APLIKASI THEORY HIERARKI MASLOW TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN (Study Kasus PT. BINES RAYA Cabang Cirebon)

  • Gozali Gozali Gozali Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Miftahusururi Miftahusururi Miftahusururi Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dengan dilakukannya penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana motivasi mempengaruhi produktivitas kerja karyawan serta untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan mempengaruhi produktivitas kerja karyawan pada Perusahaan PT.BINES RAYA Cirebon. Dalam Penelitian Teori Motivasi yang digunakan adalah Teori Hierarki Maslow yang terbagi menjadi 5 kebutuhan diantaranya : Kebutuhan Fisiologis, Rasa aman, Sosial, Harga diri dan Aktualisasi diri.

Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan apakah motivasi mempengaruhi produktivitas kerja karyawan khususnya pada Perusahaan PT.BINES RAYA Cirebon serta variabel manakah yang paling dominan mempengaruhi produktivitas kerja karyawan pada Perusahaan PT.BINES RAYACirebon. Dalam penelitian ini sample yang digunakan adalah 25% dari total populasi yang berjumlah 200 Karyawan, yaitu 50 Responden. Dalam penelitian ini tehnik pengambilan datanya dengan mendistribusikan kuesioner.

Dari hasil analisis regresi yang dilakukan menunjukkan bahwa kelima variabel motivasi kerja terhadap produktivitas kerja, maka diperoleh kebutuhan fisiologis (X1) = 0.098, kebutuhan akan rasa aman (X2) = 0.181, kebutuhan sosial (X3) = 0.035, kebutuhan Harga diri (X4) = -0,260, kebutuhan aktualisasi diri (X5) = 0.185. Sedangkan variabel yang paling dominan mempengaruhi produktivitas kerja karyawan adalah kebutuhan Aktualisasi diri sebesar 0.185.

Berdasarkan uji t hitung didapatkan : yaitu kebutuhan fisiologis untuk nilai thitung sebesar (0,842) hasil ini tidak berengaruh bermakna terhadap produktivitas dimana nilai t table 2,015, kebutuhan akan rasa aman untuk nilai thitung sebesar (1,694) hasil ini tidak berengaruh bermakna terhadap produktivitas dimana nilai t table 2,015, kebutuhan sosial untuk nilai thitung sebesar (0,268) hasil ini tidak berengaruh bermakna terhadap produktivitas dimana nilai t table 2,015, kebutuhan Harga diri untuk nilai thitung sebesar (-1,949) hasil ini tidak berengaruh bermakna terhadap produktivitas dimana nilai t table 2,015, kebutuhan aktualisasi diri untuk nilai thitung sebesar (2,064) hasil ini berengaruh bermakna terhadap produktivitas dimana nilai t table 2,015. Namun berdasarkan uji f secara bersama-sama variabel Motivasi kebutuhan yaitu Fisiologis, Rasa aman, Sosial, Harga diri dan Aktualisasi diri berpengaruh terhadap  produktivitas kerja dilihat dari nilai fhitung > f tabel.  (4,581>2,427).

 

Kata Kunci : Kebutuhan Fisiologis, Kebutuhan akan Rasa Aman, Kebutuhan Sosial, Kebutuhan akan Prestasi, Kebutuhan Aktualisasi Diri, Produktivitas Kerja

Published
2019-06-19
How to Cite
Gozali, G., & Miftahusururi, M. (2019). APLIKASI THEORY HIERARKI MASLOW TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN (Study Kasus PT. BINES RAYA Cabang Cirebon). Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 12(2), 131-148. https://doi.org/10.32534/jv.v12i2.482