Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Customer Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan di Dapoer Numa

Authors

  • Vanya Nurul Izza Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Ahmad Amin Dalimunthe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Aqwa Naser Daulay Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v19i1.5365

Abstract

Sebagai bagian dari strategi mereka untuk mempertahankan konsumen datang kembali, Dapoer Numa memprioritaskan penawaran harga, kualitas layanan, serta customer experience terbaik. Namun demikian, masih terdapat keluhan dari klien yang tidak puas dengan harga, kualitas layanan, serta customer experience secara keseluruhan. Itu sebabnya kami melakukan penelitian ini untuk mengetahui apakah pelanggan Dapoer Numa lebih atau kurang puas tergantung pada harga, kualitas layanan, serta pengalaman secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif asosiatif untuk menggambarkan fenomena yang diteliti. Jumlah pasti klien Dapoer Numa belum diketahui; mereka menjadi populasi dalam penelitian ini. Investigasi ini menggunakan metodologi kuantitatif asosiatif untuk menggambarkan fenomena yang dimaksud. Jumlah pasti klien Dapoer Numa yang dijadikan sampel penelitian ini masih belum diketahui. Kuesioner berfungsi sebagai instrumen utama pengumpulan data dalam penyelidikan ini. Penelitian ini mengadopsi skala Likert sebagai alat pengukurannya. Untuk penelitian ini, sekelompok seratus orang dipilih dengan menggunakan metode Slovin. Hasil penelitian melalui analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa harga merupakan faktor terpenting yang mempengaruhi kepuasan pelanggan Dapoer Numa. Di sisi lain, tidak ada bukti signifikan yang menunjukkan bahwa faktor-faktor yang terkait dengan kualitas layanan dan pengalaman pelanggan berpengaruh terhadap kebahagiaan pelanggan. pengaruh besar terhadap kebahagiaan pembeli di Dapoer Numa. Hasil studi ini menunjukkan bahwa, jika mempertimbangkan semua hal, kebahagiaan pembeli sangat dipengaruhi oleh perpaduan harga, kualitas layanan, dan pengalaman pelanggan.

Keywords:

Customer Experience, Kepuasan Pelanggan, Harga, Kualitas Pelayanan

References

Aditia, K., Roslina, & Jatmika, L. (2021). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada salah satu perusahaan jasa transportasi di Kota Bandung. Acman: Accounting and Management Journal, 1(2), 104–114. https://doi.org/10.55208/aj.v1i2.25.

Arianty, N. (2015). Pengaruh Kualitaspelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone Samsung. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 68-81. https://doi.org/10.30596/jimb.v16i2.958

Azhar, M. E., Jufrizen., Prayogi, M. A., & Sari, M. (2018). The Role of Marketing Mix and Service Quality on Tourist Satisfaction and Loyalty at Samosir. Journal of Tourism, 1(6), 124-137. http://dx.doi.org/10.21714/2179-9164.2018v15n2.007

Azhari, M. I., Fanani, D., & Mawardi, M. K. (2019). PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (Survei pada Pelanggan KFC Kawi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 28(1), 143-148. Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1139

Bachtiar, R. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Produk Serta Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Pos Indonesia Kantor Cabang Driyorejo. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya. Retrieved from http://repository.stiemahardhika.ac.id/1947/3/15210890%20%20JURNAL%20RIAN%20AWALUN%20BACHTIAR.pdf

Chen, S. C & Lin, C. P. (2015). The impact of customer experience and perceived value on sustainable social relationship in blogs: An empirical study. Technological Forecasting and Social Change. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2014.11.011.

Choiriah, E. N., & Liana, L. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Pelanggan. Jurnal Bereputasi., 2(3). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/madic/article/view/7596

Daniati, R., & Kadek, R. S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Anugerah Bintang Sejahtera Abadi Banyuwangi. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), 27–33. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/EKU

Dewi., & Hasibuan. (2016). “Pengaruh Customer experience (Customer Experiencer) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Kuliner Jawa Rantauprapat. Jurnal Ecobisma, 9(1), 93-103. https://doi.org/10.36987/ecobi.v3i1.695

Farida, R. (2016). Pengaruh Kepuasan Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Salemba Empat.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.

Harahap. I. (2022). Carter Dimension Analysis of Customer Satisfaction In Improving Electronic Word Of Mouth (E-Wom) In Bank Syariah Mandiri Customers. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1).

Hastono, H., & Diana, M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Fasta dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Pepper Lunch Cabang Central Park Jakarta Barat. Jurnal Perkusi, 1(2). 163-169. http://dx.doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i2.11030

Keny, K., & Sandra, K. (2021). Prediksi Customer Experience Dan Service Quality Terhadap Customer Loyalty: Customer Satisfaction Sebagai Variabel Media. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 191-204. https://doi.org/10.24912/jmieb.v5i1.11196

Kotler, P., & Armstrong. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Prentice-Hall Published.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Liu, V. (2016). Skripsi: Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Suasana Cafe Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen di Goeboex Coffee Yogyakarta Jl. Perumnas, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Retrieved from http://repository.usd.ac.id/7301/

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Maharani, S. D., Istiatin, & Istiqomah. (2022). Kepuasan pelanggan ditinjau dari customer experience, customer value, dan brand image. KINERJA: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 19(3), 598-602. https://doi.org/10.30872/jkin.v19i3.11406

Mahmud, N. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Transmart Setiabudi Semarang. Journal Ekonomi Dan Bisnis STIE Anindyaguna, 3(1), 157-167. Retrieved from https://jurnal.stieanindyaguna.ac.id/index.php/%20%20%20%20%20/article/download/18/15

Musyawarah, I. Y. (2020). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BUSANA MUSLIM PADA TOKO RUMAH JAHIT AKHWAT (RJA) DI KABUPATEN MAMUJU. Journal of Economic, Management and Accounting, 1(1), 49-59. https://jurnal.adpertisi.or.id/index.php/JEMA/article/view/111/74

Nugroho, S. (2015). Manajemen Warna dan Desain. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Lubis, F. A., Nurlaila., Husein, I., Susilawati., Nasution, M. L. I., Elveny, M., Afnaria. & Siregar, N. (2020). Enhancement model for hospital quality service with consideration of integrating patients health insurance to utilize fintech. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(1), 867-871. Retrieved from https://www.sysrevpharm.org/abstract/enhancement-model-for-hospital-quality-service-with-consideration-of-integrating-patients-health-insurance-to-utilize-fi-66441.html#cite

Paputungan, T., Tamengkel, L. F., & Punuindoong, A. Y. (2022). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Telkom Kotamobagu. Productivity, 3(2), 181–186. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/productivity/article/view/39293.

Putri, Y. L., & Utomo. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Comp Ambarawa). Among Makarti, 10(19), 70-90. http://dx.doi.org/10.52353/ama.v10i1.147

Riyadin. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT KELUARGA BERENCANA DI KECAMATAN PEKALONGAN KABUPATEN LAMPUNG TIMUR (STUDI KASUS PADA DESA PEKALONGAN. Jurnal Simplex, 2(1), 41–50. Retrieved from https://fe.ummetro.ac.id/ejournal/index.php/JS/article/view/330

Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. (2019). Consumer Behavior. England: Pearson.

Septian, B. P., & Handaruwati, I. (2021). PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK KULINER LOKAL SOTO MBOK GEGER PEDAN KLATEN. Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis Dan Manajemen, 3(2), 16–33. https://doi.org/10.52005/bisnisman.v3i2.45

Shaya, W., & Yoeliastuti. (2020). Analisis Pengaruh Kemudahan Transaksi dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta. Jurnal Lentera Bisnis, 9(1), 107-123. http://dx.doi.org/10.34127/jrlab.v9i1.350

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS (Edisi Pertama). Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susi, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Herga Terhadap Kepuasan Pelanggan di Cofee RR Pekanbaru [Skripsi]. Universitas Islam Riau Pekanbaru. Retrieved from https://repository.uir.ac.id/1817/1/135210438.pdf

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Wardhana, R. (2019). Pengaruh Customer Experience Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Mie Rampok Tahanan Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 4(3), 1–9. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/17075

Zakaria. (2021). Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Orang Tua Murid Di Mi Mathlaul Anwar Pamulang. Jurnal Arastirma, 1(2), 282-290. https://doi.org/10.32493/arastirma.v1i2.12366

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Izza, V. N., Dalimunthe, A. A. ., & Daulay, A. N. . (2024). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Customer Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan di Dapoer Numa. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 19(1), 289–301. https://doi.org/10.32534/jv.v19i1.5365