Analisis Pengaruh Influencer Endorsement Versus Customer Review: Mana Yang Lebih Berpengaruh Pada Konsumen Produk Gildak?

Authors

  • Sharon Rosabella Phuanerys Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Bunda Mulia, Jakarta, Indonesia
  • Novita Novita Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Bunda Mulia, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v19i1.5176

Abstract

Penelitian ini akan membahas mengenai strategi pemasaran influencer endorsement dan customer review serta trust sebagai variabel moderasi terhadap purchase intention produk Gildak. Strategi ini menggunakan e-wom serta ulasan online yang kini lebih diminati masyarakat dan dianggap kredibel. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis kuantitatif kausal berdasarkan data responden sebanyak 132 sampel menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online serta menggunakan skala likert sebagai bentuk pengukuran. Kemudian analisis data menggunakan PLS-SEM melalui software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa influencer endorsement berpengaruh signifikan dalam menciptakan Purchase Intention. Customer Review tidak memiliki pengaruh yang signifikan dalam menciptakan Purchase Intention, trust tidak memoderasi hubungan antara influencer endorsement terhadap Purchase Intention, dan trust tidak memoderasi hubungan antara customer review terhadap purchase intention.

Keywords:

Influencer endorsement, Customer Review, Trust, Purchase Intention, Industri makanan dan minuman

References

Adha, S., Fahlevi, M., Rita, R., Rabiah, A. S., & Parashakti, R. D. (2020). PENGARUH SOSIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP PENGARUH MINAT KERJA ANTAR BRAND. Journal

of Industrial Engineering & Management Research, 1(1), 127-130. https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i1.33.

Adrian, D., & Mulyandi , M. R. . (2020). Manfaat Pemasaran Media Sosial Instagram Pada Pembentukan Brand Awareness Toko Online. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(2), 215–222. https://doi.org/10.59141/jiss.v2i02.195

Aji, D. S. K., Setyawati, S. M., & Rahab. (2020). Analisis Pengaruh Religiosity, Service Quality Dan Image Terhadap Customer Loyalty Dengan Trust Sebagai Mediasi. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi, 22(1), 78-94. https://doi.org/10.32424/jeba.v22i1.1566

Ayaumi, R. S., & Komariah, N. S. (2021). PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE DAN TRUST TERHADAP MINAT BELI ULANG LAYANAN PESAN ANTAR GOFOOD SAAT

PANDEMI COVID-19 PADA GENERASI Z. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(2), 181-192. https://doi.org/10.31599/jmu.v3i2.940

Choedon, T., & Lee, Y.-C. (2020). The effect of social media marketing activities on purchase intention with brand equity and social brand engagement: Empirical evidence from Korean cosmetic firms. Knowledge Management Research, 21(3), 141-160.

http://dx.doi.org/10.15813/kmr.2020.21.3.008

Christian, l. (2023, April 5). Industri waralaba telah menyerap tenaga kerja hingga 682.292 orang. Alinea.Id. Retrieved from https://www.alinea.id/bisnis/industri-waralaba-menyerap-tenaga-kerja- hingga-682-292-orang-b2hOZ9L8x

Dwidienawati, D., Tjahjana, D., Abdinagoro, S. B., Gandasari, D., & Munawaroh. (2020). Customer review or influencer endorsement: which one influences purchase intention more? Heliyon, 6(11), 1-11. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05543

Fahmi, M. (2018). ENDORSE DAN PAID PROMOTE INSTAGRAM DALAM PERSPEKTIF

HUKUM ISLAM. An-Nawa: Jurnal Studi Islam, 1(1), 1-27.

https://doi.org/10.37758/annawa.v1i1.109

Feroza, C. S., & Misnawati, D. (2021). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @YHOOPHII_OFFICIAL SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DENGAN

PELANGGAN. Jurnal Inovasi, 15(1), 54-61. https://doi.org/10.33557/ji.v15i1.2204

Girsang, D., & Sipayung, N. L. (2021). PERAN INSTAGRAM TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN KE OBJEK WISATA BUKIT INDAH SIMARJARUNJUNG KABUPATEN SIMALUNGUN (PASCA PANDEMI COVID-19). Jurnal Darma Agung, 29(3), 416-428.

https://doi.org/10.46930/ojsuda.v29i3.1226

Hanindharputri, M. A., & Putra, I. K. A. M. (2019). The Role of Influencer in Strategies to Increase Promotion of a Brand. Sandyakala : Prosiding Seminar Nasional Seni, Kriya, Dan Desain, 1, 335–

Retrieved from https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/sandyakala/article/view/73/67 Hariyanto, H. T., & Trisunarno, L. (2021). Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online

Customer Rating, dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian pada Toko Online di Shopee. Jurnal Teknik ITS, 9(2), 234-239.

https://doi.org/10.12962/j23373539.v9i2.56728

H.D, A. A., Suhendra, A. D., & Puspasari, A. (2023). Implementasi Digital Marketing Dan Endorsement Influencer Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT. Sinar Surya Matahari (Studi kasus Pada Konsumen Motor Yamaha di Bekasi Timur). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 7519–7531. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2956.

Helbert, J. J., & Ariawan, I. G. S. P. (2021). PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT VS. INFLUENCER ENDORSEMENT VS. ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP

PURCHASE INTENTION PADA PRODUK SKINCARE. Eqien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 353-370. https://doi.org/10.34308/eqien.v8i2.276

Husna, A., & Aryani, L. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Dan Persepsi Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli Korean Food (Studi Kasus Konsumen Gildak Di Jakarta Timur). Journal of Young Entrepreneurs, 2(1), 177-191. Retrieved from https://ejournal.upnvj.ac.id/jye/article/view/5682

Iskandar, H. (2022). ANALISIS BRAND MANTRA DI JEJARING HOTEL GRUP LOKAL TERHADAP INTERAKSI PELANGGAN DENGAN STUDI KASUS: FAVEHOTEL. Bogor

Hospitality Journal, 4(1), 1-11. https://doi.org/10.55882/bhj.v4i1.7

Iskandar, T. A. G. I., & Sharif, O. O. (2022). Pengaruh Customer Review Dan Influencer Endorsement Terhadap Purchase Intention Pada Produk Whitelab Dengan Trust Sebagai Variabel Moderasi. E- Proceeding of Management, 9(5), 2824-2830. Retrieved from https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/1837 6

Kemenperin. (2023, July 27). Mendorong Ekspansi Industri Makanan dan Minuman ke Pasar Global. Kemenperin. https://kemenperin.go.id/artikel/24213/Kemenperin-Mendorong-Ekspansi-Industri- Makanan-dan-Minuman-ke-Pasar-Global

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (14th edition). Shanghai: Shanghai People’s Publishing House.

Lestari, P. A., & Millanyani, H. (2023). PERBANDINGAN PENGARUH ANTARA CUSTOMER REVIEW TERHADAP PURCHASE INTENTION DAN INFLUENCER ENDORSEMENT TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN TRUST SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA APLIKASI TRAVELOKA. Jurnal Ilmiah Edunomika , 7(2), 1-11.

http://dx.doi.org/10.29040/jie.v7i2.9947

Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). SOSIAL ANAK ( Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KBI Al Madina Sampangan Tahun Ajaran 2017-2018 ). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 115-122. https://doi.org/10.24853/yby.3.2.115-122

Muawwanah, M., Ma’rufi, M., & Nurdin, N. (2020). KORELASI ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

SEKOLAH DASAR. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 1-15. Retrieved from https://e-journal.my.id/proximal/article/view/480.

Mulyati, Y., & Gesitera, G. (2020). Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 173-194. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.538

Noviani, S. R., & Siswanto, T. (2022). Pengaruh Online Consumer Review, Rating, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Milenial Marketplace Shopee Di Jakarta Selatan. Jurnal Inovasi Manajemen & Bisnis (JIMB), 1(1), 17-28. Retrieved from http://ojs.itb- ad.ac.id/index.php/JIMB/article/view/1698

Novita, N., & Edward, R. (2021). Peranan Sosial Media Dalam Menentukan Keputusan Pembelian High-Involvement Product Di Masa Pandemi Covid-19. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 6(1), 35–51. https://doi.org/10.30736/jpim.v6i1.622.

Novita, N., & Liekardo, K. (2020). GRAB-AND-GO COFFEE : KETIKA KONSUMEN MENGANGGAP MINUM KOPI TIDAK LAGI HARUS “NONGKRONG.” Value : Jurnal

Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 38-49. https://doi.org/10.32534/jv.v15i2.1098

Krisyanti., Situmeang, I. V., & Priliantini, A. (2020). Pengaruh Kampanye #PantangPlastik terhadap Sikap Ramah Lingkungan (Survei pada Pengikut Instagram @GreenpeaceID). Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 9(1). https://doi.org/10.31504/komunika.v9i1.2387

PUSPANINGRUM, A. (2020). Social Media Marketing and Brand Loyalty: The Role of Brand Trust. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(12), 951-958. https://doi.org/10.13106/JAFEB.2020.VOL7.NO12.951

Putri, N. Z., & Widodo, T. (2022). Analisis Pengaruh Customer Review Dan Influencer Review Dengan Trust Sebagai Variabel Moderasi Terhadap Purchase Intention Pada E-Commerce (Studi Pada Tokopedia). E-Proceeding of Management, 9(3), 1308-1315. Retrieved from https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/1796

Rayasam, L. S., & Khattri, V. (2022). Social Media Influencer Endorsement: How Attitude Towards Endorsement Affects Brand Attitude. International Journal of Online Marketing, 12(1), 1-14. http://doi.org/10.4018/IJOM.299403.

Rifiani, P., Yuni Dharta, F., & Oxcygentri, O. (2022). Pengaruh EndorseInfluencer Fadil Jaidi Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Eksplanatori pada Pengikut Media Sosial Instagram @fadiljaidi). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 289-301. https://doi.org/10.5281/zenodo.6944728.

Rosdiana, R., Haris, I. A., & Suwena, K. R. (2019). PENGARUH KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI PRODUK PAKAIAN SECARA ONLINE. Jurnal Pendidikan

Ekonomi Undiksha, 11(1), 318-328. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20164

Sianipar, F. A. H., & Yoestini. (2021). ANALISIS PENGARUH CUSTOMER REVIEW DAN CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI ONLINE

MARKETPLACE (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Tokopedia di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(6). Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/32431

Siregar, F. P. T., & Nainggolan, N. P. (2023). Pengaruh Endorsement Influencer Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada G-Coffee Batam. Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(1), 89-95. Retrieved from https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/saintek/article/view/1339.

Sukmana, Y. (2023, August 6). Indonesia Jadi Pasar Penting Bisnis Makanan Korea. Kompas. https://money.kompas.com/read/2023/08/06/082245726/indonesia-jadi-pasar-penting-bisnis- makanan-korea

Susilawaty, L., & Wilson, N. (2021). PERANAN BENEFITS, TRUST SERTA EASE OF USE TERHADAP USAGE INTENTION PADA SEKTOR E-PAYMENT DI JABODETABEK.

Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 5(2), 307-320.

https://doi.org/10.24912/jmieb.v5i2.11852

Suwuh, J. L. A., Kindangen, P., & Saerang, R. T. (2022). THE INFLUENCE OF KOREAN WAVE, BRAND AMBASSADOR, AND BRAND IMAGE ON PURCHASE INTENTION OF

SOMETHINC SKINCARE PRODUCTS IN MANADO. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(4). https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43669

Trianasari, N., Fitriani, N., & Rachmawati, I. (2023). The Influence of Social Media Marketing and Influencer Endorsement Through Brand Image and Trust, and Their Impact on the Purchase Intention of the MS Glow Brand Through the Tiktok Application. International Journal of Professional Business Review, 8(10), 1146-1155.

https://doi.org/10.26668/businessreview/2023.v8i10.3793

Vieri, I. A, & Suyanto, A. M. A. (2023). ANALISIS PENGARUH CUSTOMER REVIEW DAN INFLUENCER REVIEW TERHADAP PURCHASE INTENTION YANG DIMODERASI OLEH TRUST SERTA DAMPAKNYA KEPADA PURCHASE DECISION TOKO PRODUK

FASHION DI SHOPEE. Jurnal Ilmiah Edunomika , 8(1), 1-10.

http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i1.10652

Wibisono, H., Wijaya, K. E., & Andreani, F. (2021). Pengaruh Online Review Dan Online Rating Terhadap Minat Beli Pada Konsumen Pergikuliner Di Surabaya. Journal Management Hospitality Dan Jasa, 9(1). Retrieved from https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen- perhotelan/article/view/11502

Wibowo, B. Y., Riyadi., Saptianing., & Wahyuningrum, P. (2023). The Influence Of Influencer Endorsement And Brand Image On Purchasing Intentions Gen Y And Z . International Journal of Economics, Business and Innovation Research, 2(1), 156-168.

https://doi.org/10.70799/ijebir.v2i01.61

Wibowo, D. U., Yulianto, E., & Sunarti. (2022). Pengaruh social media marketing terhadap kesadaran merek, citra merek dan kepuasan konsumen. Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 16(1), 130–137. https://profit.ub.ac.id/index.php/profit/article/view/2605

Winarso, K., & Jufriyanto, Moh. (2019). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN INTERNET INDIHOME PADA PT. X DENGAN PENDEKATAN PART LEAST SQUARE. MATRIK,

(1), 77-87. https://doi.org/10.30587/matrik.v20i1.1017

Yaacob, A., Gan, J. L., & Yusuf, S. (2021). THE ROLE OF ONLINE CONSUMER REVIEW, SOCIAL MEDIA ADVERTISEMENT AND INFLUENCER ENDORSEMENT ON PURCHASE INTENTION OF FASHION APPAREL DURING COVID-19. Journal of Content,

Community and Communication, 14(7), 17-33. https://doi.org/10.31620/JCCC.12.21/03

Yani, E. U., & Rojuaniah, R. (2023). Pengaruh Social Media Marketing dan Fomo terhadap Purchase Intention Melalui Electronic Word of Mouth. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 18020–18030. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9217

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Rosabella Phuanerys, S., & Novita, N. (2024). Analisis Pengaruh Influencer Endorsement Versus Customer Review: Mana Yang Lebih Berpengaruh Pada Konsumen Produk Gildak?. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 19(1), 200–213. https://doi.org/10.32534/jv.v19i1.5176