DETERMINAN CORPORATE TAX AGGRESSIVENESS: STUDI EMPIRIS SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI

Authors

  • Rohma Oktafiani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • M. Irfan Tarmizi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v18i3.4903

Abstract

Agresivitas pajak merupakan isu penting dalam upaya perusahaan meminimalkan beban pajak, berupa praktik perlawanan pajak, baik aktif maupun pasif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh profitabilitas, capital intesity, leverage, company size terhadap corporate tax aggressivenness. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Objek penelitian yaitu perusahaan manufaktur sub sektor industri barang konsumsi yang listed di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2022. Jumlah populasi sebanyak 74 perusahaan. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria yang sudah ditetapkan oleh peneliti, diperoleh sebanyak 21 yang memenuhi kriteria. Teknik analisa data adalah analisis data panel, menggunakan program Eviews 12 sebagai alat bantu analisis data. Riset ini mendapatkan hasil bahwa corporate tax aggressivenness tidak dipengaruhi oleh profitabilitas dan leverage. Sedangkan corporate tax aggressiveness dipengaruhi oleh capital intensity, dan company size secara positif dan signifikan.

Kata kunci: Profitabilitas, capital intensity, leverage, company size, corporate tax aggressiveness

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

Oktafiani, R. ., & Tarmizi, M. I. (2024). DETERMINAN CORPORATE TAX AGGRESSIVENESS: STUDI EMPIRIS SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 18(3), 1016–1027. https://doi.org/10.32534/jv.v18i3.4903