Determinan Perilaku Pengelolaan Keuangan dalam Penggunaan Paylater: Studi Kasus pada Generasi Z di Kota Medan
DOI:
https://doi.org/10.32534/jv.v19i3.5810Abstract
Penelitian ini membahas beberapa isu pokok dalam memahami perilaku manajemen keuangan dalam penggunaan layanan paylater di kalangan Generasi Z di Kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dan menganalisis perilaku manajemen keuangan dalam penggunaan paylater oleh Generasi Z di Kota Medan, termasuk pengaruh kemudahan, sosialisasi keuangan, motivasi hedonis, dan self-monitoring melalui literasi keuangan sebagai variabel intervening. Analisis penelitian ini diharapkan dapat memberikan edukasi mengenai pengendalian perilaku keuangan saat menggunakan paylater melalui pemahaman literasi keuangan, sehingga mereka dapat lebih bijak dalam mengelola keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang melibatkan 446 responden. Metode analisis yang digunakan adalah SmartPLS dengan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik kemudahan maupun sosialisasi keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku manajemen keuangan. Namun, kemudahan dan pengaruh sosial memiliki dampak positif terhadap literasi keuangan. Selain itu, kemudahan dan sosialisasi keuangan memengaruhi perilaku manajemen keuangan melalui literasi keuangan sebagai variabel intervening. Sebaliknya, motivasi hedonis dan self-monitoring ditemukan tidak berpengaruh terhadap perilaku manajemen keuangan.
References
A. Robb, C., & S. Woodyard, A. (2011). Financial Knowledge And Best Practice Behavior. Journal of Financial Counseling and Planning, 22(1), 60–70. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ941903.pdf
Adirinekso, G. P. (2021). Minat dan Penggunaan Fintech PayLater Pekerja Urban Pelanggan Traveloka dan GoJek Sebelum dan Selama Pandemi Covid 19 di DKI Jakarta. Journal of Management and Business Review, 18(2), 327–342. https://doi.org/10.34149/jmbr.v18i2.283
Ajzen, I.(1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50, 179–211. https://doi.org/10.47985/dcidj.475
Ajzen, I. (2002). Perceived behavioral control, self-ef?cacy, locus of control, and the theory of planned behavior. Journal of Applied Social Psychology, 32, 665–683. https://doi.org/10.1111/j.1559-1816.2002.tb00236.x
Akben-Selcuk, E. (2015). Factors Influencing College Students’ Financial Behaviors in Turkey: Evidence from a National Survey. International Journal of Economics and Finance, 7(6), 87–94. https://doi.org/10.5539/ijef.v7n6p87
Ameliawati, M., & Setiyani, R. (2018). The Influence of Financial Attitude, Financial Socialization, and Financial Experience to Financial Management Behavior with Financial Literacy as the Mediation Variable. KnE Social Sciences, 3(10), 811. https://doi.org/10.18502/kss.v3i10.3174
Andansari, P. I. (2018). Pengaruh Financial Attitude dan Lingkungan Sosial Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa. Ecodunamika : Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1), 1–7. Retrieved from https://ejournal.uksw.edu/ecodunamika/article/view/1519
Andini, F., & Hariyanti, I. (2021). Penerapan Model Utaut 2 Untuk Memahami Perilaku Penggunaan Oasis Di Sekolah Tinggi Teknologi Bandung. Naratif Jurnal Nasional Riset Aplikasi Dan Teknik Informatika, 3(02), 1–10. https://doi.org/10.53580/naratif.v3i02.127
Anggarkusuma, A., Arofah, & Kurniawati, R. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan dan Self-Efficacy Terhadap Perilaku Keuangan. Perwira Journal of Economics and Business (PJEB), 1(1), 41–47. https://doi.org/10.54199/pjeb.v1i1.11
Arifa, J. S. N., & Setiyani, R. (2020). Pengaruh Pendidikan Keuangan di Keluarga, Pendapatan, dan Literasi Keuangan terhadap Financial Management Behavior Melalui Financial Self-Effiacy Sebagai Variabel Mediasi. Economic Education Analysis Journal, 2(1), 552–568. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.39431
Asja, H. J., Susanti, S., & Fauzi, A. (2021). Pengaruh manfaat, kemudahan, dan pendapatan terhadap minat menggunakan paylater: studi kasus masyarakat di DKI Jakarta. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 2(4), 309–325. https://doi.org/10.35912/jakman.v2i4.495
Awdes, O. A., & Surya, F. (2022). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Penggunaan Fitur PayLater pada Aplikasi Shopee ( SPaylater ) Dengan Model UTAUT2. 1(2), 104–111. https://doi.org/10.30630/aista.v1i2.13
Baladini, N., Syarief, N., & Gunaedi, J. (2021). Pengaruh promosi penjualan, pemasaran media sosial dan motivasi belanja hedonis terhadap perilaku pembelian impulsif (studi kasus pengguna gopay di kota bekasi). Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(1), 1323–1337. Retrieved from https://conference.upnvj.ac.id/index.php/korelasi/article/view/1130
Baron, R. M., & Kenny, D. A. (1986). The moderator-mediator variable distinction in social psychological research: Conceptual, strategic, and statistical considerations. Journal of Personality And Social Psychology, 51(6), 1173–1182. Retrieved from https://www.sesp.org/files/The%20Moderator-Baron.pdf
Bharata, W., & Widyaningrum, P. W. (2020). Analisis Penerimaan Teknologi Mobile Banking Terhadap Use Behavior Melalui Pendekatan Model Utaut 2 (Studi Pada Nasabah KCU BCA Malang). Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(2), 139. https://doi.org/10.25273/capital.v3i2.6080
Biais, B., Hilton, D., Mazurier, K., & Pouget, S. (2005). Judgemental and Trading in an Experimental Performance Market Financial. The Review of Economic Studies, 72(2), 287–312. https://doi.org/10.1111/j.1467-937X.2005.00333.x
Cahyani, N. P. D., & Dewi, L. G. K. (2022). Analisis Adopsi Uang Elektronik dengan Model UTAUT2. E-Jurnal Akuntansi, 32(1), 3496. https://doi.org/10.24843/eja.2022.v32.i01.p13
Damayanti, F. D. W., & Canggih, C. (2021). Pengaruh Penggunaan Pembayaran Shopeepay Later Terhadap Perilaku Konsumsi Islam Generasi Milenial Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(3), 1905–1915. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v7i3.2872
de Kerviler, G., Demoulin, N. T. M., & Zidda, P. (2016). Adoption of in-store mobile payment: Are perceived risk and convenience the only drivers? Journal of Retailing and Consumer Services, 31, 334–344. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2016.04.011
Dew, J., & Xiao, J. J. (2011). The Financial Management Behavior Scale : Development and Validation. Journal of Financial Counseling and Planning, 22(1), 43–59. Retrieved from https://digitalcommons.uri.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1001&context=hdf_facpubs
Donmez-Turan, A. (2019). Does unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT) reduce resistance and anxiety of individuals towards a new system? Kybernetes, 49(5), 1381–1405. https://doi.org/10.1108/K-08-2018-0450
Ernawati, N. (2021). Stimulus iklan, positive electronic word of mouth (ewom) dan belanja impulsif: dampak mediasi motif hedonis pembelanja online. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(3), 346–360. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i3.188
Eviana, V., & Saputra, A. J. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Penggunaan Sistem Pembayaran Pay Later. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1968–1977. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3242
Gunawan, A., & Chairani, C. (2019). Effect of Financial Literacy and Lifestyle of Finance Student Behavior. International Journal of Business Economics (IJBE), 1(1), 76–86. https://doi.org/10.30596/ijbe.v1i1.3885
Gunawan, A., Jufrizen, J., & Pulungan, D. R. (2023). Improving MSME Performance Through Financial Literacy, Financial Technology and Financial Inclusion. International Journal of Applied Economics, Finance and Accounting, 15(1), 39–52. https://doi.org/10.33094/ijaefa.v15i1.761
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Thousand Oaks. In Sage.
Ispriandina, A., & Sutisna, M. (2019). Faktor-Faktor Penerimaan Teknologi Yang Memengaruhi Intensi Kontinuitas Penggunaan Mobile Wallet Di Kota Bandung. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 10(1), 1046–1055. https://doi.org/10.35313/irwns.v10i1.1462
Joan, L., & Sitinjak, T. (2019). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan Layanan Pembayaran Digital Go-Pay. Jurnal Manajemen, 8(2), 27–39. Retrieved from https://jurnal.kwikkiangie.ac.id/index.php/JM/article/view/596
Khatimah, H., Pertamina, U., & Abdullah, N. L. (2019). Hedonic Motivation And Social Influence On Behavioral Intention Of E-Money : The Role Of Payment Habit As A Mediator. International Journal of Entrepreneurship, 23(1), 1–9. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/332873164_Hedonic_motivation_and_social_influence_on_behavioral_intention_of_e-money_The_role_of_payment_habit_as_a_mediator
Khofifa, A., Wahyuni, I., & Subaida, I. (2022). Pengaruh Financial Technology Terhadap Perilaku Keuangan Dengan Literasi Keuangan Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME), 1(1), 523–537. https://doi.org/10.36841/jme.v1i3.1988
Koto, M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Keuangan Mahasiswa: Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. 2(3), 645–654.
Kourtidis, D., Ševi?, Ž., & Chatzoglou, P. (2011). Investors’ trading activity: A behavioural perspective and empirical results. Journal of Socio-Economics, 40(5), 548–557. https://doi.org/10.1016/j.socec.2011.04.008
M. Rizky, D. P., & Nadia, A. (2018). Analysis Factors Influencing Financial Management Behaviour. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(8), 308–326. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v8-i8/4471
Marisa, O. (2020). Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, Dan Risiko Berpengaruh Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology. Jurnal Administrasi Kantor, 8(2), 139–152. Retrieved from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2501289&val=23893&title=Persepsi%20Kemudahan%20Penggunaan%20Efektivitas%20Dan%20Risiko%20Berpengaruh%20Terhadap%20Minat%20Bertransaksi%20Menggunakan%20Financial%20Technology
Marpaung, A. P., Hamdani, R., Siregar, D. I., Gonggo, R. A., & Sulistiyanti, U. (2022). Investigating the students ’ behavior towards the temptation to do academic misconduct in higher education : The moderation of religiosity temptation to do academic misconduct in higher education : The moderation of religiosity. Journal of Contemporary Accounting, 4(1), 10–22. https://doi.org/10.20885/jca.vol4.iss1.art2
Mashud, M., Mediaty, M., & Pontoh, G. T. (2021). The Effect of Financial Literature, Lifestyle and Income of Parents on Student Financial Management Behavior. Journal of International Conference Proceedings, 4(3), 256–264. https://doi.org/10.32535/jicp.v4i3.1315
Mukti, V. W., Rinofah, R., & Kusumawardhani, R. (2022). Pengaruh Fintech Payment Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Mahasiswa. Akuntabel, 19(1), 52–58. https://doi.org/10.30872/jakt.v19i1.10389
Mulasiwi, C. M., & Julialevi, K. O. (2020). Optimalisasi Financial Teknologi (Fintech) terhadap Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan Usaha Menengah Purwokerto. Performance, 27(1), 12–20. https://doi.org/10.20884/1.jp.2020.27.1.2284
Pavlou, & Fygenson. (2006). Understanding and Predicting Electronic Commerce Adoption: An Extension of the Theory of Planned Behavior. MIS Quarterly, 30(1), 115. https://doi.org/10.2307/25148720
Pramono, G. V., & Wibowo, D. H. (n.d.). Hubungan Self Monitoring Dengan Impulsive Buying Terhadap Produk Fesyen Pada Mahasiswi. 018, 103–110. https://doi.org/10.24176/perseptual.v4i2.3702
Prawiro, R. (2021). Pengaruh Keadaan Demografi Sosial Ekonomi Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Melalui Literasi Keuangan Pegawai Blud Rsud Bayung Lencir. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(01), 16–28. https://doi.org/10.22437/jmk.v10i01.12393
Prihadi, D., Irawan, B. H., & Subroto, S. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Sistem Paylater, Diskon Harbolnas Terhadap Motivasi Hedonis Dan Dampaknya Pada Impulse Buying. Probisnis, 15(2), 122–136. http://dx.doi.org/10.35671/probisnis.v15i2.1907
Purnamasari, R. D. A., Sasana, H., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, Perceived Risk, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pembayaran Paylater. Jurnal Manajemen, 13(3), 420–430. Retrieved from file:///C:/Users/USER/Downloads/Halaman%20Romawi,%20Daftar%20Pustaka%20&%20Lampiran%201710103049%20Rita%20Dewi%20Anggraeni%20Purnamasari.pdf
Putri, N. M. E., & Andarini, S. (2022). Pengaruh Self Control dan Financial Attitude terhadap Financial Management Behavior pengguna Layanan Buy Now Pay Later. Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, 21(1), 60. https://doi.org/10.19184/jeam.v21i1.30594
Rahman, M., & Gan, S. S. (2020). Generation Y investment decision: an analysis using behavioural factors. Managerial Finance, 46(8), 1023–1041. https://doi.org/10.1108/MF-10-2018-0534
Rahmatillah, I., Novirani, D., & Fitri, R. N. (2018). Analisis Pengaruh Perilaku Penggunaan Teknologi Fintech Pada Ganerasi Milenial Di Kota Bandung. Seminar Nasional VII Manajemen & Rekayasa Kualitas 2018, 1(1), B5-1-B5-8. Retrieved from https://eprints.itenas.ac.id/305/
Republika. (2022). Survei: Generasi Muda Lebih Memilih Paylater Dibanding Kartu Kredit. Republika.Co.Id. Retrieved from https://ekonomi.republika.co.id/berita/rk8rfh383/survei-generasi-muda-lebih-memilih-paylater-dibanding-kartu-kredit
Rizkiawati, N. L., & Asandimitra, N. (2018). Pengaruh Demografi, Financial Knowledge, Financial Attitude, Locus Of Control Dan Financial Self-Efficacy Terhadap Financial Management Behavior Masyarakat Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 6(3), 2. Retrieved from https://www.scribd.com/document/592196547/PENGARUH-DEMOGRAFI-FINANCIAL-KNOWLEDGE-FINANCIAL-ATTITUDE-LOCUS-OF-CONTROL-DAN-FINANCIAL-SELF-EFFICACY-TERHADAP-FINANCIAL-MANAGEMENT-BEHAVIOR-MASYA
Rohmah, I. L., Ibdalsyah, I., & Kosim, A. M. (2020). Pengaruh persepsi kemudahan berdonasi, dan efektifitas penyaluran menggunakan fintech crowdfunding terhadap minat membayar zakat, infaq, shadaqoh. Kasaba: Jurnal Ekonomi Islam, 13(1), 42–51.Retrieved from https://www.academia.edu/110608819/Pengaruh_Persepsi_Kemudahan_Berdonasi_Dan_Efektifitas_Penyaluran_Menggunakan_Fintech_Crowdfunding_Terhadap_Minat_Membayar_Zakat_Infaq_Shadaqoh
Romadloniyah, A. L., & Prayitno, D. H. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Daya Guna, Persepsi Kepercayaan, Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunaan E-Money Pada Bank Bri Lamongan. Jurnal Akuntansi, 3(3), 699. https://doi.org/10.30736/jpensi.v3i3.163
Rossa, A., & Ashfath, F. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan , Kepercayaan , Risiko dan Keamanan terhadap Impulse Buying Pengguna SPaylater ( Shopee Paylater ) di Jadetabek. Prosiding SNAM PNJ, 3(1), 1–15. Retrieved from https://prosiding-old.pnj.ac.id/index.php/snampnj/article/view/5824
Saeed, S. P., & Naghavi, N. (2020). Family financial socialization, financial information seeking behavior and financial literacy among youth. Asia-Pacific Journal of Business Administration, 12(2), 163–181. https://doi.org/10.1108/APJBA-09-2019-0196
Sampoerno, A. E., & Haryono, N. A. (2021). Pengaruh Financial Literacy, Income, Hedonism Lifestyle, Self-Control, dan Risk Tolerance terhadap Financial Management Behavior pada Generasi Milenial Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 1002–1014. https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p1002-1014
Samuri, V. I. F., Soegoto, A. S., & Woran, D. (2018). Studi Deskriptif Motivasi Belanja Hedonis Pada Konsumen Toko Online Shopee. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 2238–2247. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.20965
Sugiharti, H., & Maula, K. A. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. Accounthink : Journal of Accounting and Finance, 4(2), 804–818. https://doi.org/10.35706/acc.v4i2.2208
Sulistiyarini, S. (2012). Pengaruh Minat Individu Terhadap Penggunaan Mobile Banking: Model Kombinasi Technology Acceptance Model (TAM) Dan Theory Of Planned Behavior (TPB). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(2), 1–20. Retrieved from https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/586
Suyanto, S., & Kurniawan, T. A. (2019). Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan Penggunaan FinTech pada UMKM Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Akmenika: Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(1). https://doi.org/10.31316/akmenika.v16i1.166
Suyanto, Setiawan, D., Rahmawati, R., & Winarna, J. (2021). The Impact of Financial Socialization and Financial Literacy on Financial Behaviors: An Empirical Study in Indonesia. The Journal of Asian …, 8(7), 169–180. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no7.0169
Thi, N., Mien, N., & Thao, T. P. (2015). Factors Affecting Personal Financial Management Behaviors: Evidence from Vietnam. Economics, Finance and Social Sciences, 978–1. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/363023290_Factors_Affecting_Personal_Financial_Management_Behaviors_Evidence_from_Vietnam
Topa, G., Hernández-Solís, M., & Zappalà, S. (2018). Financial Management Behavior Among Young Adults: The Role of Need for Cognitive Closure in a Three-Wave Moderated Mediation Model. Frontiers in Psychology, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.02419
Ulayya, S., & Mujiasih, E. (2020). Hubungan Antara Self Control Dengan Perilaku Konsumtif Pengguna E-Money Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal EMPATI, 9(4), 271–279. https://doi.org/10.14710/empati.2020.28950
Umah, U. N., & Siswahyudianto. (2022). Pengaruh Promosi, Kemudahan, Dan Kegunaan Terhadap Keputusan Penggunaan Dompet Digital Shopeepay Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Angkatan 2018. E-QIEN: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 329–339. Retrieved from https://stiemuttaqien.ac.id/ojs/index.php/OJS
Utomo, S., & Lestari, D. (2022). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Fitur Layanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa FISIP ULM Di Kota Banjarmasin). 11(1).
Venkatesh, V. (2012). Consumer Acceptance And Use Of Information Technology : Extending The Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology. MIS Quarter, 36(1), 157–178. Retrieved from https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=2002388
Venkatesh, V., & Davis, F. D. (2000). A Theoretical Extension of the Technology Acceptance Model : Four Longitudinal Field Studies. Management Science Publication, 46(2), 186–204. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1287/mnsc.46.2.186.11926 Full
Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2022). User Acceptance of Information Technology : Toward a Unified View User Acceptance of Information Technology : Toward a Unified View Published by : Management Information Systems Research Center , University of Minnesota Stable URL : https://www.jstor.org/. February. https://doi.org/10.2307/30036540
Wahyuni, S. F., & Kinanti, D. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan , Lifestyle Hedonis dan Sikap Keuangan Pribadi Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. 7, 656–671. 10.33395/owner.v7i1.1304
Wahyuningtyas, R. A. (2016). Pengaruh Persepsi Kemudahan Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Persepsi Kegunaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Layanan Aplikasi Go-Jek Di Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 4(3), 1–10.
Wu, D., Hiltz, S. R., & Bieber, M. (2010). Acceptance of educational technology: Field studies of asynchronous participatory examinations. Communications of the Association for Information Systems, 26(1), 451–476. https://doi.org/10.2307/2203309
Yang, M., Al Mamun, A., Mohiuddin, M., Nawi, N. C., & Zainol, N. R. (2021). Cashless transactions: A study on intention and adoption of e-wallets. Sustainability (Switzerland), 13(2), 1–18. https://doi.org/10.3390/su13020831
Yap, R. J. C., Komalasari, F., & Hadiansah, I. (2016). The effect of financial literacy and attitude on financial management behavior and satisfaction. Bisnis & Birokrasi Journal, 23(3), 140–146. https://doi.org/10.20476/jbb.v23i3.9175
Zhao, H., & Zhang, L. (2020). Talking money at home: the value of family financial socialization. International Journal of Bank Marketing, 38(7), 1617–1634. https://doi.org/10.1108/IJBM-04-2020-0174