Faktor Yang Mempengaruhi Purchase Intention Pada E-Commerce Dimediasi Oleh Brand Image
DOI:
https://doi.org/10.32534/jv.v19i1.4981Abstract
Dalam menghadapi persaingan yang semakin intensif di pasar, semakin banyak perusahaan yang membuat situs web e-commerce untuk menawarkan produk mereka. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa faktor yang mempengaruhi niat beli yang dimediasi oleh citra merek pada e-commerce di Kota Batam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kausal komparatif serta teknik pengambilan sampelnya adalah non-probability purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuisioner kepada 300 responden yang pernah menggunakan dan melakukan berbelanja online melalui e-commerce dengan kisaran umur 18-45 tahun di Kota Batam. Untuk analisis pengolahan data melalui aplikasi SMART-PLS. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa keinginan konsumen untuk membeli secara konsisten dipengaruhi oleh Brand Ambassador dan citra merek, sedangkan niat mereka untuk membeli tidak dipengaruhi secara signifikan oleh kesadaran merek atau Pemasaran Digital. Selain itu, Duta Merek dan Pemasaran Digital memiliki dampak yang sangat menguntungkan terhadap citra merek, sedangkan kesadaran merek memiliki dampak negatif yang signifikan. Demikian juga, Citra Merek bertindak sebagai mediator antara Duta Merek, Pemasaran Digital, dan Niat Beli; namun, Kesadaran Merek dan Niat Beli tidak dimediasi oleh Citra Merek.
Kata Kunci: Duta Merek, Kesadaran Merek, Pemasaran Digital, Niat Membeli, Citra Merek
Keywords:
Brand Ambassador, Brand Awareness, Digital Marketing, Purchase Intention, Brand ImageReferences
A. Shimp, Terence. and J. Craig, Andrews. 2013. Advertising, Promotion, and other aspects of
Integrated Marketing Communications. Cengage Learning. All Rights Reserved.
Akbar, M. A., & Alam, S. N. (2020). E-COMMERCE: Dasar Teori Dalam Bisnis Digital. Yayasan
Kita Menulis.
Alwan, M., & Alshurideh, M. T. (2022). The effect of digital marketing on purchase intention:
Moderating effect of brand equity. International Journal of Data and Network Science, 6(3),
–848. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.2.012
Apriadi, Deni dan Saputra, A. Y., (2017). E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya
Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI Vol. 1 No. 2. Lubuklinggau:
STMIK Bina Nusantara Jaya
Asi, K. J. M., & Hasbi, I. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Dan Brand Image Terhadap
Minat Beli Konsumen Pada Aplikasi Bukalapak. EProceedings of Management, 8(1), 437–447.
https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/viewFile/1
/14165
Astari, N. (2021). A Literature Review: Digital Marketing Trends in Indonesia During the COVID-19
Pandemic. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 9(2), 125.
https://doi.org/10.12928/channel.v9i2.20836
Botha, E., & Reyneke, M. (2016). The Influence of Social Presence on Online Purchase Intention: An
Experiment with Different Product Types. Developments in Marketing Science: Proceedings of
the Academy of Marketing Science, 180–183. https://doi.org/10.1007/978-3-319-24184-
_49/COVER
Cahaya Pratiwi, A., Ayu Nofirda, F., & Akhmad, I. (2022). PENGARUH DIGITAL MARKETING,
KEPERCAYAAN MEREK DAN KEPUASAAN PELANGGAN TERHADAP MINAT BELI
PRODUK IMPORT PADA E-COMMERCE ALIEXPRESS [THE INFLUENCE OF DIGITAL
MARKETING, BRAND TRUST AND CUSTOMER SATISFACTION ON BUYING
INTEREST OF IMPORTED PRODUCTS ON E-COMM. DeReMa (Development Research of
Management): Jurnal Manajemen, 17(2), 223–241.
https://doi.org/10.19166/DEREMA.V17I2.5282
Damayanti, S., Chan, A., & Barkah, C. S. (2021). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Brand
Image My Pangandaran Tour and Travel. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 852–862.
https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p852-862
Dewi, L. G. P. S., Edyanto, N., & Siagian, H. (2020). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh Citra Merek (Brand Image), Kualitas Produk, dan Desain Produk Terhadap
Keputusan Pembelian pada Produk Batik Mukti Rahayu di Kabupaten Magetan. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh pembeli Batik M (Vol. 76, Issue SHS Web Conferences).
Erwin, E. (2022). Pengaruh Social Media, Electronic Word of Mouth, Brand Image, dan Perceived
Value terhadap Purchase Intention Konsumen pada Situs Online Tokopedia. Jurnal Manajemen
Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(1), 56–61. https://doi.org/10.24912/JMBK.V6I1.16355
Fahmi, M., Arif, M., Farisi, S., & Purnama, N. I. (2019). Peran Brand Image dalam Memediasi
Pengaruh Social Media Marketing terhadap Repeat Purchase pada Fast-Food Restaurant di Kota
Medan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 53–68.
https://doi.org/10.33059/jseb.v11i1.1722
Febriyantoro, M. T. (2020). Exploring YouTube Marketing Communication: Brand awareness, brand
image and purchase intention in the millennial generation. Cogent Business and Management,
(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1787733
Firmansyah, D. W. (2019). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Media Sosial melalui Brand
Ambassador pada Cakekinian. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(2).
Firmanza, M. H. D., & Artanti, Y. (2022). Online Buying Intentions of Shopee Consumers: the
Influence of Celebrity Endorsement, Social Media Marketing, and Brand Image. Jurnal
Manajemen Pemasaran, 16(2), 87–95. https://doi.org/10.9744/pemasaran.16.2.87-95
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares konsep, teknik dan aplikasi menggunakan
program smartpls 3.0 untuk penelitian empiris. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Griffin, E., Ledbetter, A., & Sparks, G. (2015). Communication Privacy Management Theory of
Sandra Petronio. A First Look at Communication Theory (Ninth Ed., Pp. 151-163). New York,
NY: McGraw-Hill Education.
Hasan, G., & Elviana, E. (2022). Effect of Brand Image, Celebrity Endorsement, EWOM, Brand
Awareness and Social Media Communication on Purchase Intention with Brand Trust as a
Mediation Variable on Smartphone Users in Batam City. Conference on Business, Social
Sciences and Technology (CoNeScINTech), 2(1), 153–161.
https://journal.uib.ac.id/index.php/conescintech/article/view/6893
Indra, C. (2018). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Purchase Intention dengan Brand Image Dan
Perceived Service Quality Sebagai Variabel Intervening Pada Program Kpr Bersubsidi Di
Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1), 1. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.1.1-9
Indriartoro, N., & Supomo, B. (2016). Metodologi Penelitian Untuk Akuntansi Dan Manajemen
(Edisi 1). Jakarta: BPFE.
Isna, K., Bagus, I., Udayana, N., Tria, L., & Hutami, H. (2022). ANALISIS DAYA TARIK BRAND
AMBASSADOR SONG JOONG KI DAN DIGITAL MARKETING DALAM
MENINGKATKAN PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI
VARIABLE INTERVENING (Studi Kasus pada Konsumen Produk Scarlett Whitening di Kota
Yogyakarta). PERFORMANCE: Jurnal Bisnis & Akuntansi, 12(2), 88–109.
https://doi.org/10.24929/FEB.V12I2.1652
Kaihatu, T. S. (2020). PURCHASE INTENTION OF FASHION PRODUCT AS AN IMPACT OF
DIGITAL MARKETING, MEDIATED BY CUSTOMER ENGAGEMENT IN THE
GENERATION Z. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(2), 61–66.
https://doi.org/10.9744/PEMASARAN.14.2.61-66
Keller, K. L. (2008). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand
Equity. Pearson/Prentice Hall. https://books.google.co.id/books?id=32FyPwAACAAJ
Kesumahati, E., & Febrianti, F. (2022). THE INFLUENCE OF ADVERTISING, CELEBRITY
ENDORSEMENT, BRAND AWARENESS, AND BRAND IMAGE ON PURCHASE
INTENTION OF LOCAL SKINCARE PRODUCTS. CoMBInES - Conference on Management,
Business, Innovation, Education and Social Sciences, 2(1), 289–303.
https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/6628
Komang Candra Dewi, L., Triatma Mulya, U., & Bali Suwignyo Widagdo STIE Mandala Luh Kadek
Budi Martini STIE BIITM Denpasar Ida Bagus Raka Suardana, D. (2022). PENGARUH
DIGITAL MARKETING DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP
KEPUTUSAN WISATAWAN DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI.
EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 6(2), 243–270–243–270.
https://doi.org/10.24034/J25485024.Y2022.V6.I2.5205
Kotler, P. (2007). Marketing management. Pearson.
https://books.google.co.id/books?id=Jtj4hCr1vNUC
Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2016). A framework for marketing management. Pearson Boston, MA.
Kusuma Wardani, A. A., & Istiyanto, B. (2022). Peran Brand Ambassador, Brand Image, Dan Harga
Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Co-Branding Samsung X Bts). Jurnal Ilmiah
Edunomika, 6(1), 551. https://doi.org/10.29040/jie.v6i1.4645
Larasari, E., Lutfi, & Mumtazah, L. (2018). Pengaruh Brand Ambassador Dan Event Sponsorship
Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Sains: Jurnal
Manajemen Dan Bisnis, 11(1), 261–280.
McKinsey. (2018). The digital archipelago: How online commerce is driving Indonesia’s economic
development. McKinsey.
Nasri, H. (2020). PENGARUH BRAND AMBASSADOR BTS TERHADAP PURCHASE
INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH BRAND AWARENESS TOKOPEDIA DI
INDONESIA. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(2).
https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6768
Nathasa, N., & Budiyanto, B. (2022). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN EVENT
SPONSORSHIP TERHADAP BRAND IMAGE PRODUK MINUMAN NU GREEN TEA.
Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 11(7).
http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/4721
Ningrum, S. P., & Tobing, R. P. (2022). Pengaruh Viral Marketing dan Brand Awareness Terhadap
Purchase Intention Produk Skincare Brand Korea Selatan. OPTIMAL: Jurnal Ekonomi Dan
Manajemen, 2(4), 174–188. https://doi.org/10.55606/OPTIMAL.V2I4.719
Nurunnisha, G. A., & Roespinoedji, R. (2021). Perceptions on The Effect of Country of Origin, Brand
Ambassador on Purchase Intentions: A Study on The Geographical Origin of Tokopedia ECommerce Company. Review of International Geographical Education (RIGEO), 11(1), 573.
https://doi.org/10.48047/rigeo.11.1.41
Oktaviani, N., & ZA, S. Z. (2021). Pengaruh brand ambassador blackpink• terhadap purchase
intention melalui brand image. INOVASI, 17(3), 395–402.
https://doi.org/10.30872/JINV.V17I3.9487
Parama A.P, D. A., & Seminari, N. K. (2020). Pengaruh Brand Image Dalam Memediasi Electronic
Word of Mouth Terhadap Purchase Intention Pada Pengguna Traveloka. E-Jurnal Manajemen
Universitas Udayana, 9(1), 139. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i01.p08
Petty, R. E., Cacioppo, J. T., Petty, R. E., & Cacioppo, J. T. (1986). The elaboration likelihood model
of persuasion. Springer.
Pham, H., & Nguyen, T. (2019). The effect of website quality on repurchase intention with the
mediation of perceived value: The case study of online travel agencies in Vietnam. Journal of
Global Business Insights, 4(1), 78–91. https://doi.org/10.5038/2640-6489.4.1.1041
Pramudya, A. K., Sudiro, A., & Sunaryo, S. (2018). the Role of Customer Trust in Mediating
Influence of Brand Image and Brand Awareness of the Purchase Intention in Airline Tickets
Online. Jurnal Aplikasi Manajemen, 16(2), 224–233.
https://doi.org/10.21776/ub.jam.2018.016.02.05
Prastiwi, F. T. R., Ratnaningsih, C. S., Windhyastiti, I., & Khouroh, U. (2020). Analisis Pengaruh
Tren Budaya, Brand Ambassador dan Harga terhadap Purchase Intention. Jurnal Bisnis Dan
Manajemen, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.26905/JBM.V7I1.4222
Priatni, S. B., Hutriana, T., & Hindarwati, E. N. (2019). Pengaruh Social Media Marketing terhadap
Purchase Intention dengan Brand Awareness sebagai Variable Intervening pada Martha Tilaar
Salon Day Spa. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan (Journal of Economics,
Management and Banking), 5(3), 145. https://doi.org/10.35384/jemp.v5i3.165
Puthussery, A. (2020). Digital marketing: an overview.
Putri, Y. I., Pradana, M., Utami, F. N., Nugraha, D. W., & Karnovi, R. (2021). The influence of brand
ambassador on e-commerce purchase intention. Proceedings of the International Conference on
Industrial Engineering and Operations Management, September 2020, 6848–6855.
https://doi.org/10.46254/an11.20211179
Riyadh, M., Adam, R., Handra, T., & Annas, M. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser dan Periklanan
Terhadap Brand Image (Peran Digital Marketing). Technomedia Journal, 7(2 October), 189–
https://doi.org/10.33050/TMJ.V7I2.1905
Saraswati, C., Suharno, & Achmad, G. N. (2020). the Effect of Advertising Attractiveness and
Celebrity Endorser on Brand Image and Buying Intention of Shampoo Pantene. Procuratio:
Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2), 216–226.
Setiawan, L. (2018). PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP PURCHASE
INTENTION DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA
PRODUK GREEN TEA ESPRECIELO ALLURE. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1),
?60-53?60. https://doi.org/10.9744/PEMASARAN.12.1.53
Sigar, E. T., Massie, J. D. D., & ... (2021). the Influence of Consumer Behavior and Digital Marketing
on Purchase Decision At Grabfood in Manado. Jurnal EMBA: Jurnal …, 9(4), 53–64.
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/36133
Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan
R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225, 87.
Utami, S. P., Setyowati, N., & Mandasari, P. (2020). Celebrity Brand Ambassador and e-WOM as
Determinants of Purchase Intention: A Survey of Indonesian Celebrity Cake. E3S Web of
Conferences, 142, 05001. https://doi.org/10.1051/E3SCONF/202014205001
Wedayanti, K. A., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh
Electronic Word of Mouth Dan Brand Awareness Terhadap Niat Beli. E-Jurnal Manajemen
Universitas Udayana, 9(6), 2434. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i06.p19
Widi, S. (2022). Daftar E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak per Kuartal I/2022.
Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/daftar-ecommerce-dengan-pengunjungterbanyak-per-kuartal-i2022
Wulandari, S. P., Hutauruk, W. R. B., & Prasetyaningtyas, S. W. (2021). Pengaruh Brand
Ambassador Terhadap Purchase Intention Yang Dimediasi Brand Image Dan Brand Awareness.
Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 12(2), 127–138.
https://doi.org/10.17509/JIMB.V12I2.38727
Yaseen, S. &, & Mazahir, I. (2019). Impact of Corporate Credibility, Brand Awareness, Brand Image
and Brand Loyalty on Purchase Intention in the Telecommunication Sector of Karachi. Journal
of Indonesian Economy and Business, 12(1), 86–100.
Yunus, M., Saputra, J., & Muhammad, Z. (2022). Digital marketing, online trust and online purchase
intention of e-commerce customers: Mediating the role of customer relationship management.
International Journal of Data and Network Science, 6(3), 935–944.