Pengaruh Keamanan Makanan, Kesadaran Kesehatan, Sertifikasi Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian

Authors

  • Astina Eka Pratiwi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Muzakar Isa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v19i1.5068

Abstract

Pola hidup sehat sepertinya masih menjadi hal yang kurang diperhatikan bagi konsumen terutama di Kota Surakarta. Hal tersebut dapat dilihat dengan masih banyaknya konsumen yang membeli makanan dan minuman dipinggir jalan, yang mungkin masih belum menjamin kebersihan serta keamanannya. Penelitian ini menganalisis pengaruh keamanan makanan, kesadaran kesehatan, sertifikasi halal dan harga terhadap keputusan pembelian makanan dan minuman halal di Surakarta. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam jenis penelitian untuk investigasi ini. Seluruh partisipan dalam penelitian ini adalah pembeli makanan dan minuman halal di Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan strategi sampel purposif yang dikombinasikan dengan non-probability sampling.  Dalam penelitian ini, 300 responden menjadi sampel. Penyebaran kuesioner menjadi metode pengumpulan data dalam penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan perangkat lunak SMARTPLS. Hasil penelitian ini bahwa Keamanan makanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kesadaran kesehatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sertifikasi halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

 

Keywords:

Keamanan Makanan, Keputusan Pembelian, Harga

References

Aprilianto, E. Y., & Amron. (2023). PENGARUH GAYA HIDUP, FITUR, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 17(3), 298–308. https://www.oberlo.com/statistics/smartphone-market-share

Ardista, R., & Wulandari, A. (2020). ANALISIS PENGARUH HARGA, LOKASI DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.32534/jv.v15i2.1156

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Helm LTD (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Pendekatan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 897.

Bakhtiar, A., Rahayu Ningsih, N., & Muthia Sari, N. (2021). Impact of Brand Image, Halal Status, and Government Certification on Purchasing Decisions for Food and Beverages. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management , 1806–1813.

Bulukuma, B. K. (2022). Edunomika – Vol. 06, No. 02, 2022. 06(02), 1–15.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Unbiversitas Diponegoro.

Fetrizen, & Aziz, N. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Merek AICOS Produksi PT. Bumi Sarimas Indonesia. OSF Preprints, 1, 1–9.

Firdayetti, Basri, Y. Z., & Arafah, W. (2023). Muslim Consumers’ Preferences on Interest in Buying Halal Food and Beverage Products with moderating variables of gender and education in DKI Jakarta. APTISI Transactions on Management , 7(2), 110–121.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 edisi ke-9. . Universitas Diponegoro.

Herindar, E. (2022). Maqashid sharia and the importance of consuming halal food products for Z muslim generation. Halal Research, 2(2), 77–95.

Hidayat, R. R., & Rayuwanto. (2022). The Influence of Price and Product Quality on The Purchase Decision Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. KEIZAI: Jurnal Kajian Ekonomi, Manajemen, & Akuntansi, 3(2), 241–252.

Iffathurjannah, M. I., & Harti Harti. (2021a). Pengaruh keamanan makanan, harga dan rasa terhadap keputusan pembelian pada konsumen mie Lemonilo. Jurnal Akuntabel, 18(2), 235–246.

Iffathurjannah, M. I., & Harti Harti. (2021b). Pengaruh keamanan makanan, harga dan rasa terhadap keputusan pembelian pada konsumen mie Lemonilo. Jurnal Akuntabel, 18(2), 235–246.

Kusumawardani, V., & Rohmah, U. (2018). Adopsi Inovasi Penyuluhan Keamanan Pangan Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 22(1), 45–64.

Kutresnaningdian, F. (2018). Peran Kesadaran Kesehatan Dan Perhatian Pada Keamanan Makanan Terhadap Sikap Dan Minat Konsumen Dalam Membeli Makanan Organik. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 287461.

Lismanizar, S. U. (2018). Pengaruh Keamanan Pangan, Kesadaran Kesehatan, Nilai Yang Dirasakan Dan Harga Terhadap Niat Beli Makanan Cepat Saji Pada Konsumen Kfc Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(2), 86–97.

Mamonto, Tumbuan, & Rogi. (2021). Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran (4P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Podomoro Poigar Di Era Normal Baru. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2), 110–121.

Mangifera, L., Isa, M., & Wajdi, M. F. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pemilihan Kuliner di Kawasan Wisata Alam Kemuning. Jurnal Manajemen Dayasaing, 20(1). https://doi.org/10.23917/dayasaing.v20i1.6415

Muizzudin, & Kisti, S. A. (2020). Pengaruh Sertifikasi Halal, Citra Merek, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Minuman Teh Botol Sosro (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Tinggi Islamic Village). Islaminomics: Journal of Islamic Economics, Business and Finance, 10(2), 137–151. https://doi.org/10.47903/ji.v10i2.132

Mustofa, N. A. (2023). PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Value, 18(1), 136–147. http://id.mac.wikia.com/

Ningrum, D. T. C., & Isa, M. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Social Media Marketing, Dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi (Studi …. SEIKO: Journal of Management & …, 6(2), 193–212.

Novita, Y., Annisa, A. A., Bawono, A., Albab Al Umar, A. U., Rachmawati, A. K., & Safaah, N. (2022). The Effect of Halal Awareness and Halal Certification on Interest in Buying Halal Products During Covid-19 Pandemic. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(3). https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i3.1173

Nugraha, W. S., Chen, D., & Yang, S. H. (2022). The effect of a Halal label and label size on purchasing intent for non-Muslim consumers. Journal of Retailing and Consumer Services, 65. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102873

Nur, M. R. T., Fathoni, M. A., & Sari, L. P. (2021). The Impact of Awareness, Lifestyle and Halal Certification on The Buying Interests of MSME’s Halal Food Products in DKI Jakarta. El-Barka: Journal of Islamic Economics and Business, 4(2), 156–189. https://doi.org/10.21154/elbarka.v4i2.3207

Oktavia, K. I. R., & Samboro, J. (2022). Pengaruh Sertifikasi Halal dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk.

Phan, T. A., & Mai, P. H. (2016). Determinants Impacting Consumers? Purchase Intention: The Case of Fast Food in Vietnam. International Journal of Marketing Studies, 8(5), 56–68.

Pramintasari, T. R., & Fatmawati, , Indah. (2018). Pengaruh Keyakinan Religius, Peran Sertifikasi Halal, Paparan Informasi, Dan Alasan Kesehatan Terhadap Kesadaran Masyarakat Pada Produk Makanan Halal. Jurnal Manajemen Bisnis, 8(1).

Pratiwi, A., Junaedi, D., & Prasetyo, A. (2019). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen : Studi Kasus 212 Mart Cikaret PENDAHULUAN Latar Belakang Masalah Perkembangan dan pertumbuhan trend perilaku berbelanja konsumen yang saat ini lebih mengutamakan kepraktisan dan kemudahan , maka timbul. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(2), 150–159. https://doi.org/10.47467/elmal.v2i2.345

Purwanto, A., & Sudargini, Y. (2021). Exploring Factors Affecting the Purchase Intention of Halal Food Products : An Empirical Study on Student Consumers. INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIAL AND MANAGEMENT STUDIES (IJOSMAS), 2(4), 13–21. https://www.ijosmas.org

Puspitasari, C. A., Yuliati, L. N., & Afendi, F. (2021). Pengaruh Green Marketing, Kesadaran Lingkungan Dan Kesehatan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pangan Organik Melalui Sikap. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 7(3), 713–722. https://doi.org/10.17358/jabm.7.3.713

Ramadhan, R., & Utami, S. (2019). PENGARUH KESADARAN KESEHATAN, NILAI YANG DIRASAKAN, KEAMANAN PANGAN DAN HARGA TERHADAP NIAT BELI ULANG PADA KONSUMEN PIZZA HUT DI KOTA BANDA ACEH. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4(2), 214–230.

Rifai, M. S. A., Nurhidayat, W., Prianka, W. G., Salsabila, F. L., & Nabilah, S. S. (2022). Pengaruh Halal Awarness, Sertifikasi Halal dan bahan makanan Halal terhadap keputusan pembelian produk makanan di Era Pandemic Covid-19. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(4), 1563–1576.

Rosalin, I., Barkah, B., & Pebrianti, W. (2022). Pengaruh Kesadaran Kesehatan dan Perceived Barriers terhadap Attitude toward Organic Food dan Dampaknya terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Konsumen Muda di Kota Pontianak). Equator Journal of Management and Entrepreneurship (EJME), 10(04), 168. https://doi.org/10.26418/ejme.v10i04.58578

Rozjiqin, M. F., & Ridlwan, A. A. (2022). Pengaruh Label Halal, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Starbucks Article Information. Journal of Economics and Business Aseanomics, 7(1), 60–77. http://academicjournal.yarsi.ac.id/jeba

Salsabila, A., Wahyuni, H. C., Studi, P., Industri, T., & Sidoarjo, U. M. (2021). The Influence of Halal , Food Safety and Quality on Student ’ s Buying Decisions Using Structural Equation Modeling ( SEM ) Methods Pengaruh Halal , Keamanan Pangan Dan Kualitas Terhadap Keputusan Membeli Mahasiswa Dengan Metode Structural Equation Modeli. PROZIMA (Productivity, Optimization and Manufacturing System Engineering), 5(2), 50–60.

Saputra, A. A., & Jaharuddin, J. (2022). Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Dan Celebrity Endorse Terhadap Keputusan Pembelian Produk Zoya (Studi Kasus Mahasiswa Feb Umj). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(4), 1521. https://doi.org/10.35931/aq.v16i4.1185

Selig, G., Jeremy, N., Vincent, T., & Widodo, Y. (2022). Kesadaran Lingkungan dan Kesehatan, serta Skeptisisme pada Konsumsi Makanan Organik. Indonesian Business Review , 5(2), 118–131.

Setiobudi, A., Sudyasjayanti, C., & Danarkusuma, A. A. (2021). PENGARUH PENGALAMAN PELANGGAN, KUALITAS LAYANAN DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP KESEDIAAN UNTUK MEMBAYAR . Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Informatika, 17(3), 238–252.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. CV Alfabeta.

Syahputra, D., & Murwatiningsih. (2019). Building Customer Engagement through Customer Experience, Customer Trust, and Customer Satisfaction in Kaligung Train Customers. MANAGEMENT ANALYSIS JOURNAL, 8(4).

Vizano, N. A., Khamaludin, K., & Fahlevi, M. (2021). The Effect of Halal Awareness on Purchase Intention of Halal Food: A Case Study in Indonesia. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(4), 441–453. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no4.0441

Zulfiqar Ravi Rahman, M. I. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Pada Destinasi Kuliner Halal Di Solo Raya. Jurnal Manajemen Dirgantara, Vol. 16(1), 89–102.

Downloads

Published

2024-01-15

How to Cite

Eka Pratiwi, A. ., & Isa, M. . (2024). Pengaruh Keamanan Makanan, Kesadaran Kesehatan, Sertifikasi Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 19(1), 123–138. https://doi.org/10.32534/jv.v19i1.5068