Faktor Eksternal Employer Branding Terhadap Minat Melamar Pekerjaan Mahasiswa Tingkat Akhir

Authors

  • Sinta Dewi Nurhana Fakultas Bisnis & Humaniora, Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Gia Rizky Fakultas Bisnis & Humaniora, Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v19i2.5498

Abstract

Peran vital perbankan mendorong banyak generasi muda untuk melamar pekerjaan di sektor tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh employer branding eksternal, faktor-faktor diantaranya seperti, job security, lingkungan kerja, dan kompensasi terhadap minat melamar pekerjaan pada mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner darig mengenai persepsi responden terkait dengan minat melamar di sektor perbankan. Populasi penelitian ini terdiri dari mahasiswa tingkat akhir di Provinsi DIY yang berminat melamar pekerjaan di sektor perbankan dengan jumalh 153 responden sebagai sampel. Data hasil penelitian diolah dan diuji hipotesisnya dengan menggunakan analisis regresi logistik dengan menggunakan software SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa job security, lingkungan kerja, dan kompensasi memiliki pengaruh terhadap minat melamar kerja. Secara parsial kompensasi berpengaruh positif terhadap minat melamar kerja. Namun, job security dan lingkungan kerja tidak berpengaruh terhadap minat melamar kerja.

Keywords:

Job Security, Lingkungan Kerja, Kompensasi, Minat Melamar Pekerjaan, Mahasiswa Tingkat Akhir

References

Al-Harazneh, R., Abu shosha, G. M., Al-Oweidat, I. A., & Nashwan, A. J. (2024). The influence of job security on job performance among Jordanian nurses. International Journal of Africa Nursing Sciences, 20(February 2023), 100681. https://doi.org/10.1016/j.ijans.2024.100681

Al-Shehab, N., AL-Hashimi, M., Madbouly, A., Reyad, S., & Hamdan, A. (2021). Do employability skills for business graduates meet the employers’ expectations? The case of retail Islamic banks of Bahrain. Higher Education, Skills and Work-Based Learning, 11(2), 349–366. https://doi.org/10.1108/HESWBL-09-2019-0117

Andes, D. (2023). Pengaruh Reputasi Perusahaan Dan Kompensasi Terhadap Minat Melamar Kerja Pada Lulusan Universitas Lampung Periode III Tahun 2021/2022. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lampung.

Ardani, S. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa Dalam Pemilihan Karir Di Bidang Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Yogyakarta). Jurnal Bisnis & Akuntansi, 19312234, 31–41.

Arfan. (2022). “Persepsi Generasi Z Terhadap Industri Perbankan.” Jurnal Administrasi Bisnis.

Awaludin, S. (2020). Pengaruh Job Security Terhadap Turnover Intention dengan Reward sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2507(February), 1–9.

Azadeh, A., & Ahranjani, P. M. (2015). The impact of job security, satisfaction and stress on performance assessment and optimization of generation companies. Journal of Loss Prevention in the Process Industries, 32, 343–348. https://doi.org/10.1016/j.jlp.2014.10.002

BPS Provinsi DIY. (2023). Proyeksi Penduduk menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin di D.I. Yogyakarta (x 1000), 2017-2025 (Jiwa), 2023-2025. Badan Pusat Statistik Provinsi Yogyakarta. https://yogyakarta.bps.go.id/indicator/12/174/1/proyeksi-penduduk-menurut-kelompok-umur-dan-jenis-kelamin-di-d-i-yogyakarta-x-1000-2017-2025.html

Cahyani, & Rizky, G. (2023). Pengaruh Employer Branding terhadap Turnover Intention dengan Employee Engagement sebagai Variabel Intervening pada Karyawan Bank BUMN di Ponorogo. Undergraduate Thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

Cannaby. (2018). Pengaruh Reputasi Perusahaan dan Kompensasi Terhadap Minat Melamar Pekerjaan Mahasiswa Freshgraduate ke Bank Syariah Dengan Lingkungan Keluarga Sebagai Variabel Intervening. Skripsi Pada Mahasiswa Alumni Jurusan Perbankan Juni 2021 Syariah S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Salatiga, 3.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Sage.

Dessler, G. (2020). Human Resource Management (16th ed.). Pearson.

Dessler, G. (2023). Human Resource Management, 8th edition (Subsequent). Prentice Hall.

Ekhsan, M., & Fitri, N. (2021). Pengaruh Employer Branding Terhadap Minat Melamar Pekerjaan Dengan Reputasi Perusahaan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMA), 1(2), 97–107. https://doi.org/10.47709/jebma.v1i2.992

Erlinda, F. (2020). Pengaruh employer branding, reputasi perusahaan, dan website recruitment terhadap minat melamar kerja mahasiswa perguruan tinggi negeri Kota Malang di PT Bank Syariah Mandiri. Undergraduate Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Fatimah, S., Kusniawati, A., & Abdul kader, M. (2021). PENGARUH REPUTASI PERUSAHAAN DAN KOMPENSASI TERHADAP MINAT MELAMAR KERJA (Studi pada PT. Gojek Indonesia Cabang Tasikmalaya). Business Management and Entrepreneurship Journal, 3(2018), 40–55.

Febrianti, D. I., & Hendratmoko, C. (2022). Pengaruh kompensasi, karakteristik pekerjaan, tanggung jawab sosial perusahaan dan reputasi perusahaan terhadap minat melamar pekerjaan. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 19(2), 257–267. https://doi.org/10.30872/jkin.v19i2.10927

Friana, H. (2023). Survei: Industri Keuangan Jadi Tempat Kerja Idaman Gen Z Beberapa Gen Z inginkan stabilitas pekerjaan. Fortune Indonesia. https://www.fortuneidn.com/finance/friana/survei-industri-keuangan-jadi-tempat-kerja-idaman-gen-z

Gabisch, J. A., & Milne, G. R. (2014). The impact of compensation on information ownership and privacy control. Journal of Consumer Marketing, 31(1), 13–26. https://doi.org/10.1108/JCM-10-2013-0737

Hair, J. F., Babin, B. J., Anderson, R. E., & Black, W. C. (2019). Multivariate Data Analysis (8th ed.). Pearson Prentice.

Hsu, P. H., Lü, Y., Wu, H., & Xuan, Y. (2023). Director Job Security and Corporate Innovation. Journal of Financial and Quantitative Analysis, 1–38. https://doi.org/10.1017/S0022109022001570

Hur, H. (2019). Job security matters: A systematic review and meta-analysis of the relationship between job security and work attitudes. Journal of Management and Organization. https://doi.org/10.1017/jmo.2019.3

Institude, C. C. (2023). Penelitian baru menunjukkan Gen Z sedang mendalami dunia investasi. CFA Institude. https://www-cfainstitute-org.translate.goog/en/about/press-releases/2023/finra-cfa-institute-gen-z-research?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc

Jalil, A. (2023). Pengaruh lingkungan kerja dan reputasi perusahaan terhadap minat melamar kerja pada lembaga keuangan syariah. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN WALISONGO SEMARANG, 1605026186.

Jandaghi, G., Mokhles, A., & Bahrami, H. (2015). The impact of job security on employees’ commitment and job satisfaction in Qom municipalities. African Journal of Business Management, 5(16), 6853–6858. https://doi.org/10.5897/AJBM10.1662

Khairunissa, D. (2017). Penerapan Employer Branding Dan Employer Attractiveness terhadap minat melamar (studi kasus: kompas gramedia). Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Ssosial Program Studi Manajemen Universitas Bakrie.

Krause, A., Obschonka, M., & Silbereisen, R. K. (2018). Perceived new demands associated with socioeconomic change: A challenge to job security? Time & Society. The Economic Jounal. 271, 40–68. https://doi.org/doi:10.1177/0961463X15587834

Kusnandar, K. S. (2023). Pengaruh Employer Branding Dan E-Recruitment Terhadap Minat Melamar Pekerjaan Mahasiswa Angkatan 2019 Program Studi Manajemen Universitas Katolik Soegijapranata. Thesis,Universitas Katholik Soegijapranata Semarang. http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31952

Lazear, E. P. (2018). Compensation and Incentives in the Workplace. The Journal of Economic Perspectives, 32(3), 195–214.

Miola, G. (2022). Analisis Pengaruh Job Security dan Organizational Commitment Terhadap Intention to Stay di Swiss Belhotel Bogor pada Pandemi Covid-19.

Munawaroh, S., & Ekhsan, M. (2019). Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja Dan E-Recruitment Terhadap Minat Melamar Kerja ( Studi Kasus Generasi Z Wilayah Cikarang Utara ). Jurnal Administrasi Bisnis.

Permadi, K. D., & Netra, I. G. S. K. (2015). Pengaruh Reputasi, Kompensasi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Minat Melamar Pekerjaan Oleh Mahasiswa Universitas Udayana. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(10), 3256–3286.

Presley, A., Presley, T., & Blum, M. (2018). Sustainability and company attractiveness: A study of American college students entering the job market. Sustainability Accounting, Management and Policy Journal, 9(4), 470–489. https://doi.org/10.1108/SAMPJ-03-2017-0032

Rahayu, I. R. S., & Sukmana, Y. (2022). Ini Tantangan Industri Perbankan pada 2023. Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2022/09/28/144451626/ini-tantangan-industri-perbankan-pada-2023#:~:text=Mulai dari tantangan perekonomian yang masih dilanda ketidakpastian%2C,terlihat dari kondisi likuiditas perbankan yang tetap terjaga.

Rajif,B. A & Rizky, G. (2023). Pemetaan Employability Skills Karyawan PT Bank Pembangunan Daerah Papua Cabang Yogyakarta. Undergraduate Thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

Robinson, J. C. (2014). Job hazards and job security. Journal of Health Politics, Policy and Law, 11(1), 1–18. https://doi.org/10.1215/03616878-11-1-1

Samat, M. F., Hamid, M. N., AwangAli, M. A. S., Wan Juahari, W. M. I. F., Ghazali, K. A., & Mat Nawi, F. A. (2020). the Relationship Between Career Development, Compensation, Job Security, Work Environment and Employee Loyalty. E-Academia Journal, 9(1). https://doi.org/10.24191/e-aj.v9i1.9525

Sari. (2023). Efek Job Security Terhadap kepuasan kerja karyawan dan minat melamar di sektor perbankan. Jurnal Administrasi Bisnis.

Sari, M. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir menjadi Akuntan Publik oleh Mahasiswa Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi Umsu Medan. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis., 3(2).

Sedarmayanti. (2017). Tata Kerja Produktivitas Kerja. CV Mandar Maju.

Sekaran, Uma., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach (7th Ed). Wiley.

Simanjuntak, H. D., & Rizky, G. (2023). Pemetaan Employability Skills Karyawan Bank Jateng KC Yogyakarta. Undergraduate Thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

Tanwar, K., & Prasad, A. (2017). Employer brand scale development and validation: a second-order factor approach. Personnel Review, 46(2), 389–409. https://doi.org/10.1108/PR-03-2015-0065

Ten Broek, M. (2015). From employer attractiveness to employer branding: Results of a mixed methods research. Business Semantic Sholar, 1–159.

Tsauri, S. (2014). MSDM - Manajemen Sumber Daya Manusia. In Ahmad Mutohar (Ed.), Journal of Modern African Studies (Vol. 35, Issue 17). STAIN Jember Press.

Utami. (2022). Efek Job Security Terhadap Minat Melamar di Perbankan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 12, 1.

Downloads

Published

2024-05-16

How to Cite

Nurhana, S. D., & Rizky, G. . (2024). Faktor Eksternal Employer Branding Terhadap Minat Melamar Pekerjaan Mahasiswa Tingkat Akhir. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 19(2), 533–546. https://doi.org/10.32534/jv.v19i2.5498