Analisis Pengaruh Kemudahan Penggunaan Dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan

Authors

  • Rezki Rahmad Surgawan Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Ihwan Susila Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v18i3.5000

Abstract

Pada penggunaan, tingkat kemudahan menjadi faktor kunci yang perlu diperhatikan oleh suatu perusahaan, karena dapat memengaruhi minat pengguna dalam memenuhi kebutuhan mereka. Adanya potensi tindakan kejahatan dapat berdampak pada kurangnya kepercayaan pengguna terhadap layanan. Oleh karena itu, suatu bank perlu menyediakan keamanan yang praktis agar pengguna merasa aman, tanpa risiko membawa uang tunai secara fisik.Tujuan penelitian ini ialah menganalisis pengaruh kemudahan penggunaan dan keamanan terhadap keputusan penggunaan  dengan brand trust sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif dengan pendekatan metodologi  survei  dengan  kuesioner  terstruktur. Populasi penelitian ini ialah Pengguna E-Wallet Generasi Z. Pengambilan sampel non-probabilitas adalah metode yang digunakan untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini.  Perhitungan Maholtra menunjukkan bahwa jumlah sampel minimum yang dibutuhkan ialah 85 responden. Metode analisis data penelitian ini, yang menggunakan perangkat lunak SMARTPLS, adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini bahwa Kemudahan dan Keamanan berdampak positif pada keputusan penggunaan. Kemudahan berdampak positif pada brand trust. Keamanan berdampak positif pada brand trust. Brand trust berdampak positif pada keputusan penggunaan. Brand trust dapat memediasi hubungan antara kemudahan pada keputusan penggunaan secara parsial. Brand trust dapat memediasi hubungan antara keamanan pada keputusan penggunaan secara parsial.

Keywords:

Kemudahan Penggunaan, Keamanan, Keputusan Penggunaan

References

Aprilia, R. W., & Susanti, D. N. (2022). Pengaruh Kemudahan, Fitur Layanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Dana di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA), 4(3), 399–409. https://doi.org/10.32639/jimmba.v4i3.121

Badir, M., & Andjarwati, A. L. (2020). The Effect of E-WOM, Ease of Use and Trust on Purchase Decisions (Study on Tokopedia Application Users). Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 7(1), 39. https://doi.org/10.24252/minds.v7i1.13715

Bhatt, V. (2021). An Empirical Study On Analyzing A User’s Intention Towards Using Mobile Wallets; Measuring The Mediating Effect Of Perceived Attitude And Perceived Trust. Turkish Journal of Computer and Mathematics, 12(10), 5332–5353.

Blut, M., & Wang, C. (2020). Technology readiness: a meta-analysis of conceptualizations of the construct and its impact on technology usage. Dalam Journal of the Academy of Marketing Science (Vol. 48, Nomor 4, hlm. 649–669). Springer. https://doi.org/10.1007/s11747-019-00680-8

Boggie, G., Kusuma, I., & Dirgantara, I. M. B. (2021). Analysis An Intention to Use Electronic Wallet during Covid-19 Pandemic. Management Analysis Journal, 10(4), 359–368.

Chao, C. M. (2019). Factors determining the behavioral intention to use mobile learning: An application and extension of the UTAUT model. Frontiers in Psychology, 10(JULY). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01652

Daragmeh, A., Sági, J., & Zéman, Z. (2021). Continuous intention to use e-wallet in the context of the covid-19 pandemic: Integrating the health belief model (hbm) and technology continuous theory (tct). Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(2). https://doi.org/10.3390/joitmc7020132

E. Silaen, & Prabawani. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan Menggunakan E-Wallet Dan Persepsi Manfaat Serta Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Saldo E-Wallet Ovo. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(4), 155–163.

Faddila, S. P., Khalida, L. R., & Fauji, R. (2022). E-Service Quality and E-Trust Models in Increasing Generation Z e-Customer Satisfaction in E-Wallet Transactions with ShopeePay Application. Jurnal Mantik, 6(1), 210–215.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 edisi ke-9. . Universitas Diponegoro.

Grover, P., Kar, A. K., Janssen, M., & Ilavarasan, P. V. (2019). Perceived usefulness, ease of use and user acceptance of blockchain technology for digital transactions–insights from user-generated content on Twitter. Enterprise Information Systems, 13(6), 771–800. https://doi.org/10.1080/17517575.2019.1599446

Hafidloh, & Marlena, N. (2021). Pengaruh keamanan terhadap keputusan pembelian jasa tranportasi gojek dimasa pandemi covid-19 dengan kepercayaan sebagai intervening. Akuntabel, 18(2), 219–228.

Heny Sidanti, Dian Citaningtyas Ari Kadi, Hari Purwanto, & Wahyu Sri Lestari. (2022). The Effect Of Easy Perception And Security Perception On The Intention Of Using Shopeepay Through Attitude As Intervening Variables In Madiun. International Journal of Science, Technology & Management, 3(1), 215–228. https://doi.org/10.46729/ijstm.v3i1.430

Herviani, V., Hadi, P., & Nobelson. (2020). Analisis Pengaruh Brand Trust, E-WOM, dan Social Media Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Lipstick Pixy. Prosiding BIEMA: Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 1351–1362.

Indriyani, D., & Sartika, S. H. (2022). Persepsi Generasi Z pada Penggunaan E-wallet selama Pandemi Covid-19. Jurnal Sekretari dan Manajemen, 6(1), 68–74.

Irmawati, & Cahyanto, M. R. N. (2022). Pengaruh Kualitas Informasi, Kemudahan, Dan Kepercayan Terhadap Keputusan Pembelian Di Situs Tokopedia. Home of Management and Bussiness Journal, 1(1), 24–34.

Jefryansyah, J., & Muhajirin, M. (2020a). Analisis Pengaruh Kepercayaan Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Barang Secara Online. Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 2(1), 85–94. https://doi.org/10.30812/target.v2i1.703

Jefryansyah, J., & Muhajirin, M. (2020b). Analisis Pengaruh Kepercayaan Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Barang Secara Online. Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 2(1), 85–94. https://doi.org/10.30812/target.v2i1.703

Karim, W., Haque, A., Ulfy, M. A., Hossain, A., & Anis, Z. (2020). Factors Influencing the Use of E-wallet as a Payment Method among Malaysian Young Adults. JIBM) Journal of International Business and Management, 3(2). https://doi.org/10.37227/jibm-2020-2-21

Malik, A. N. A., & Annuar, S. N. S. (2021). The Effect of Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Reward, and Perceived Risk toward E-Wallet Usage Intention. Eurasian Business and Economics Perspectives , 17, 115–130.

Maritha, R. F., & Kuswati, R. (2022). E-WOM and Adoption E-Wallet: The Role of Trust as a Mediating Variable. Proceedings of the International Conference on Economics and Business Studies (ICOEBS 2022), 186–195.

Mbete, G. S., & Tanamal, R. (2020). Effect of Easiness, Service Quality, Price, Trust of Quality of Information, and Brand Image of Consumer Purchase Decision on Shopee Online Purchase. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(2), 100. https://doi.org/10.32493/informatika.v5i2.4946

Merhi, M., Hone, K., & Tarhini, A. (2019). A cross-cultural study of the intention to use mobile banking between Lebanese and British consumers: Extending UTAUT2 with security, privacy and trust. Technology in Society, 59. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2019.101151

Nadhilah, P., Jatikusumo, R. I., & Permana, E. (2021). Efektifitas Penggunaan E-Wallet Dikalangan Mahasiswa Dalam Proses Menentukan Keputusan Pembelian. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 4(2), 128. https://doi.org/10.35914/jemma.v4i2.725

Nangin, M. A., Barus, I. R. G., & Wahyoedi, S. (2020). The Effects of Perceived Ease of Use, Security, and Promotion on Trust and Its Implications on Fintech Adoption. Journal of Consumer Sciences, 5(2), 124–138. https://doi.org/10.29244/jcs.5.2.124-138

Ninggar, A. D., & Anggraini, I. K. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Generasi Z Dalam Konsumsi E-Wallet Saat Pandemi Covid-19 (Studi Pada Mahasiswa Aktif Program Sarjana Di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Fokus Ekonomi, Manajemen, Bisnis & Akuntansi (EMBA), 1(2), 131–141. https://doi.org/10.34152/emba.v1i2.498

Nur Asida, A. Y., & Kuswati, R. (2023). E-wallet Adoption in The Covid-19 Period: The Roles Of Perceived Benefits As Mediating Variabel. Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship (JOBS), 4(1), 23–34. https://doi.org/10.33476/jobs.v4i1.3604

Nurrachmi, I., & Setiawan, S. (2020). Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, dan Kepuasan terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Halal. IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 7(2), 126–137. https://doi.org/10.19105/iqtishadia.v7i2.3521

Nuryyev, G., Wang, Y. P., Achyldurdyyeva, J., Jaw, B. S., Yeh, Y. S., Lin, H. T., & Wu, L. F. (2020). Blockchain technology adoption behavior and sustainability of the business in tourism and hospitality SMEs: An empirical study. Sustainability (Switzerland), 12(3). https://doi.org/10.3390/su12031256

Olivia, M., & Marchyta, N. K. (2022). The Influence of Perceived Ease of Use and Perceived Usefulness on E-Wallet Continuance Intention : Intervening Role of Customer Satisfaction. 24(1). https://doi.org/10.9744/jti.24.1

Persada, S. F., Dalimunte, I., Nadlifatin, R., Miraja, B. A., Redi, A. A. N. P., Prasetyo, Y. T., Chin, J., & Lin, S. C. (2021). Revealing the behavior intention of techsavvy generation z to use electronic wallet usage: A theory of planned behavior based measurement. International Journal of Business and Society, 22(1), 213–226. https://doi.org/10.33736/IJBS.3171.2021

Pertiwi, D., Suprapto, W., & Pratama, E. (2020). Perceived Usage of E-Wallet among the Y Generation in Surabaya based on Technology Acceptance Model. Jurnal Teknik Industri, 22(1), 17–24. https://doi.org/10.9744/jti.22.1.17-24

Prihayudha, E. K., & Soepatini. (2023). Pengaruh Perceived Ease Of Use, Usefulness Dan Perceived Risk Terhadap Intention To Use (Studi Empiris Penggunaan Aplikasi Ovo Pada Konsumen Di Surakarta). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 7573–7587.

Putri, G. purnama, Welsa, H., & Diansepti, B. (2021). Pengaruh Keamanan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Pembelian Di Shopee. Manajemen, ekonomi, keuangaan dan Akutansi (MEKA), 2(1), 28–32.

Rachmawati, I. K., Handoko, Y., Nuryanti, F., Wulan, M., & Hidayatullah, S. (2019a). Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan Pelanggan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Online. Seminar Nasional Sistem Informasi 2019, 3(September), 1617–1625.

Rachmawati, I. K., Handoko, Y., Nuryanti, F., Wulan, M., & Hidayatullah, S. (2019b). Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan Pelanggan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Online. Seminar Nasional Sistem Informasi 2019, 3(September), 1617–1625.

Rahmad, A. D., Astuti, E. S., & Riyadi. (2017). Pengaruh Kemudahan Terhadap Kepercayaan Dan Penggunaan Sms Banking (Studi pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 43(1), 36–43.

Rahmaningtyas, A., Hartono, S., & Suryantini, A. (2017). Factorsaffecting Online Purchasing Oflocalfood. Agro Ekonomi, 28(2), 189–204.

Roro, R., & Chairina, L. (2021). The Effect of Perceived Usefulness and Perceived Ease of Use on Perceived Value and Actual Usage of Technology on the Online Service of Pt. Garuda Indonesia Tbk. Dalam Quest Journals Journal of Research in Business and Management (Vol. 9). www.questjournals.org

Singh, S., Sahni, M. M., & Kovid, R. K. (2020). What drives FinTech adoption? A multi-method evaluation using an adapted technology acceptance model. Management Decision, 58(8), 1675–1697. https://doi.org/10.1108/MD-09-2019-1318

Susanto, D., & Fadhilah, M. (2021). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kualitas Informasi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada Konsumen Shopee Di Yogyakarta). Jurnal Ilmu Manajemen, 18(2), 89–97.

Tahar, A., Riyadh, H. A., Sofyani, H., & Purnomo, W. E. (2020). Perceived ease of use, perceived usefulness, perceived security and intention to use e-filing: The role of technology readiness. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(9), 537–547. https://doi.org/10.13106/JAFEB.2020.VOL7.NO9.537

Trivedi, S. K., & Yadav, M. (2020). Repurchase intentions in Y generation: mediation of trust and e-satisfaction. Marketing Intelligence and Planning, 38(4), 401–415. https://doi.org/10.1108/MIP-02-2019-0072

Utami, A. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Keamanan Dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Menggunakan E-Commerce. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(6), 79–93.

Violinda, Q., & Khorunnisya, N. V. (2022). Minat Generasi Milenial Menggunakan E-Wallet Link Aja: Perspektif Teori Persepsi dan Perilaku. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM), 8(1), 181.

Wardana, A. A., Saputro, E. P., Wahyuddin, M., & Abas, N. I. (2022). The Effect of Convenience, Perceived Ease of Use, and Perceived Usefulness on Intention to Use E-Wallet. Proceedings of the International Conference on Economics and Business Studies (ICOEBS 2022), 655(Icoebs), 386–395. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.220602.051

Widiyanti, W. (2020). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Penggunaan dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet OVO di Depok. Moneter - Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 7(1), 54–68. https://doi.org/10.31294/moneter.v7i1.7567

Wijaya, N. T., & Widodo, A. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Brand Trust Konsumen Online Travel Agent Tiket.Com. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 13(1), 1–6.

Yang, M., Al Mamun, A., Mohiuddin, M., Nawi, N. C., & Zainol, N. R. (2021). Cashless transactions: A study on intention and adoption of e-wallets. Sustainability (Switzerland), 13(2), 1–18. https://doi.org/10.3390/su13020831

Yuliawan, E. (2018). Analisis Pengaruh Faktor Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualias Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Zalora Indonesia (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen STIE Mikroskil Medan). Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 12(1), 34–49. https://doi.org/10.33558/optimal.v12i1.1016

Yunita, N. R., Sumarsono, H., & Farida, U. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan, dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Bukalapak. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 3(1), 90–105.

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

Rahmad Surgawan, R. ., & Susila, I. (2024). Analisis Pengaruh Kemudahan Penggunaan Dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan . Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 18(3), 918–936. https://doi.org/10.32534/jv.v18i3.5000