Perspektif Consumer Behavior Theory Dalam Meningkatkan Repurchase Intention Eminacomestic Melalui Shopee Live
DOI:
https://doi.org/10.32534/jv.v19i1.5060Abstract
Di tengah ketatnya persaingan pasar kecantikan yang semakin kompetitif, mendorong setiap perusahaan melakukan berbagai upaya untuk bersaing terhadap competitor yang lain. Salah satu brand kecantikan lokal melakukan pemasaran melalui Shopee Live yaitu Eminacosmetic. Jika melihat situasi realita yang ada, dapat diketahui bahwa banyak konsumen yang melakukan pembelian produk Eminacosmetic melalui shopee live, akan tetapi terlihat bahwa Eminacosmetic masih menghadapi kesulitan dalam mempertahankan pelanggan yang sebelumnya sudah melakukan pembelian produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Customer Experience dan Hedonic Shopping Value yang dimediasi oleh Customer Satisfaction dapat berpengaruh terhadap Repurchase Intention Eminacosmetic melalui shopee live. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli lebih dari sekali atau sering membeli produk Eminacosmetic melalui shopee live berdomisili di Bali dengan 120 sampel. Analisis data menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Intisari penelitian ini menegaskan bahwasanya repurchase intention eminacosmetic melalui shopee live dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh hedonic shopping value, dan customer satisfaction. Customer Experience tidak berpengaruh signifikan terhadap repurchase intention. Customer Satisfaction berpengaruh positif dan signifikan serta mampu memediasi customer experience secara penuh dan hedonic shopping value secara parsial terhadap repurchase intention.
Keywords:
Customer Experience, Hedonic Shopping Value , Customer Satisfaction, Repurchase IntentionReferences
Andriani, N., Mugiono, M., & Rahayu, M. (2021). Utilitarian Shopping Value and Hedonic Shopping
Value To Improve Customer Satisfaction and Repurchase Intention on E-Commerce Business.
Jurnal Aplikasi Manajemen, 19(1), 166–174. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2021.019.01.15
Angeline, S. C. (2023). Pengaruh Sales Promotion, Service Quality Dan Customer Experience Terhadap
Repurchase Intention Pada Pengguna Layanan Shopeefood Di Kota Surabaya. Jurnal Manajemen
Dan Start-Up Bisnis, 8(3).
Anhar, E. F. (2018). Pengaruh Service Quality terhadap Repurchase Intention dengan Customer
Satisfaction sebagai Variabel Mediasi pada Maskapai Penerbangan Citilink (Studi Pada
Mahasiswa/I S1 Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas
Brawijaya, 6(2), 1–19.
Anidayati, B., & Susila, I. (2023). SEIKO : Journal of Management & Business Analisis Pengaruh
Electronic Word Of Mouth , Kepercayaan , Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Beli Ulang
Konsumen Di Media Sosial dengan Adopsi Informasi Sebagai Variabel Mediasi ( Studi Pada
Produk Skincare Di M. 6(1), 438–454. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3745
Ardane, W. D., Bagus, I., Udayana, N., & Diansepti Maharani, B. (2021). the Effect of Utilitarian Value
and Hedonic Value on Loyalty Through Satisfaction in Shopee’S E-Commerce (Case Study on
Students of the Faculty of Economics, University of Sarjanawiyata Tamansiswa). Business and
Accounting Research (IJEBAR) Peer Reviewed-International Journal, 5(2), 541–549.
https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2023). Profil Internet Indonesia 2023.
Asri, H. R., Setyarini, E., Gisijanto, H. A., & Hartanti, N. D. (2022). Pengaruh Pengalaman Pelanggan
Dan Kepercayaan Terhadap Niat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel
Mediasi. Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(04). https://doi.org/10.34308/eqien.v11i04.1283
Ayu, I., Dewi, P., Kartika, K., & Prasetio, A. (2022). Analisis Pengaruh Customer Experience Terhadap
Repurchase Abstrak. : : Journal of Management & Business, 5(2), 1–7.
Bagasworo, W. (2021). Pengaruh Customer Relationship Management dan Customer Experience
Quality Ter-hadap Customer Loyalty Melalui Customer Satisfaction (Studi pada Konsumen di
Tanamera Cafe Jakarta). Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan (Journal of Economics,
Management and Banking), 3(2), 89. https://doi.org/10.35384/jemp.v3i2.205
Chandra, J. R., Adiwijaya, M., & Jaolis, F. (2023). Pengaruh Customer Experiences Dan Brand Trust
Terhadap Repurchase Intention Dengan Moderasi Sales Promotion Pada Spbu Shell Surabaya.
Jurnal Manajemen Pemasaran, 17(1), 41–52. https://doi.org/10.9744/jmp.17.1.41-52
Chandra, S., Rizan, M., & Shandy Aditya. (2022). Pengaruh E-Service Quality dan Customer
Experience Terhadap Repurchase Intention dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel
Intervening. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 3(3), 625–635.
https://doi.org/10.21009/jbmk.0303.02
Dewi, T. U., & Nugroho, P. N. A. (2020). Pengaruh Customer Experience Terhadap Customer
Satisfaction Dan Customer Loyalty Institut Français Indonesia Di Surabaya. Jurnal Teknologi
Dan Terapan Bisnis, 3(2), 30–39. https://jurnal.aksi.ac.id/index.php/jttb/article/view/80
Diva, M. (2019). Pengaruh Utilitarian Shopping Value, Hedonic Shopping Value, dan Kepercayaan
Konsumen Terhadap Repurchase Intention Pada Online Shop Shoppe (Studi Pada : Konsumen
Pengikut Shoppe Ana12fashion.
Fausta, M. F., Anderson, P., & Risqiani, R. (2023). Pengaruh Customer Experience, Customer
Satisfaction, Terhadap Repurchase Intention Pada Restoran Cepat Saji. Equilibrium: Jurnal
Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi , 20(1), 1–9.
https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium
Fauziah, F., Febrilia, I., & Agustin Pratama Sari, D. (2023). Pengaruh Customer Experience dan
Customer Trust Terhadap Customer Loyalty melalui Customer Satisfaction sebagai Variabel
Intervening: Studi pada Pengguna E-commerce di JABODETABEK. JIMPS: Jurnal Ilmiah
Mahasiswa Pendidikan Sejarah2, 8(3), 3039–3051. https://jim.usk.ac.id/sejarah
Febriyantia, N. F., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh E-Service Quality Dan Electronic Word Of
Mouth ( E-WOM ) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Emina ( Studi Pada Remaja
Di Kota Surabaya ). Jurnal Jempper, 1(2), 196–206.
Ginting, A. K., & Harahap, K. (2022). Pengaruh Direct Marketing dan Product Quality Terhadap
Repurchase Intention pada Live Streaming Marketing Shopee Live (Studi pada Pengguna Aplikasi
Shopee di Kota Medan). Journal of Social Research, 1(8), 851–863.
https://doi.org/10.55324/josr.v1i8.175
Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Rayendra, A., & Indriyani. (2020). Berbagi Pengetahuan Dan
Pembelajaran Organisasi Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Komunikasi
Dan Bisnis, 5(2), 172–186. http://www.jurnal.stikstarakanita.ac.id/index.php/JIK/article/view/350/pdf#
Insyra, D. B., & Dwiridotjahjono, J. (2022). Pengaruh Customer Experience , Trust Dan Customer
Satisfaction Terhadap Repurchase Intention Pada Reservasi. SEIKO : Journal of Management &
Business, 5(c), 73–81. https://doi.org/10.37531/sejaman.vxix.4647
Kemp, S. (2023, April 27). Digital 2023 April Global Statshot Report. Data Reportal.
Keni, K., & Sandra, K. K. (2021). Prediksi Customer Experience Dan Service Quality Terhadap
Customer Loyalty: Customer Satisfaction Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi
Dan Bisnis, 5(1), 191. https://doi.org/10.24912/jmieb.v5i1.11196
Khuana, K. (2016). Pengaruh Hedonic Value Terhadap Behavioral Intention Dengan Customer
Satisfaction Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Pada : 1903 – Heritage Dining ). Strategi
Pemasaran, 3(2). https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemenpemasaran/article/view/4634/4248
Kolondam, Y., Reynaldi, E., Darmawan, K. A., & Setiowati, R. (2023). The Influence of Utilitarian,
Hedonic, and E-Service Quality on Consumer Satisfaction Toward E-Grocery. Indonesian
Journal of Multidisciplinary Science, 2(6), 2668–2679. https://doi.org/10.55324/ijoms.v2i6.465
Mulyono, S. H., & Djatmiko, T. (2018). Pengaruh Customer Experience Terhadap Customer
Satisfaction di Tokopedia. E-Proceeding of Management, 5(2), 1843–1848.
Munthaha, F., Eprillison, V., Utami, H. Y., & Ekonomi, P. (2023). Pengaruh Perceived Ease of Use ,
Perceived usefulness , Price Perception Terhadap Repurchase Intention Melalui Service Quality
, Trust Sebagai Variabel Intervening Konsumen Yang Memanfaatkan Erigo Store Pada Aplikasi
TikTok Shop. 4(3), 194–208.
Munwaroh, U. L., & Riptiono, S. (2021). Analisis Pengaruh Cafe Atsmosphere, Kualitas Pelayanan dan
Customer Experience Terhadap Repurchase Intention Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai
Variabel Mediasi (Studi pada Customer Malindo Corner). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen,
(5), 2021. http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/index
Nafisah, Z. (2021). Peran Moderasi Motivasi Hedonis Pada Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap
Niat Penggunaan Ulang Layanan Dompet Elektronik Di Kalangan Milenial. 9, 57–67.
Nurmala, S. (2016). PENGARUH UTILITARIAN VALUE DAN HEDONIC VALUE TERHADAP
KEPUASAN KONSUMEN TOSERBA Oleh. Jurnal Ilmu Manajemen, 3(April), 183–185.
Nusaresearch.net. (2020). Laporan Tentang Makeup Routine.
https://nusaresearch.net/public/news/996-Laporan_Tentang_Makeup_Routine.nsrs
Pangestu, Y. (2017). Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.6 No.2 (2017).
Calyptra, 6(2), 892–909.
Parasari, N. S. M., Wijaya, G. C., Purwandari, D. P., & Permana, G. P. L. (2023). Pengaruh Viral
Marketing, Brand Ambassador dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Produk Avoskin
Beauty di Denpasar. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 11(1), 153–162.
https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i1.1740
Pratiwi Indriasari, D., Arief Sirajuddin, dan, & Amkop Makassar, S. (2021). Pengaruh Customer
Experience terhadap Repurchase Intention Produk Online dengan Customer Satisfaction sebagai
Variable Intervening. MARS Journal, 1(2), 2777–130. http://journal.ilrscentre.or.id/
Purwianti, L., & Suryani, M. (2022). Pengaruh Utilitarian Value, Hedonic Value, Satisfaction, Word
Of Mouth Terhadap Purchase Intention. YUME : Journal of Management, 5(2), 509–519.
https://doi.org/10.37531/yume.vxix.336
Rahayu, S., & Faulina, S. T. (2022). Pengaruh Digital Customer Experience dalam Menciptakan
Customer Satisfaction dan Customer Loyalty di Era Digital. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi
Syariah), 5(1), 1–13. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.568
Resti, L. (2022). Pengaruh Utilitarian Shopping Value, Hedonic Shopping Value, dan Distribution
Channels Terhadap Intent To Repurchase Pada Konsumen Lady Fame Shop di Bandar Lampung.
Ruslim, T. S., Netaneel, O., Siswanto, H. P., Studi S-, P., Bisnis, M., & Ekonomi, F. (2023). Hedonic
Value dan Utilitarian Value sebagai Prediktor Terhadap Customer Loyalty dengan Customer
Satisfaction sebagai Mediator. Jurnal Manajemen Dewantara , 7(1), 155–165.
Santoso, I. (2016). Peran Nilai Utilitarian Dan Hedonis Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen
Minuman Probiotik. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 13(3), 183–191.
https://doi.org/10.17358/jma.13.3.183
Shidqi, M. D., Farida, N., & Pinem, R. J. (2022). Pengaruh Customer Experience , Brand Trust, terhadap
Repurchase Intention melalui Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening (Studi pada
Konsumen Suzuki Pick Up di Kota Cilacap). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(3), 441–451.
https://doi.org/10.14710/jiab.2022.34954
Simanjuntak, D. R., Londa, N., & Waleleleng, G. (2021). PERSEPSI MAHASISWA PADA JASA
BELANJA ONLINE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip
Universitas Sam Ratulangi). Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01, 1–7. http://www.albayan.ae
Somantri, P., & Purwadhi. (2020). Pengaruh Physical Evidence dan Customer Experience Terhadap
Kepuasan Pengunjung Museum (Konferensi Asia Afrika). Service Management Triangle: Jurnal
Manajemen …, 2(1), 1–11.
http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsj/article/view/237%0Ahttps://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsj/ar
ticle/download/237/192
Subekti, R., Viana Praningtyas, E. R., & Anggya Anggraini, P. A. (2023). Increasing Satisfaction and
Repurchase Intention on Contemporary Food and Beverages Through E-commerce. Terbuka
Journal of Economics and Business, 4(1), 11–20. https://doi.org/10.33830/tjeb.v4i1.4880
Syafita, J. D., Suharyono, & Sunarti. (2018). Utilitarian and Hedonic Values That Influence Customer
Satisfaction and Their Impact on the Repurchase Intention. Russian Journal of Agricultural and
Socio-Economic Sciences (RJOAS), 1(73), 79–85.
Taruli, Y. M., & Palumian, Y. (2022). Pengaruh Hedonic Shopping Value terhadap Continued Usage
Intention melalui Customer Statisfaction pada Pelanggan Online Marketplace di Jawa Timur.
Jurnal AGRO, 10(1), 5.
Tuwisna, Gadeng, T., & Anggraini, L. (2017). Pengaruh Customer Value Dan Customer Experience
Terhadap Customer Satisfaction Pada Pt. Bank Mandiri (Persero) Kcp Sabang. Semdiunaya,
November, 494–506. http://ocs.abulyatama.ac.id/494
Venessa Daicy, James Austin, & George Nicholas Chandra. (2023). Pengaruh Customer Experience
Dan Promotion Terhadap Repurchase Intention Pada Restoran All You Can Eat Gyu-Kaku Alam
Sutera, Tangerang Selatan. Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce,
(1), 11–23. https://doi.org/10.30640/digital.v2i1.620
Venessya, J., & Sugiyanto, S. (2023). Pengaruh Customer Experience dan Customer Value terhadap
Repurchase Intention melalui Customer Satisfaction pada Spotify Premium. Jurnal Ilmiah
Manajemen Kesatuan, 11(2). https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i2.1998
Wiyata et al. (2020). Pengaruh Customer Experience , Ease of Use , Dan Customer Trust Terhadap
Repurchase Intention Konsumen Situs Jual Beli. Manajemen Bisnis, 3(April), 11–21.
Yolandari, N. L. D., & Kusumadewi, N. M. W. (2018). PENGARUH PENGALAMAN PELANGGAN
DAN KEPERCAYAAN TERHADAP NIAT BELI ULANG SECARA ONLINE MELALUI
KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Situs Online Berrybenka.com). E-Jurnal Manajemen
Universitas Udayana, 7(10), 5343. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i10.p06