Peran Brand Ambassador, Brand Image, Sosial Media Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen
DOI:
https://doi.org/10.32534/jv.v19i1.5476Abstract
Rencana pemasaran yang efisien sangat penting untuk pengembangan brand. Brand Ortuseight menggunakan brand ambassador, brand image, dan media sosial instagram sebagai bagian dari strategi pemasarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang paling mempengaruhi minat beli konsumen sepatu Ortuseight. Metode kuantitatif dan data primer digunakan dalam penelitian ini. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data dan dikirimkan ke 96 responden melalui link Google Form. Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel brand ambassador berpengaruh negatif signifikan terhadap minat beli konsumen sepatu ortuseight, variabel brand image berpengaruh negatif signifikan terhadap minat beli konsumen sepatu ortuseight, dan variabel sosial media instagram berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli konsumen sepatu ortuseight. Dan secara simultan berpengaruh positif signifikan.
Keywords:
Brand Ambassador, Brand Image, Sosial Media Instagram, Minat BeliReferences
Adaby, O. C., & Nurhadi. (2022). Pengaruh Promosi Media Sosial, Electronic Word of Mouth (E-Wom) Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Erigo Apparel. Forum Bisnis Dan Kewirausahaan Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 12(1), 35–46. https://doi.org/10.35957/forbiswira.v12i1.2476
Alam, A. S., Zikri, F., & Gibran, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Sosial Media Instagram Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Konsumen Di Cafe Sela Kopi Cianjur Effects of Use Instagram Social Media Use on Buying Interests and Consumers’ Purchasing Decisions At Cafe Sela Kopi Cianjur. 13(1), 37–53. http://dx.doi.org/10.35194/agsci.v13i1.3163
Amin, A. M., & Yanti, R. F. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, Gaya Hidup, Country Of Origin dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Korea Nature Republic. INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.55583/invest.v2i1.111
Andari, P., & Sumiyarsih. (2021). Pengaruh Brand Image, Brand Trust , dan Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk AMDK merek OXGNDW (OXY). Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 16(1), 35–52. https://doi.org/10.32534/jv.v16i1.1591
Eka, C., Fatahillah, R., Sarsono, A., Hanavi, A., & Sitorus, P. (2021). Pengaruh Tipe Post, Waktu Post, Testimoni Dan Follower Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 1(1), 91–100. https://doi.org/10.37366/master.v1i1.158
Ermansyah, R., & Muhajirin, M. (2022). Peran Brand Image Dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Di Kedai Kopi Radja. Samalewa: Jurnal Riset & Kajian Manajemen, 2(2), 150–158. https://doi.org/10.58406/samalewa.v2i2.974
Fadillah, I. N., & Nasir. M. (2018). ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND RESONANCE, DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY PRODUK SEPATU CONVERSE PADA MAHASISWA DI SOLORAYA. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 18(2), 339–351. https://doi.org/10.32534/jv.v18i2.4297
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Guntoro, F. I., & Saputri, M. E. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Nagita Slavina dan Brand Image terhadap Minat Beli MS GLOW di Kota Bandung Influence of Brand Ambassador Nagita Slavina and Brand Image on Buying Interest in MS GLOW in Bandung City. 10(1), 56–66. Retrieved from https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/19381/19018
Hartawan, E., Liu, D., Handoko, M. R., Evan, G., & Widjojo, H. (2021). Pengaruh Iklan Di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada E-Commerce. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1), 217–228. https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i1.33853
Isnan, M. F., & Rubiyanti, R. N. (2021). The Effect of Brand Ambassador Towards Buyers Interest Tiket . Com of West Java. E-Proceeding of Management, 8(1), 164–170. Retrieved from https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/14354
Italia., & Islamuddin. (2021). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Handphone Merek Nokia. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis1JURNAL MANAJEMEN MODAL INSANI DAN BISNIS (JMMIB), 2(1), 1–13. https://doi.org/10.61567/jmmib.v2i1.31
Johan, Maradonald, & Mukyandi. M. R. (2022). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Pada @Basoacicuankiaa Di Sepatan Tangerang. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 01–06. https://doi.org/10.51903/jimeb.v1i2.331
Kosli, J., Yuwono, V. K., & Soediro, M. (2023). PENGARUH KINERJA KEUANGAN, UKURAN PERUSAHAANPENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN ATMOSFER RESTORAN TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN (Kajian terhadap sebuah restoran x di Makassar). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 10(2), 1317–1326. https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i2.49387
Kotler, P., & Keller, K. L. 2016: Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Kurniawan, C. N., & Susanto. A. (2020). Pengaruh Celebrity EndorsementTerhadap Minat Beli Melalui Brand Image. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 14(2): 83. https://doi.org/10.21460/jrmb.2019.142.338.
Makna, R. A., & Setiadi, Y. W. (2022). PENGARUH ENDORSEMENT FASHION, MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN LOKASI TOKO TERHADAP MINAT BELI PAKAIAN REMAJA (Studi Kasus Toko Duta Tanah Abang Kota Bengkulu). (JEMS) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 3(2), 200–212. https://doi.org/10.36085/jems.v3i2.3267
Maulida, V. R. (2022). Pengaruh Media Sosial Instagram Dan Reputasi Perusahaan Terhadap Minat Beli Kaos Merk House of Polos Di Kota Tasikmalaya. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 916–944. https://doi.org/10.46306/vls.v2i2.130
Muharam, A., Widaningsih, S., & Mustikasari, A. (2021). Pengaruh Sosial Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Produk Boci Baso Aci. E-Proceeding of Applied Science, 7(4), 625–634.
Nurtaufik, D. I., (2023). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Starbucks Di Kota Bandung. Agustus, 10(4), 2325. Retrieved from https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/catalog/id/187861/slug/pengaruh-brand-awareness-dan-brand-image-terhadap-minat-beli-starbucks-di-kota-bandung.html
Prabowo, T. A. (2021). Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Geist. Performa, 5(5), 431–439. https://doi.org/10.37715/jp.v5i5.1820
Pratiwi, B. M., & Mahfudz. (2021). Pengaruh Dukungan Selebriti, Konten Iklan, Dan Ulasan Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Dengan Minat Beli Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Platform Instagram Di Provinsi Jawa Tengah). Diponegoro Journal Of Management, 10(5), 1. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Prayogo, A., Fauzi, A., Bagaskoro, D. S., Alamsyah, F. A., Tonda, F., Hafidzi, M. K., Fatturohman, M. R. H., & Wijaya, S. (2023). Pengaruh Brand Image , Viral Marketing dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(4), 754–763. https://doi.org/10.38035/jim.v1i4.116
Purba, P., & Tafonao, H. (2023). Pengaruh Harga dan Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Handphone Oppo pada Toko Oppo di Plaza Millenium. Jurnal EMT KITA, 7(3), 637–646. https://doi.org/10.35870/emt.v7i3.1135
Purwati, A., & Cahyanti, M. M. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), 32–46. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v11i1.526
Randi, H., Suharto, A., & Reskiputri, T. D. (2022). Analisis Pengaruh Brand Ambassador dan Harga pada Aplikasi Ruang Guru terhadap Minat Beli Konsumen pada SMAN 03 Jember. BUDGETING : Journal of Business, Management and Accounting, 4(1), 27–37. https://doi.org/10.31539/budgeting.v4i1.4050
Rinata, G., Prihatma, T. G., Nurhayani., & Zaini, I. (2023). PENGARUH BRAND AMBASSADOR (TWICE) DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI PRODUK SCARLETT WHITENING PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM Gufa. Jurnal Manajemen Perusahaan, 2(2), 1–9. Retrieved from https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/jumpa/article/view/7188/2732
Rosyadi, A. (2021). PERAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP MINAT BELI MELALUI BRAND AWARENESS. 18(2), 20–31. https://doi.org/10.29313/performa.v18i3.7943
Saraswati, U., & Rahmawati, I. (2021). Pengaruh Iklan Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Pocari Sweat (Study Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah). Journal Of Management, Accounting, Economic and Business, 2(1), 65–75. Retrieved from https://oa.mg/work/3185173826
Sari, N. P & Sudarwanto. T. (2022). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SKINCARE MS GLOW (Studi Pada Konsumen MS Glow di Jawa Timur). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 25–40. https://doi.org/10.51903/jimeb.v1i2.345
Sari, R. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas, Brand Image dan Pelayanan Terhadap Minat Beli Alat Eletronik Rumah Tangga di Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal dalam Konsep Ekonomi Islam. JOVISHE : Journal of Visionary Sharia Economy, 1(2), 88–97. https://doi.org/10.57255/jovishe.v1i2.168
Suparnoto, R. F., & Setiobudi, A. (2020). The Effect of Instagram Social Media Promotion Towards Havermood’s Products Purchase Intention. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 5(5), 404-412. http://dx.doi.org/10.37715/jp.v5i5.1817
Suryadiningrat, Y., Rahmat, T. Y., & Anandita, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan E-Wom Terhadap Kepercayaan dan Minat Beli Belanja Online. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(2), 515–523. https://doi.org/10.17358/jabm.8.2.515
Suwasano, N. R., & Djauhari, M. (2022). Pengaruh Media Sosial Instagram@ LocalPrideIndonesia Terhadap Minat Beli Followers. DIGICOM: Jurnal Komunikasi dan Media, 88–98. Retrieved from http://spektrum.stikosa-aws.ac.id/index.php/digicom/article/download/318/143
Swara, R. P., & Aisah S. (2023). Pengaruh Brand Ambassador OH SE-HUN dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Whitelab di Kota Surabaya. Journal Of Social Science Research, 3(3), 9901–9908. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/2787/2360
Tarigan, P. S., Wahyono, D., Kusumawardhani, T., Sairdama, S. S., & Nugraha, A. R. (2023). Pengaruh Digital Marketing dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Make Over. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(4), 1431–1439. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i4.1352
Tungka, D., Lionardo, M. M., Thio, S., & Iskandar, V. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Pada Instagram Terhadap Minat Beli Chatime Indonesia. Jurnal Hospital Dan Manajemen Jasa, 8(2), 77–87. Retrieved from https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/10554
Witjaksari, F. T., Basamalah, M. R, & Rahmawati. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Iklan Pada Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Produk Perawatan Wajah (Studi Kasus Pada Konsumen Ms Glow). e – Jurnal Riset Manajemen, 11(20), 23–41. Retrieved from https://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/15839/12006
Wardani, A. P. K., Aulia, S. W., & Ulia, Z. (2022). Dampak Brand Ambassador BTS Terhadap Minat Beli pada Aplikasi Tokopedia di Magelang. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 2(2), 319–327. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v2i3.380
Wijaya, S., Cahyono, A., & Irhamniah, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Iklan dan Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Layanan Bimbel Online. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(3), 277-282. https://doi.org/10.26740/jupe.v10n3.p277-282
Wijaya, V. A., & Oktavianti, R. (2019). Pengaruh Brand Image E-Commerce Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Pada Pelanggan Tokopedia). Prologia, 2(2), 531. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3740
Yuniar, M. D. (2020). Aplikasi Instagram Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online : Sebuah Studi Pada Akun Warung Mamak. INTELEKTIVA: Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora Aplikasi, 02(03), 1–9. Retrieved from https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/298
Yunikartika, L., & Harti, H. (2022). Pengaruh Social Media Marketing dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Minat Beli Kuliner Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening pada Akun Instagram @carubanmangan. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 6(1), 212–230. https://doi.org/10.37339/e-bis.v6i1.897