Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang

Authors

  • Nyimas Salsabila Nurul Kholida Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bandar Lampung
  • Ni Putu Widhia Rahayu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v19i2.5510

Abstract

Menurunnya pengguna e-commerce pada flatform Bukalapak pada tahun 2023 yang tentunya membuat Platform Bukalapak harus memiliki startegi dalam penjualan. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh citra merek, testimoni, promosi, kepuasan pelanggan, kepercayaan merek, dan kepercayaan pada penjual terhadap minat beli ulang. Desain penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Adapun populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu pembeli pada aplikasi Bukalapak. Cara pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan purposive sampling yaitu pembeli yang telah melakukan pembelian minimal 2x produk Makeover di Aplikasi Bukalapak. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan dengan google form. Adapun alat analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan aplikasi SPSS. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara parsial variabel citra merek, testimoni dan promosi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Testimoni dan kepuasan pelanggan secara parsial juga berpengaruh positif signifikan terhadap kepercayaan merek. Selain itu, kepuasan pelanggan dan kepercayaan merek berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli ulang. Akan tetapi, dan kepercayaan penjual berpengaruh negatif terhadap minat beli ulang.

Keywords:

Citra Merek, Kepercayaan Merek, Minat Beli Ulang

References

Adinata, K. J. dan N. N. K. Y. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, dan Sikap terhadap Niat Beli Kembali di Situs Lazada. E- Jurnal Manajemen Unud, 7(8), 4153–4180.https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i 08.p5

Annafi, W. M. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan, dan Kepuasan terhadap Minat Beli Ulang pada Toko Online Shopee di Surakarta (Vol. 21, Issue 1).

Akbar, & Yuniarinto, A. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahaan Terhadap Niat Berkelanjutan Di Mediasi Oleh Kepercayaan. Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 01(4), 487–496. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21776/jmppk.2022.01.4.08.

Dewi & Nugroho. (2020). “PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION DAN CUSTOMER LOYALTY INSTITUT FRANCAIS INDONESIA DI SURABAYA”. Jurnal teknologi dan terapan bisnis (jttb) , 3(2), 30- 39.

Hudzaifah, & Idris. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Ulang Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen Pada Konsumen Samsung Smartphone di Undip. Diponegoro Journal of Management, 7(2), 1–7.

Kartini, I., Wibowo, E. W., & Sugiyanto, E. (2021). Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Berdampak Loyalitas Dalam Berbelanja Online Pada Shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 10(1), 57. https://doi.org/10.34127/jrlab.v10i1.423

Kusuma, W., & Marlena, N. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Go-Jek Di Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1174–1180.

Kotler, P & Keller, K.L. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Larasati, D. R., & Fadillah, A. (2022). Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Online Di E-Commerce Shopee. Jurnal Informatika Kesatuan, 2(1), 35–48. https://doi.org/10.37641/jikes.v2i1.1381

Mastura, Putri. Rahayu, N. P. W. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Jurnal Ilmiah Multi Science, 13(1), 24–34. https://doi.org/10.52657/jiem.v13i1.1730

Muzdalifah, L., & Ilmiah, H. (2020). Pengaruh Testimoni dan Daya Tarik Instagram Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Lsinta Muslim Wedding). Greenomika, 2(2), p.105– 113.

Nizar, Nurul & Silalahi, Marto & Sofiyan, Sofiyan & Sinaga, Onita. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT FAST FOOD INDONESIA, Tbk KFC BOX RAMAYANA PEMATANGSIANTAR. SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan. 7. 43-52. 10.37403/sultanist.v7i2.153.

Olimsar, F., Tialonawarmi, F., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Jambi, U. (2023). Analysis of the Effect of Customer Satisfaction on Interest To Buy Back in the Shopee Application and Its Impact on Competitive Advantage Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Kembali Di Aplikasi Shopee Serta Dampaknya Pada Keunggulan B. 6, 2446–2456. www.beritasatu.com

Owen, R. C., Putu, N., Rahayu, W., Efriyanti, F., Lampung, U. B., Lampung, B., Lampung, U. B., Lampung, B., Lampung, U. B., & Lampung, B. (2023). Pengaruh Harga , Distribusi Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Pada CV . Anugerah Sejahtera Abadi. 6(2), 606–613.

Pangesti, D. O., Alfatah, B. N., Hasanah, Y. P., & Fahmy, Z. (2023). MINAT PEMBELIAN KEMBALI : PENGARUH E-TRUST. 9(2), 97–106.

Ponirin, P. & Febrilla, F. (2022). Pengaruh Kepercayaan dan Promosi Penjualan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Shopee Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, 8(1), 56–62.

Putri, A. D. (2019). The Effect Of The Use Of Buyer Testimonies On Trust Brand Levels On Online Buyers (Survey of Shopee Online Shop Buyers in Depok District Students). Jurnal Ilmu Komunikasi, 184–191. www.ruangguru.co.id

Rachmat, S. A. (2023). Pengaruh Persepsi Testimoni, Persepsi Kualitas Layanan, Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Kepuasan Konsumen E-commerce Tokopedia Selama Pandemi Covid-19 Di Kota Depok, Jawa Barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 3606–3612.

Rahardjo, D. T., & Yulianto, A. E. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Mie Setan Di Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10, 1–18.

Recha, O., Sari, R. A., & Akhmal, A. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Irwansyah Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Kue Kekinian Medan Napoleon. Jurnal BisA: Jurnal Bisnis Administrasi, 7(2), p.59–64.

Ronsumbre, Y. K., & Telagawathi, N. L. S. (2022). Pengaruh Promosi dan E-servqual Terhadap Kepuasan Pelanggan Berbelanja Online di Shopee (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Tahun 2019). Bisma: Jurnal Manajemen, 8(1), 17–23.

Rosdayanti, P., & Tuti, M. (2023). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Kepercayaan Merek, Loyalitas Merek dan Ekuitas Merek Marugame Udon. Widya Manajemen, 5(2), 120–134. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v5i2.3681

Salsabila, C., Umbara, T., & Setyorini, R. (2022). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Somethinc. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(4), 668–679. https://doi.org/10.37606/publik.v9i4.405

Setyawan, T. B., & Setiawan, M. B. (2023). Its Impact On Repurchase Intention ( Study On Converse Shoes Consumers In The City Of Semarang ) Pengaruh Kualitas Produk , Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Pada Niat Beli Ulang ( Studi Pada Konsumen Sepatu converse Di K. 4(5), 5351–5360.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, T., & Zuhriyah, A. (2020). Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pudak Di Toko Sari Kelapa. Agriscience, 1(1), 232–243. https://doi.org/10.21107/agriscience.v1i1.8005

Yanti, S. D., Astuti, S., & Safitri, C. (2023). Pengaruh Pengalaman Belanja Online Dan Kepercyaan Terhadap Minat Beli Ulang Di Tiktok Shop (Studi Kasus Mahasiswa Fkip Uhamka 2018). Jurnal EMT KITA, 7(1), 47–61. https://doi.org/10.35870/emt.v7i1.728

Zhao, Jing-Di & Huang, Jin-Song & Su, Song, 2019. "The effects of trust on consumers’ continuous purchase intentions in C2C social commerce: A trust transfer perspective," Journal of Retailing and Consumer Services, Elsevier, vol. 50(C), pages 42-49.

Downloads

Published

2024-05-15

How to Cite

Kholida, N. S. N. ., & Rahayu, N. P. W. . (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 19(2), 475–490. https://doi.org/10.32534/jv.v19i2.5510