PENGARUH IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY (Studi Kasus Pada PD. BPR Ciwaringin Kabupaten Cirebon)
DOI:
https://doi.org/10.32534/jv.v12i2.481Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Implementasi Relationship Marketing terhadap Customer Loyality pada PD. BPR Ciwaringin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Variabel pengaruh Building Service Partnership (X1) dan Empowering Employess (X2) terhadap Customer Loyality pada PD. BPR Ciwaringin. Metode penelitian adalah penelitian survei dengan menyebar kuisioner. Populasi dalam penelitian kali ini berjumlah 1374 orang nasabah PD. BPR Ciwaringin Cirebon. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode solvin, yaitu sebanyak 93 orang nasabah PD BPR Ciwaringin Kabupaten Cirebon.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil sebagai berikut : Variabel kerjasama dengan nasabah (Building Service Partnership ) mempunyai nilai t sebesar 5,046 dengan nilai signifikansi 5,046> 0,2039, artinya kerjasama dengan nasabah (Building Service Partnership) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Loyalty nasabah PD BPR Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Variabel Pemberdayaan karyawan (Empowering Employess) mempunyai nilai t sebesar -0,447 dengan nilau signifikan 0,000 < 0,05 (-,447 < 0,2039), artinya pemberdayaan karyawan (Empowering Employess) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah PD BPR Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Hasil perhitungan secara simultan diperoleh nilai F sebesar 15,419 < 2,706 Dengan Nilai Signifikan 0,000 < 0,05 artinya variabel relationship marketing yang terdiri dari kerjasama dengan nasabah (Building Service Partnership) dan pemberdayaan karyawan (Empowering Employess) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas.
Kata kunci : Building Service Partnership, Empowering Employess and Customer Loyalty