PEMANFAATAN FITUR LIVE FACEBOOK SEBAGAI MEDIA BISNIS ONLINE DALAM MENINGKATKAN PENJUALANAN

Authors

  • Lestari Perdana Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurbaiti Nurbaiti Fakultas Ekonomi Bisnis dan Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Siti Aisyah Fakultas Ekonomi Bisnis dan Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v18i3.4990

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pemanfaatan fitur live Facebook sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan, dengan fokus pada analisis kualitatif berdasarkan Teori Penerimaan Teknologi (TAM). Penelitian ini bertujuan untuk memahami persepsi pelaku usaha terhadap fitur live Facebook dalam meningkatkan penjualan bagi tiga pelaku usaha di Medan yang menggunakan platform tersebut. Metode penelitian kualitatif digunakan melalui wawancara mendalam dan analisis konten dari pengguna fitur live Facebook. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor persepsi kemudahan penggunaan dan manfaat yang dirasakan oleh para pelaku usaha memainkan peran penting dalam mendorong penggunaan fitur Live Facebook. Interaksi langsung dengan pelanggan melalui siaran langsung menjadi kunci dalam membangun hubungan yang lebih dekat dan memperkuat kepercayaan. Penelitian ini juga menggambarkan bagaimana interaksi sosial dalam konteks pemasaran online mampu membentuk persepsi positif terhadap teknologi, mengoptimalkan pemanfaatan fitur Live Facebook untuk meningkatkan penjualan dan berinteraksi dengan pelanggan secara lebih efektif.

Kata Kunci: Media Sosial, Facebook, Bisnis Online

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

Perdana Putri, L. ., Nurbaiti, N., & Aisyah, S. . (2024). PEMANFAATAN FITUR LIVE FACEBOOK SEBAGAI MEDIA BISNIS ONLINE DALAM MENINGKATKAN PENJUALANAN . Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 18(3), 1118–1133. https://doi.org/10.32534/jv.v18i3.4990