Perspektif Consumer Behavior Theory Dalam Meningkatkan Repurchase Intention Eminacomestic Melalui Shopee Live

Authors

  • Gede Crisna Wijaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Nasional Denpasar
  • Putu Nita Mahadewi Astika Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Nasional Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v19i1.5060

Abstract

Di tengah ketatnya persaingan pasar kecantikan yang semakin kompetitif, mendorong setiap perusahaan melakukan berbagai upaya untuk bersaing terhadap competitor yang lain. Salah satu brand kecantikan lokal melakukan pemasaran melalui Shopee Live yaitu Eminacosmetic. Jika melihat situasi realita yang ada, dapat diketahui bahwa banyak konsumen yang melakukan pembelian produk Eminacosmetic melalui shopee live, akan tetapi terlihat bahwa Eminacosmetic masih menghadapi kesulitan dalam mempertahankan pelanggan yang sebelumnya sudah melakukan pembelian produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Customer Experience dan Hedonic Shopping Value yang dimediasi oleh Customer Satisfaction dapat berpengaruh terhadap Repurchase Intention Eminacosmetic melalui shopee live. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Populasi  penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli lebih dari sekali atau sering membeli produk Eminacosmetic melalui shopee live berdomisili di Bali dengan 120 sampel. Analisis data menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Intisari penelitian ini menegaskan bahwasanya repurchase intention eminacosmetic melalui shopee live dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh hedonic shopping value, dan customer satisfaction. Customer Experience tidak berpengaruh signifikan terhadap repurchase intention. Customer Satisfaction berpengaruh positif dan signifikan serta mampu memediasi customer experience secara penuh dan hedonic shopping value secara parsial terhadap repurchase intention.

 

 

Keywords:

Customer Experience, Hedonic Shopping Value  , Customer Satisfaction, Repurchase  Intention

References

Andriani, N., Mugiono, M., & Rahayu, M. (2021). Utilitarian Shopping Value and Hedonic Shopping

Value To Improve Customer Satisfaction and Repurchase Intention on E-Commerce Business.

Jurnal Aplikasi Manajemen, 19(1), 166–174. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2021.019.01.15

Angeline, S. C. (2023). Pengaruh Sales Promotion, Service Quality Dan Customer Experience Terhadap

Repurchase Intention Pada Pengguna Layanan Shopeefood Di Kota Surabaya. Jurnal Manajemen

Dan Start-Up Bisnis, 8(3).

Anhar, E. F. (2018). Pengaruh Service Quality terhadap Repurchase Intention dengan Customer

Satisfaction sebagai Variabel Mediasi pada Maskapai Penerbangan Citilink (Studi Pada

Mahasiswa/I S1 Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas

Brawijaya, 6(2), 1–19.

Anidayati, B., & Susila, I. (2023). SEIKO : Journal of Management & Business Analisis Pengaruh

Electronic Word Of Mouth , Kepercayaan , Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Beli Ulang

Konsumen Di Media Sosial dengan Adopsi Informasi Sebagai Variabel Mediasi ( Studi Pada

Produk Skincare Di M. 6(1), 438–454. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3745

Ardane, W. D., Bagus, I., Udayana, N., & Diansepti Maharani, B. (2021). the Effect of Utilitarian Value

and Hedonic Value on Loyalty Through Satisfaction in Shopee’S E-Commerce (Case Study on

Students of the Faculty of Economics, University of Sarjanawiyata Tamansiswa). Business and

Accounting Research (IJEBAR) Peer Reviewed-International Journal, 5(2), 541–549.

https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2023). Profil Internet Indonesia 2023.

https://survei.apjii.or.id/

Asri, H. R., Setyarini, E., Gisijanto, H. A., & Hartanti, N. D. (2022). Pengaruh Pengalaman Pelanggan

Dan Kepercayaan Terhadap Niat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel

Mediasi. Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(04). https://doi.org/10.34308/eqien.v11i04.1283

Ayu, I., Dewi, P., Kartika, K., & Prasetio, A. (2022). Analisis Pengaruh Customer Experience Terhadap

Repurchase Abstrak. : : Journal of Management & Business, 5(2), 1–7.

Bagasworo, W. (2021). Pengaruh Customer Relationship Management dan Customer Experience

Quality Ter-hadap Customer Loyalty Melalui Customer Satisfaction (Studi pada Konsumen di

Tanamera Cafe Jakarta). Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan (Journal of Economics,

Management and Banking), 3(2), 89. https://doi.org/10.35384/jemp.v3i2.205

Chandra, J. R., Adiwijaya, M., & Jaolis, F. (2023). Pengaruh Customer Experiences Dan Brand Trust

Terhadap Repurchase Intention Dengan Moderasi Sales Promotion Pada Spbu Shell Surabaya.

Jurnal Manajemen Pemasaran, 17(1), 41–52. https://doi.org/10.9744/jmp.17.1.41-52

Chandra, S., Rizan, M., & Shandy Aditya. (2022). Pengaruh E-Service Quality dan Customer

Experience Terhadap Repurchase Intention dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel

Intervening. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 3(3), 625–635.

https://doi.org/10.21009/jbmk.0303.02

Dewi, T. U., & Nugroho, P. N. A. (2020). Pengaruh Customer Experience Terhadap Customer

Satisfaction Dan Customer Loyalty Institut Français Indonesia Di Surabaya. Jurnal Teknologi

Dan Terapan Bisnis, 3(2), 30–39. https://jurnal.aksi.ac.id/index.php/jttb/article/view/80

Diva, M. (2019). Pengaruh Utilitarian Shopping Value, Hedonic Shopping Value, dan Kepercayaan

Konsumen Terhadap Repurchase Intention Pada Online Shop Shoppe (Studi Pada : Konsumen

Pengikut Shoppe Ana12fashion.

Fausta, M. F., Anderson, P., & Risqiani, R. (2023). Pengaruh Customer Experience, Customer

Satisfaction, Terhadap Repurchase Intention Pada Restoran Cepat Saji. Equilibrium: Jurnal

Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi , 20(1), 1–9.

https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium

Fauziah, F., Febrilia, I., & Agustin Pratama Sari, D. (2023). Pengaruh Customer Experience dan

Customer Trust Terhadap Customer Loyalty melalui Customer Satisfaction sebagai Variabel

Intervening: Studi pada Pengguna E-commerce di JABODETABEK. JIMPS: Jurnal Ilmiah

Mahasiswa Pendidikan Sejarah2, 8(3), 3039–3051. https://jim.usk.ac.id/sejarah

Febriyantia, N. F., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh E-Service Quality Dan Electronic Word Of

Mouth ( E-WOM ) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Emina ( Studi Pada Remaja

Di Kota Surabaya ). Jurnal Jempper, 1(2), 196–206.

Ginting, A. K., & Harahap, K. (2022). Pengaruh Direct Marketing dan Product Quality Terhadap

Repurchase Intention pada Live Streaming Marketing Shopee Live (Studi pada Pengguna Aplikasi

Shopee di Kota Medan). Journal of Social Research, 1(8), 851–863.

https://doi.org/10.55324/josr.v1i8.175

Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Rayendra, A., & Indriyani. (2020). Berbagi Pengetahuan Dan

Pembelajaran Organisasi Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Komunikasi

Dan Bisnis, 5(2), 172–186. http://www.jurnal.stikstarakanita.ac.id/index.php/JIK/article/view/350/pdf#

Insyra, D. B., & Dwiridotjahjono, J. (2022). Pengaruh Customer Experience , Trust Dan Customer

Satisfaction Terhadap Repurchase Intention Pada Reservasi. SEIKO : Journal of Management &

Business, 5(c), 73–81. https://doi.org/10.37531/sejaman.vxix.4647

Kemp, S. (2023, April 27). Digital 2023 April Global Statshot Report. Data Reportal.

Keni, K., & Sandra, K. K. (2021). Prediksi Customer Experience Dan Service Quality Terhadap

Customer Loyalty: Customer Satisfaction Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi

Dan Bisnis, 5(1), 191. https://doi.org/10.24912/jmieb.v5i1.11196

Khuana, K. (2016). Pengaruh Hedonic Value Terhadap Behavioral Intention Dengan Customer

Satisfaction Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Pada : 1903 – Heritage Dining ). Strategi

Pemasaran, 3(2). https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemenpemasaran/article/view/4634/4248

Kolondam, Y., Reynaldi, E., Darmawan, K. A., & Setiowati, R. (2023). The Influence of Utilitarian,

Hedonic, and E-Service Quality on Consumer Satisfaction Toward E-Grocery. Indonesian

Journal of Multidisciplinary Science, 2(6), 2668–2679. https://doi.org/10.55324/ijoms.v2i6.465

Mulyono, S. H., & Djatmiko, T. (2018). Pengaruh Customer Experience Terhadap Customer

Satisfaction di Tokopedia. E-Proceeding of Management, 5(2), 1843–1848.

Munthaha, F., Eprillison, V., Utami, H. Y., & Ekonomi, P. (2023). Pengaruh Perceived Ease of Use ,

Perceived usefulness , Price Perception Terhadap Repurchase Intention Melalui Service Quality

, Trust Sebagai Variabel Intervening Konsumen Yang Memanfaatkan Erigo Store Pada Aplikasi

TikTok Shop. 4(3), 194–208.

Munwaroh, U. L., & Riptiono, S. (2021). Analisis Pengaruh Cafe Atsmosphere, Kualitas Pelayanan dan

Customer Experience Terhadap Repurchase Intention Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai

Variabel Mediasi (Studi pada Customer Malindo Corner). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen,

(5), 2021. http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/index

Nafisah, Z. (2021). Peran Moderasi Motivasi Hedonis Pada Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap

Niat Penggunaan Ulang Layanan Dompet Elektronik Di Kalangan Milenial. 9, 57–67.

Nurmala, S. (2016). PENGARUH UTILITARIAN VALUE DAN HEDONIC VALUE TERHADAP

KEPUASAN KONSUMEN TOSERBA Oleh. Jurnal Ilmu Manajemen, 3(April), 183–185.

Nusaresearch.net. (2020). Laporan Tentang Makeup Routine.

https://nusaresearch.net/public/news/996-Laporan_Tentang_Makeup_Routine.nsrs

Pangestu, Y. (2017). Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.6 No.2 (2017).

Calyptra, 6(2), 892–909.

Parasari, N. S. M., Wijaya, G. C., Purwandari, D. P., & Permana, G. P. L. (2023). Pengaruh Viral

Marketing, Brand Ambassador dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Produk Avoskin

Beauty di Denpasar. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 11(1), 153–162.

https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i1.1740

Pratiwi Indriasari, D., Arief Sirajuddin, dan, & Amkop Makassar, S. (2021). Pengaruh Customer

Experience terhadap Repurchase Intention Produk Online dengan Customer Satisfaction sebagai

Variable Intervening. MARS Journal, 1(2), 2777–130. http://journal.ilrscentre.or.id/

Purwianti, L., & Suryani, M. (2022). Pengaruh Utilitarian Value, Hedonic Value, Satisfaction, Word

Of Mouth Terhadap Purchase Intention. YUME : Journal of Management, 5(2), 509–519.

https://doi.org/10.37531/yume.vxix.336

Rahayu, S., & Faulina, S. T. (2022). Pengaruh Digital Customer Experience dalam Menciptakan

Customer Satisfaction dan Customer Loyalty di Era Digital. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi

Syariah), 5(1), 1–13. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.568

Resti, L. (2022). Pengaruh Utilitarian Shopping Value, Hedonic Shopping Value, dan Distribution

Channels Terhadap Intent To Repurchase Pada Konsumen Lady Fame Shop di Bandar Lampung.

Ruslim, T. S., Netaneel, O., Siswanto, H. P., Studi S-, P., Bisnis, M., & Ekonomi, F. (2023). Hedonic

Value dan Utilitarian Value sebagai Prediktor Terhadap Customer Loyalty dengan Customer

Satisfaction sebagai Mediator. Jurnal Manajemen Dewantara , 7(1), 155–165.

http://jurnal.ustjogja.ac.id

Santoso, I. (2016). Peran Nilai Utilitarian Dan Hedonis Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen

Minuman Probiotik. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 13(3), 183–191.

https://doi.org/10.17358/jma.13.3.183

Shidqi, M. D., Farida, N., & Pinem, R. J. (2022). Pengaruh Customer Experience , Brand Trust, terhadap

Repurchase Intention melalui Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening (Studi pada

Konsumen Suzuki Pick Up di Kota Cilacap). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(3), 441–451.

https://doi.org/10.14710/jiab.2022.34954

Simanjuntak, D. R., Londa, N., & Waleleleng, G. (2021). PERSEPSI MAHASISWA PADA JASA

BELANJA ONLINE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip

Universitas Sam Ratulangi). Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01, 1–7. http://www.albayan.ae

Somantri, P., & Purwadhi. (2020). Pengaruh Physical Evidence dan Customer Experience Terhadap

Kepuasan Pengunjung Museum (Konferensi Asia Afrika). Service Management Triangle: Jurnal

Manajemen …, 2(1), 1–11.

http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsj/article/view/237%0Ahttps://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsj/ar

ticle/download/237/192

Subekti, R., Viana Praningtyas, E. R., & Anggya Anggraini, P. A. (2023). Increasing Satisfaction and

Repurchase Intention on Contemporary Food and Beverages Through E-commerce. Terbuka

Journal of Economics and Business, 4(1), 11–20. https://doi.org/10.33830/tjeb.v4i1.4880

Syafita, J. D., Suharyono, & Sunarti. (2018). Utilitarian and Hedonic Values That Influence Customer

Satisfaction and Their Impact on the Repurchase Intention. Russian Journal of Agricultural and

Socio-Economic Sciences (RJOAS), 1(73), 79–85.

Taruli, Y. M., & Palumian, Y. (2022). Pengaruh Hedonic Shopping Value terhadap Continued Usage

Intention melalui Customer Statisfaction pada Pelanggan Online Marketplace di Jawa Timur.

Jurnal AGRO, 10(1), 5.

Tuwisna, Gadeng, T., & Anggraini, L. (2017). Pengaruh Customer Value Dan Customer Experience

Terhadap Customer Satisfaction Pada Pt. Bank Mandiri (Persero) Kcp Sabang. Semdiunaya,

November, 494–506. http://ocs.abulyatama.ac.id/494

Venessa Daicy, James Austin, & George Nicholas Chandra. (2023). Pengaruh Customer Experience

Dan Promotion Terhadap Repurchase Intention Pada Restoran All You Can Eat Gyu-Kaku Alam

Sutera, Tangerang Selatan. Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce,

(1), 11–23. https://doi.org/10.30640/digital.v2i1.620

Venessya, J., & Sugiyanto, S. (2023). Pengaruh Customer Experience dan Customer Value terhadap

Repurchase Intention melalui Customer Satisfaction pada Spotify Premium. Jurnal Ilmiah

Manajemen Kesatuan, 11(2). https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i2.1998

Wiyata et al. (2020). Pengaruh Customer Experience , Ease of Use , Dan Customer Trust Terhadap

Repurchase Intention Konsumen Situs Jual Beli. Manajemen Bisnis, 3(April), 11–21.

Yolandari, N. L. D., & Kusumadewi, N. M. W. (2018). PENGARUH PENGALAMAN PELANGGAN

DAN KEPERCAYAAN TERHADAP NIAT BELI ULANG SECARA ONLINE MELALUI

KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Situs Online Berrybenka.com). E-Jurnal Manajemen

Universitas Udayana, 7(10), 5343. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i10.p06

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

Wijaya, G. C., & Mahadewi Astika, P. N. (2024). Perspektif Consumer Behavior Theory Dalam Meningkatkan Repurchase Intention Eminacomestic Melalui Shopee Live. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 19(1), 105–122. https://doi.org/10.32534/jv.v19i1.5060