Pemanfaatan Fitur Live Facebook Sebagai Media Bisnis Online Dalam Meningkatkan Penjualanan

Authors

  • Lestari Perdana Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurbaiti Nurbaiti Fakultas Ekonomi Bisnis dan Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Siti Aisyah Fakultas Ekonomi Bisnis dan Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v18i3.4990

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pemanfaatan fitur live Facebook sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan, dengan fokus pada analisis kualitatif berdasarkan Teori Penerimaan Teknologi (TAM). Penelitian ini bertujuan untuk memahami persepsi pelaku usaha terhadap fitur live Facebook dalam meningkatkan penjualan bagi tiga pelaku usaha di Medan yang menggunakan platform tersebut. Metode penelitian kualitatif digunakan melalui wawancara mendalam dan analisis konten dari pengguna fitur live Facebook. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor persepsi kemudahan penggunaan dan manfaat yang dirasakan oleh para pelaku usaha memainkan peran penting dalam mendorong penggunaan fitur Live Facebook. Interaksi langsung dengan pelanggan melalui siaran langsung menjadi kunci dalam membangun hubungan yang lebih dekat dan memperkuat kepercayaan. Penelitian ini juga menggambarkan bagaimana interaksi sosial dalam konteks pemasaran online mampu membentuk persepsi positif terhadap teknologi, mengoptimalkan pemanfaatan fitur Live Facebook untuk meningkatkan penjualan dan berinteraksi dengan pelanggan secara lebih efektif.

 

Keywords:

Media Sosial, Facebook, Bisnis Online

References

Abdillah, M. Y. (Malkan), Saragih, N. (Nurhafifah), & Nurbaiti, N. (Nurbaiti). (2022). Peluang Penjualan Bisnis Online Fashion : (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 13(1), 1–7. https://www.neliti.com/publications/425432/

Arifin (2021). Analisis Efektivitas Strategi Pemasaran Personal Selling Terhadap Tingkat Penjualan Produk Indihome Kota Mataram NTB. Skripsi UMMAT.

Afriani. (2011). Strategi Komunikasi Pemasaran Rown Division Dalam Memanfaatkan Media Jejaring Sosial facebook Sebagai Sarana Promosi Secara Online” mengatakan penggunaan facebook dalam pemasaran secara online sangat efektif. https://eprints.ums.ac.id/16152/

Aisyah, S. (2020a). Dampak Pandemi COVID-19 Bagi UMKM Serta Strategi E-Marketing UMKM di Indonesia. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Aisyah, S. (2020b). Sikap Dan Perilaku Konsumen Terhadap Native Advertising. 2507(February), 1–9.

Altin, D., & Wahyudin, N. (2023). Peningkatan Daya Saing UMKM melalui Financial Technology dan Digital Marketing. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 14(2), 262–276. https://doi.org/10.33059/jseb.v14i2.6608

Asmuni, Harahap, I., & Saragih, L. M. S. (2022). Carter Dimension Analysis of Customer Satisfaction in Improving Electronic Word Of Mouth ( E-Wom ) In Bank. International Journal of Artificial Intelegence Research, 6(1). https://doi.org/10.29099/ijair.v6i1.293

Asse, R. A. A. (2018). Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank Di Makassar) Online Marketing Strategy (Case Study Of Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank In Makassar). Jurnal Komunikasi KAREBA, 7(2), h. 220.

Asse, Ridho Azlam Ambo. “Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus FacebookMarketing Warung Bakso Mas Cingkrank Di Makassar).” Komunikasi KAREBA7, no. 2 (2018): 219–231

Arifin, Rita Wahyuni. “Peran Facebook Sebagai Media Promosi DalamMengembangkan Industri Kreatif.” Bina Insani 2, no. 2 (2015): 117–126

Batubara, C., & Harahap, I. (2022). Halal Industry Development Strategies Muslims ’ Responses and Sharia Compliance In Indonesia. Journal of Indonesia Islam, 16(01), 103–132. https://doi.org/10.15642/JIIS.2022.16.1.103-132

Bella Dwi. (2021). Strategi Pemasaran Live Facebook Untuk Meningkatkan Daya Minat Konsumen (Studi Kasus Pada Toko Dasterkecekuu Ds. Banaran, Kec. Kaumanm, Kab. Tulungagung. Skripsi UINSU.

Bestari, N. P. (2023). Ogah Disebut Medsos Orang Tua, Facebook Lakukan Ini. Https://Www.Cnbcindonesia.Com/. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230511120951-37-436510/ogah-disebut-medsos-orang-tua-facebook-lakukan-ini

Budi Dharma, Lia Purnama Sari, & Zahrina Ghaisany Pulungan. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keberhasilan Usaha. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(4), 216–225. https://doi.org/10.55606/jekombis.v1i4.942

Cahyani, P. D., Utami, N., & Lestari, S. B. (2022). Pengaruh Word of Mouth, Kesadaran Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Mie Gacoan di Yogyakarta). Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 851–866.

CNN Indonesia. (2022). Kenapa Facebook Makin Ditinggalkan Remaja? Cnnindonesia-Com.

Eris Dwiyanti, Nurul, dan W. (2018). Pengaruh Persepsi Kualitas, Nama Merek Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Effect of Quality Perception , Brand Name , and. 8(2).

Ekasari, novita.2014.Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jasa Pembiayaan Kendaraan Pada PT. BFI FINANCE Jambi.Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora.Vol. 16.No.2 hal 81-102.

Fahlevi, P., & Dewi, A. O. P. (2019). Analisis Aplikasi Ijateng Dengan Menggunakan Teori Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(2), 103–111.

Fitriyanitin Dyah Utami. (2018). Pemanfaatan jejaring sosial (facebook) sebagai media bisnis online (studi kasus batik solo 85). https://ijns.org/journal/index.php/seruni/article/view/497

Fitriyani Riyantoro dan Ati Harmon. (2020). Efektivitas iklan melalui jejaring sosial sebagai salah satu strategi pemasaran Keripik Pedas Maicih. https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/pesat/article/view/923

Gemilang. (2011). Peran Facebook sebagai Media Komunikasi Bisnis Online(Studi Deskriptif Kualitatif Peran Facebook sebagai Media Komunikasi Bisnis Online. https://core.ac.uk/display/12217063

Hasan, M., Musa, C.I., Arismunandar, Tahir, T., Azis, M. 2019. Entrepreneurship Education, Family Capital, and Family Business Performance in Makassar, South Sulawesi, Indonesia. International Journal of Science & Engineering Development Research, 4(6), 269-272.

Hasan, M. 2018. Pembinaan ekonomi kreatif dalam perspektif pendidikan ekonomi. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEKPEND) Volume 1, No. 1 Januari 2018 p-ISSN: 2614-2139; e-ISSN: 2614- 1973.

Ira Promasanti Rachmadewi, Auliya Firdaus, Qurtubi, Q., Wahyudhi Sutrisno, & Chancard Basumerda. (2021). Analisis Strategi Digital Marketing pada Toko Online Usaha Kecil Menengah. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 7(2), 121–128. https://doi.org/10.30656/intech.v7i2.3968

Kartini, K., Ningrum, I. M., Sari, J. E., & Khoirunnisa, K. (2022). Penelitian tentang Facebook. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 146–153.

Kurniadi, W., & Dirgahayu, T. (2019). Analisis Faktor-Faktor Stimulus Facebook Live Marketing Berdasarkan Perspektif Kerangka Kerja Stimulus-Organism-Response (SOR). Prosiding Semnas Inotek (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 3(1), 1–10.

Muhammad. 2018. Pendidikan Ekonomi Informal: Bagaimana Pendidikan Ekonomi Membentuk Pengetahuan Pada Bisnis Keluarga?. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEKPEND) Volume 1, No. 2 Juli 2018 p-ISSN: 2614- 2139; e-ISSN: 2614-1973.

Nafsyah, A. S., Maulidyah, S. R., Nurlia, A. S., & Adhyanti, W. P. (2022). Analisis Konten Media Sosial Instagram By.U Sebagai Media Penyebaran Informasi & Komunikasi. MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 1. https://doi.org/10.35842/massive.v2i2.57

Nasution, M. I. P., Nurbaiti, N., Nurlaila, N., Rahma, T. I. F., & Kamilah, K. (2020). Face Recognition Login Authentication for Digital Payment Solution at COVID-19 Pandemic. 2020 3rd International Conference on Computer and Informatics Engineering, IC2IE 2020, 48–51. https://doi.org/10.1109/IC2IE50715.2020.9274654

Nepomuceno-Fernández, Á., Magnani, L., Salguero-Lamillar, F. J., Barés-Gómez, C., & Fontaine, M. (n.d.). Studies in Applied Philosophy, Epistemology and Rational Ethics Model-Based Reasoning in Science and Technology Inferential Models for Logic, Language, Cognition and Computation. http://www.springer.com/series/10087

Nufus, H., & Handayani, T. (2022). Strategi Promosi Dengan Memanfaatkan Media Sosial Tiktok Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada TN Official Store). Jurnal EMT KITA, 6(1), 21–34. https://doi.org/10.35870/emt.v6i1.483

Novita Ekasari. (2021). Pengaruh promosi sosial media terhadap keputusan pembelian produk jasa pembiayaan kendaraan PT. BFI FINANCE JAMBI. https://www.neliti.com/id/publications/43450/pengaruh-promosi-berbasis-sosial-media-terhadap-keputusan-pembelian-produk-jasa

Nyaki Everlena Sauyai, Nolly S. Londa, Edmon Royan Kalesaran. 2017. Manfaat Jejaring Sosial Facebookbagi Mahasiswa Asal Papua Yang Kuliah Di Fispol Universitas Sam Ratulangi Manado. e-journal “Acta Diurna” Volume VI. No. 2. Tahun 2017. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/16204/15708

Permadi, C., & Gifari, A. (2022). Penggunaan Fitur Media Sosial Live Dan Ads Dalam Promosi Produk Bisnis. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 4(3), 56–64. https://doi.org/10.54783/jin.v4i3.594

Piranda, D. R., Sinaga, D. Z., & Putri, E. E. (2022). Online Marketing Strategy in Facebook Marketplace As a Digital Marketing Tool. Journal of Humanities, Social Sciences and Business (Jhssb), 1(3), 1–8. https://doi.org/10.55047/jhssb.v1i2.123

Pirmansyah. (2022). Efektivitas Pemanfaatan Jejaring Sosial (Facebook) Sebagai Media Bisnis Online Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Toko Furniture Di Kabupaten Pesisir Barat). 1–70.

Prasetyo, D. (2021). 10.47521 Pemanfaatan Facebook Marketing Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Umkm Tembilahan. Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 7(2), 103–111. https://doi.org/10.47521/selodangmayang.v7i2.204

Prasetyo, D. Y., Yunita, F., & Muni, A. (2021). 10.47521 Pemanfaatan Facebook Marketing Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Umkm Tembilahan. Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 7(2), 103–111. https://doi.org/10.47521/selodangmayang.v7i2.204

Rahmadyah, N., & Aslami, N. (2022). Strategi Manajemen perubahan perusahaan di era transformasi digital. JEBDEKER: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Bisnis Digital, Ekonomi Kreatif, Entrepreneur, 2(2), 78–83. https://doi.org/10.56456/jebdeker.v2i2.117

Retnasari, D. (2021). Instagram Sebagai Media Promosi Pada Mata Kuliah Produksi Busana Konveksi. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 16(1), 1–6. https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/44644%0Ahttps://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/viewFile/44644/16651

Rosyadi S, I., Sumardi, S., & Erniwati, E. (2023). Penggunaan Siaran Langsung (Live) Facebook Sebagai Media Komunikasi Pemasaran (Studi Kasus Pada Toko Online Qiqah Shop di Makassar). Jurnal Inovasi Dan Pelayanan Publik Makassar, 7(1), 39–23. https://bppd-makassar.e-journal.id/inovasi-dan-pelayanan-publik/article/view/92

Satriani. (2019). Strategi Promosi Produk Onlinde Video Marketing Di Kota Parepare (Analisis Hukum Ekonomi Islam. IAINPARE.

Samantha, R., & Almalik, D. (2019). Pengaruh Iklan Sosial Media terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Lingkungan Universitas Bali Internasional. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(2), 58–66.

Simamora, J. (2022). Pemanfaatan Facebook Live Sebagai Social Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan. (Studi Kasus: Akun FB Vany Songket Tangerang) Jumadal. 315–327.

Siregar, L. Y., & Nasution, M. I. P. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online. HIRARKI Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (HJIMB), 02(01), 71–75. http://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki%0APERKEMBANGAN

Siregar, R., Ritonga, P., Muda, I., & Sumitra, A. (2022). Professional Ethics and Responsibilities for Business Valuation , Business Ownership Interest , Security , or Intangible Assets in Pharmaceutical Companies. Journal of Pharmaceutical Negative Results, 13(9), 1572–1576. https://doi.org/10.47750/pnr.2022.13.S09.193

Sulistyani, T., Azwina, D., Suntari, E., Ekonomi, F., Pamulang, U., Surya, J., No, K., Barat, P., & Kunci, K. (2020). Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Meningkatkan Ekonomi Keluarga Melalui Bisnis Online Keywords : dengan sengaja atau tidak sengaja terbentuk dengan sendirinya . Dalam konteks ini pertumbuhan masyarakat itu . Tetapi ada pula yang di susun dengan sengaja . 1(1), 1–22.

Suryani, L., & Murniyasih, E. (2021). Analisis Penerimaan Aplikasi E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Elektro Luceat, 7(1), 111–118. https://doi.org/10.20885/unilib.Vol14.iss1.art3

Susmita, D. A., Hasibuan, A., & Suhairi, S. (2021). Membuat Komunikasi Efektif Dalam Ekonomi Bisnis dan Kehidupan Sosial. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 2(2), 98–109. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v1i2.490

Trihandayani, A., & Abdillah, L. A. (2018). Analisis Penerimaan Pengguna Dalam Memanfaatkan Media Sosial Terhadap Usaha Kecil Menengah Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (Tam). Bina Darma Conference on Computer Science, September, 2214–2221.

Ursava, F. (2022). Technology Acceptance Research in Education | SpringerLink. https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-94-6091-487-4_1

Waluyo, R., Pritama, A. D., & Nugroho, L. (2020). Video Profil Pondok Modern Az-Zahra Al Gontory sebagai Media Promosi di Platform Sosial Media Facebook Menggunakan Facebook Ads. Jurnal Teknologi Informasi, 6(2), 139-147.

Wiridjati, W., & Roesman, R. R. (2018). Fenomena Penggunaan Media Sosial dan Pengaruh Teman Sebaya pada Generasi Milenial terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 11(2), 275-290.

Yudhana, A., Riadi, I., & Anshori, I. (2018). Analisis Bukti Digital Facebook Messenger Menggunakan Metode Nist. It Journal Research and Development, 3(1), 13–21. https://doi.org/10.25299/itjrd.2018.vol3(1).1658

Zainal, H., Parinsi, K.W., Hasan, M., Said, F., and Akib, H. (2018). The influence of strategic assets and market orientation to the performance of family business in Makassar City, Indonesia. Academy of Strategic Management Journal, 17 (6).

Zainal. (2011). Facebook Marketing dalam Komunikasi Seruni FTI UNSA 2012 Volume 1 ISSN: 2302-1136 (Print) - 2088-0154 (Online).

Zainal Abidin Achmad, dkk. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pemasaran Produk UMKM Di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. https://jurnalfdk.uinsby.ac.id/index.php/JIK/article/view/359

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

Perdana Putri, L. ., Nurbaiti, N., & Aisyah, S. . (2024). Pemanfaatan Fitur Live Facebook Sebagai Media Bisnis Online Dalam Meningkatkan Penjualanan. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 18(3), 1118–1133. https://doi.org/10.32534/jv.v18i3.4990