polsub.ac.id/index.php/jiitr/article/download/33/7
Sa’idah, S. N., & Pebrianggara, A. (2024). Effectiveness of technology acceptance model, personal innovation and behavior control on buying interest online shopee. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. http://dx.doi.org/10.21070/ups.4459
Statista. (2024). E-commerce Indonesia. Diambil dari https://www.statista.com/outlook/emo/ecommerce/indonesia,
Septiana, E., & Damanuri, A. (2024). PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN GENERASI MILENIAL DAN GENERASI Z TERHADAP PEMBELIAN CONSUMER GOODS PADA ERA DIGITAL DI DESA BETON. IJMA (Indonesian Journal of Management and Accounting), 5(2), 248-261. http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2024.5(2).248-261
Venkatesh, V., Thong, J. Y. L., & Xu, X. (2012). Consumer acceptance and use of information technology: Extending the unified theory of acceptance and use of technology. MIS Quarterly, 36(1), 157–178. https://doi.org/10.2307/41410412
Ventre, I., & Kolbe, D. (2020). The impact of perceived usefulness of online reviews, trust and perceived risk on online purchase intention in emerging markets: A mexican perspective. Journal of International Consumer Marketing, 32(4), 287–299. https://doi.org/10.1080/08961530.2020.1712293
Zhu, L., Li, H., Wang, F.-K., He, W., & Tian, Z. (2020). How online reviews affect purchase intention: A new model based on the stimulus-organism-response (S-O-R) framework. Aslib Journal of Information Management, 72(4), 463–488.