PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KEMAMPUAN KERJA INDIVIDU TERHADAP PRESTASI KERJA PADA BANK BJB SYARIAH CABANG CIREBON

  • Aditya Kusuma Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstract

Terdapat beberapa kendala dalam penerapan budaya perusahaan untuk membangun budaya kerja dalam upaya meningkatkan kinerja pegawai di Bank BJB Syariah KC Cirebon yaitu Turn over pegawai, senioritas/ kesenjangan antara pegawai lama dengan pegawai baru, rasio pegawai baru lebih banyak daripada pegawai lama, kesenjangan level jabatan, disfungsional komitmen budaya perusahaan, resistensi/ penolakan terhadap perubahan, pemberlakuan reward and punishment belum berjalan jelas, adil dan konsisten. Menurut Huntington, budaya menentukan kemajuann setiap organisasi, tidak peduli apapun jenis organisasi tersebut (Zebua, 2009:3-4).           

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Variabel pengaruh budaya organisasi (X1) dan kemampuan kerja individu (X2) terhadap prestasi kerja pada bank bjb Syariah Cabang Cirebon. Metode penelitian adalah penelitian survei dengan menyebar kuisioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenih yaitu seluruh anggota populasi yang ada pada saat penelitian ini dilakukan akan terpilih sebagai sampling dengan 106 sampel di bjb Syariah Kantor Cabang Cirebon.

Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linier berganda dengan hasil  dan uji F dengan Fhitung sebesar 19.769 nilai signifikansi 0,000 < 0,05maka H0 ditolak dan H1diterima. Hal ini dibuktikan dengan nilai p-value (sig.t) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, dan nilai thitung > ttabel yaitu 11.554 > 1.98304. Hasil uji F tersebut menunjukkan bahwa nilai F hitung sebesar 1409.309 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000. Nilai ini kemudian dibandingkan dengan F tabel yang dihitung pada derajat bebas pembilang (df pembilang) sebesar 2 dan derajat bebas penyebut (df penyebut) sebesar 103 pada taraf 0,05 yang nilainya adalah 3.08, nilai R sebesar 0,982 menunjukkan bahwa tingkat pengaruh nilai budaya organisasi dan kemampuan kerja individu secara bersama-sama terhadap prestasi kerja.

Pengaruh budaya organisasi dan kemampuan kerja individu terhadap prestasi karyawan perlu diperhatikan salah satunya adalah dengan menanamkan dan mensosialisasikan tentang pentingnya budaya organisasi kepada tiap-tiap individu di perusahaan.

 

Kata kunci : budaya perusahaan, kemampuan individu, prestasi kerja, turn over, reward and punishment,

Published
2019-06-19
How to Cite
Kusuma, A. (2019). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KEMAMPUAN KERJA INDIVIDU TERHADAP PRESTASI KERJA PADA BANK BJB SYARIAH CABANG CIREBON. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 12(2), 95-107. https://doi.org/10.32534/jv.v12i2.479