Faktor Yang Mempengaruhi Purchase Intention Pada E-Commerce Dimediasi Oleh Brand Image

Authors

  • Olivia Lysion Fakultas Bisnis dan Manajemen, Universitas Internasional Batam, Batam, Indonesia
  • Immanuel Zai Fakultas Bisnis dan Manajemen, Universitas Internasional Batam, Batam, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v19i1.4981

Abstract

Dalam menghadapi persaingan yang semakin intensif di pasar, semakin banyak perusahaan yang membuat situs web e-commerce untuk menawarkan produk mereka. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa faktor yang mempengaruhi niat beli yang dimediasi oleh citra merek pada e-commerce di Kota Batam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kausal komparatif serta teknik pengambilan sampelnya adalah non-probability purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuisioner kepada 300 responden yang pernah menggunakan dan melakukan berbelanja online melalui e-commerce dengan kisaran umur 18-45 tahun di Kota Batam. Untuk analisis pengolahan data melalui aplikasi SMART-PLS. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa keinginan konsumen untuk membeli secara konsisten dipengaruhi oleh Brand Ambassador dan citra merek, sedangkan niat mereka untuk membeli tidak dipengaruhi secara signifikan oleh kesadaran merek atau Pemasaran Digital. Selain itu, Duta Merek dan Pemasaran Digital memiliki dampak yang sangat menguntungkan terhadap citra merek, sedangkan kesadaran merek memiliki dampak negatif yang signifikan. Demikian juga, Citra Merek bertindak sebagai mediator antara Duta Merek, Pemasaran Digital, dan Niat Beli; namun, Kesadaran Merek dan Niat Beli tidak dimediasi oleh Citra Merek.

Kata Kunci: Duta Merek, Kesadaran Merek, Pemasaran Digital, Niat Membeli, Citra Merek

Keywords:

Brand Ambassador, Brand Awareness, Digital Marketing, Purchase Intention, Brand Image

References

A. Shimp, Terence. and J. Craig, Andrews. 2013. Advertising, Promotion, and other aspects of

Integrated Marketing Communications. Cengage Learning. All Rights Reserved.

Akbar, M. A., & Alam, S. N. (2020). E-COMMERCE: Dasar Teori Dalam Bisnis Digital. Yayasan

Kita Menulis.

Alwan, M., & Alshurideh, M. T. (2022). The effect of digital marketing on purchase intention:

Moderating effect of brand equity. International Journal of Data and Network Science, 6(3),

–848. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.2.012

Apriadi, Deni dan Saputra, A. Y., (2017). E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya

Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI Vol. 1 No. 2. Lubuklinggau:

STMIK Bina Nusantara Jaya

Asi, K. J. M., & Hasbi, I. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Dan Brand Image Terhadap

Minat Beli Konsumen Pada Aplikasi Bukalapak. EProceedings of Management, 8(1), 437–447.

https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/viewFile/1

/14165

Astari, N. (2021). A Literature Review: Digital Marketing Trends in Indonesia During the COVID-19

Pandemic. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 9(2), 125.

https://doi.org/10.12928/channel.v9i2.20836

Botha, E., & Reyneke, M. (2016). The Influence of Social Presence on Online Purchase Intention: An

Experiment with Different Product Types. Developments in Marketing Science: Proceedings of

the Academy of Marketing Science, 180–183. https://doi.org/10.1007/978-3-319-24184-

_49/COVER

Cahaya Pratiwi, A., Ayu Nofirda, F., & Akhmad, I. (2022). PENGARUH DIGITAL MARKETING,

KEPERCAYAAN MEREK DAN KEPUASAAN PELANGGAN TERHADAP MINAT BELI

PRODUK IMPORT PADA E-COMMERCE ALIEXPRESS [THE INFLUENCE OF DIGITAL

MARKETING, BRAND TRUST AND CUSTOMER SATISFACTION ON BUYING

INTEREST OF IMPORTED PRODUCTS ON E-COMM. DeReMa (Development Research of

Management): Jurnal Manajemen, 17(2), 223–241.

https://doi.org/10.19166/DEREMA.V17I2.5282

Damayanti, S., Chan, A., & Barkah, C. S. (2021). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Brand

Image My Pangandaran Tour and Travel. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 852–862.

https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p852-862

Dewi, L. G. P. S., Edyanto, N., & Siagian, H. (2020). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui

pengaruh Citra Merek (Brand Image), Kualitas Produk, dan Desain Produk Terhadap

Keputusan Pembelian pada Produk Batik Mukti Rahayu di Kabupaten Magetan. Populasi dalam

penelitian ini adalah seluruh pembeli Batik M (Vol. 76, Issue SHS Web Conferences).

Erwin, E. (2022). Pengaruh Social Media, Electronic Word of Mouth, Brand Image, dan Perceived

Value terhadap Purchase Intention Konsumen pada Situs Online Tokopedia. Jurnal Manajemen

Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(1), 56–61. https://doi.org/10.24912/JMBK.V6I1.16355

Fahmi, M., Arif, M., Farisi, S., & Purnama, N. I. (2019). Peran Brand Image dalam Memediasi

Pengaruh Social Media Marketing terhadap Repeat Purchase pada Fast-Food Restaurant di Kota

Medan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 53–68.

https://doi.org/10.33059/jseb.v11i1.1722

Febriyantoro, M. T. (2020). Exploring YouTube Marketing Communication: Brand awareness, brand

image and purchase intention in the millennial generation. Cogent Business and Management,

(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1787733

Firmansyah, D. W. (2019). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Media Sosial melalui Brand

Ambassador pada Cakekinian. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(2).

Firmanza, M. H. D., & Artanti, Y. (2022). Online Buying Intentions of Shopee Consumers: the

Influence of Celebrity Endorsement, Social Media Marketing, and Brand Image. Jurnal

Manajemen Pemasaran, 16(2), 87–95. https://doi.org/10.9744/pemasaran.16.2.87-95

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares konsep, teknik dan aplikasi menggunakan

program smartpls 3.0 untuk penelitian empiris. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Griffin, E., Ledbetter, A., & Sparks, G. (2015). Communication Privacy Management Theory of

Sandra Petronio. A First Look at Communication Theory (Ninth Ed., Pp. 151-163). New York,

NY: McGraw-Hill Education.

Hasan, G., & Elviana, E. (2022). Effect of Brand Image, Celebrity Endorsement, EWOM, Brand

Awareness and Social Media Communication on Purchase Intention with Brand Trust as a

Mediation Variable on Smartphone Users in Batam City. Conference on Business, Social

Sciences and Technology (CoNeScINTech), 2(1), 153–161.

https://journal.uib.ac.id/index.php/conescintech/article/view/6893

Indra, C. (2018). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Purchase Intention dengan Brand Image Dan

Perceived Service Quality Sebagai Variabel Intervening Pada Program Kpr Bersubsidi Di

Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1), 1. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.1.1-9

Indriartoro, N., & Supomo, B. (2016). Metodologi Penelitian Untuk Akuntansi Dan Manajemen

(Edisi 1). Jakarta: BPFE.

Isna, K., Bagus, I., Udayana, N., Tria, L., & Hutami, H. (2022). ANALISIS DAYA TARIK BRAND

AMBASSADOR SONG JOONG KI DAN DIGITAL MARKETING DALAM

MENINGKATKAN PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI

VARIABLE INTERVENING (Studi Kasus pada Konsumen Produk Scarlett Whitening di Kota

Yogyakarta). PERFORMANCE: Jurnal Bisnis & Akuntansi, 12(2), 88–109.

https://doi.org/10.24929/FEB.V12I2.1652

Kaihatu, T. S. (2020). PURCHASE INTENTION OF FASHION PRODUCT AS AN IMPACT OF

DIGITAL MARKETING, MEDIATED BY CUSTOMER ENGAGEMENT IN THE

GENERATION Z. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(2), 61–66.

https://doi.org/10.9744/PEMASARAN.14.2.61-66

Keller, K. L. (2008). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand

Equity. Pearson/Prentice Hall. https://books.google.co.id/books?id=32FyPwAACAAJ

Kesumahati, E., & Febrianti, F. (2022). THE INFLUENCE OF ADVERTISING, CELEBRITY

ENDORSEMENT, BRAND AWARENESS, AND BRAND IMAGE ON PURCHASE

INTENTION OF LOCAL SKINCARE PRODUCTS. CoMBInES - Conference on Management,

Business, Innovation, Education and Social Sciences, 2(1), 289–303.

https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/6628

Komang Candra Dewi, L., Triatma Mulya, U., & Bali Suwignyo Widagdo STIE Mandala Luh Kadek

Budi Martini STIE BIITM Denpasar Ida Bagus Raka Suardana, D. (2022). PENGARUH

DIGITAL MARKETING DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP

KEPUTUSAN WISATAWAN DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI.

EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 6(2), 243–270–243–270.

https://doi.org/10.24034/J25485024.Y2022.V6.I2.5205

Kotler, P. (2007). Marketing management. Pearson.

https://books.google.co.id/books?id=Jtj4hCr1vNUC

Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2016). A framework for marketing management. Pearson Boston, MA.

Kusuma Wardani, A. A., & Istiyanto, B. (2022). Peran Brand Ambassador, Brand Image, Dan Harga

Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Co-Branding Samsung X Bts). Jurnal Ilmiah

Edunomika, 6(1), 551. https://doi.org/10.29040/jie.v6i1.4645

Larasari, E., Lutfi, & Mumtazah, L. (2018). Pengaruh Brand Ambassador Dan Event Sponsorship

Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Sains: Jurnal

Manajemen Dan Bisnis, 11(1), 261–280.

McKinsey. (2018). The digital archipelago: How online commerce is driving Indonesia’s economic

development. McKinsey.

Nasri, H. (2020). PENGARUH BRAND AMBASSADOR BTS TERHADAP PURCHASE

INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH BRAND AWARENESS TOKOPEDIA DI

INDONESIA. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(2).

https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6768

Nathasa, N., & Budiyanto, B. (2022). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN EVENT

SPONSORSHIP TERHADAP BRAND IMAGE PRODUK MINUMAN NU GREEN TEA.

Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 11(7).

http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/4721

Ningrum, S. P., & Tobing, R. P. (2022). Pengaruh Viral Marketing dan Brand Awareness Terhadap

Purchase Intention Produk Skincare Brand Korea Selatan. OPTIMAL: Jurnal Ekonomi Dan

Manajemen, 2(4), 174–188. https://doi.org/10.55606/OPTIMAL.V2I4.719

Nurunnisha, G. A., & Roespinoedji, R. (2021). Perceptions on The Effect of Country of Origin, Brand

Ambassador on Purchase Intentions: A Study on The Geographical Origin of Tokopedia ECommerce Company. Review of International Geographical Education (RIGEO), 11(1), 573.

https://doi.org/10.48047/rigeo.11.1.41

Oktaviani, N., & ZA, S. Z. (2021). Pengaruh brand ambassador blackpink• terhadap purchase

intention melalui brand image. INOVASI, 17(3), 395–402.

https://doi.org/10.30872/JINV.V17I3.9487

Parama A.P, D. A., & Seminari, N. K. (2020). Pengaruh Brand Image Dalam Memediasi Electronic

Word of Mouth Terhadap Purchase Intention Pada Pengguna Traveloka. E-Jurnal Manajemen

Universitas Udayana, 9(1), 139. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i01.p08

Petty, R. E., Cacioppo, J. T., Petty, R. E., & Cacioppo, J. T. (1986). The elaboration likelihood model

of persuasion. Springer.

Pham, H., & Nguyen, T. (2019). The effect of website quality on repurchase intention with the

mediation of perceived value: The case study of online travel agencies in Vietnam. Journal of

Global Business Insights, 4(1), 78–91. https://doi.org/10.5038/2640-6489.4.1.1041

Pramudya, A. K., Sudiro, A., & Sunaryo, S. (2018). the Role of Customer Trust in Mediating

Influence of Brand Image and Brand Awareness of the Purchase Intention in Airline Tickets

Online. Jurnal Aplikasi Manajemen, 16(2), 224–233.

https://doi.org/10.21776/ub.jam.2018.016.02.05

Prastiwi, F. T. R., Ratnaningsih, C. S., Windhyastiti, I., & Khouroh, U. (2020). Analisis Pengaruh

Tren Budaya, Brand Ambassador dan Harga terhadap Purchase Intention. Jurnal Bisnis Dan

Manajemen, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.26905/JBM.V7I1.4222

Priatni, S. B., Hutriana, T., & Hindarwati, E. N. (2019). Pengaruh Social Media Marketing terhadap

Purchase Intention dengan Brand Awareness sebagai Variable Intervening pada Martha Tilaar

Salon Day Spa. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan (Journal of Economics,

Management and Banking), 5(3), 145. https://doi.org/10.35384/jemp.v5i3.165

Puthussery, A. (2020). Digital marketing: an overview.

Putri, Y. I., Pradana, M., Utami, F. N., Nugraha, D. W., & Karnovi, R. (2021). The influence of brand

ambassador on e-commerce purchase intention. Proceedings of the International Conference on

Industrial Engineering and Operations Management, September 2020, 6848–6855.

https://doi.org/10.46254/an11.20211179

Riyadh, M., Adam, R., Handra, T., & Annas, M. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser dan Periklanan

Terhadap Brand Image (Peran Digital Marketing). Technomedia Journal, 7(2 October), 189–

https://doi.org/10.33050/TMJ.V7I2.1905

Saraswati, C., Suharno, & Achmad, G. N. (2020). the Effect of Advertising Attractiveness and

Celebrity Endorser on Brand Image and Buying Intention of Shampoo Pantene. Procuratio:

Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2), 216–226.

Setiawan, L. (2018). PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP PURCHASE

INTENTION DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA

PRODUK GREEN TEA ESPRECIELO ALLURE. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1),

?60-53?60. https://doi.org/10.9744/PEMASARAN.12.1.53

Sigar, E. T., Massie, J. D. D., & ... (2021). the Influence of Consumer Behavior and Digital Marketing

on Purchase Decision At Grabfood in Manado. Jurnal EMBA: Jurnal …, 9(4), 53–64.

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/36133

Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan

R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225, 87.

Utami, S. P., Setyowati, N., & Mandasari, P. (2020). Celebrity Brand Ambassador and e-WOM as

Determinants of Purchase Intention: A Survey of Indonesian Celebrity Cake. E3S Web of

Conferences, 142, 05001. https://doi.org/10.1051/E3SCONF/202014205001

Wedayanti, K. A., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh

Electronic Word of Mouth Dan Brand Awareness Terhadap Niat Beli. E-Jurnal Manajemen

Universitas Udayana, 9(6), 2434. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i06.p19

Widi, S. (2022). Daftar E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak per Kuartal I/2022.

Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/daftar-ecommerce-dengan-pengunjungterbanyak-per-kuartal-i2022

Wulandari, S. P., Hutauruk, W. R. B., & Prasetyaningtyas, S. W. (2021). Pengaruh Brand

Ambassador Terhadap Purchase Intention Yang Dimediasi Brand Image Dan Brand Awareness.

Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 12(2), 127–138.

https://doi.org/10.17509/JIMB.V12I2.38727

Yaseen, S. &, & Mazahir, I. (2019). Impact of Corporate Credibility, Brand Awareness, Brand Image

and Brand Loyalty on Purchase Intention in the Telecommunication Sector of Karachi. Journal

of Indonesian Economy and Business, 12(1), 86–100.

Yunus, M., Saputra, J., & Muhammad, Z. (2022). Digital marketing, online trust and online purchase

intention of e-commerce customers: Mediating the role of customer relationship management.

International Journal of Data and Network Science, 6(3), 935–944.

https://doi.org/10.5267/J.IJDNS.2022.2.003

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

Lysion, O., & Zai, I. (2024). Faktor Yang Mempengaruhi Purchase Intention Pada E-Commerce Dimediasi Oleh Brand Image. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 19(1), 74–91. https://doi.org/10.32534/jv.v19i1.4981