Mengekplorasi Hubungan Kualitas Jasa Dan Kepuasan Siswa Program Pre-University Selama Pandemi Covid-19

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v18i2.4491

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi hubungan kausalitas di antara kualitas jasa terhadap kepuasan siswa pada program pre-university di masa pandemi COVID-19. Populasi penelitian ini adalah siswa program pre-university yang diselenggarakan oleh Jakarta International College (JIC). Purposive sampling technique diadaptasi dengan beberapa kriteria sampel yang ditetapkan, yaitu responden merupakan siswa program pre-university yang diselenggarakan oleh JIC. Siswa Foundation Year (FY) yang dijadikan sampel merupakan siswa yang menjalani studi di masa pandemi COVID-19, serta siswa yang menjalani studinya melalui media daring sejak tahun 2020 – 2022. Alat analisis statistik yang digunakan adalah regresi linear berganda, serta uji instrumen dan analisis statistik deskriptif. Data empiris diolah menggunakan SPSS versi 22. Hasil yang didapatkan adalah reliabilitas, daya tanggap, jaminan, serta empati atas kualitas jasa berpengaruh positif terhadap kepuasan siswa. Analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa keseluruhan siswa program FY menunjukkan persepsi sangat puas atas kualitas jasa yang diberikan. Selain itu, walaupun secara statistik deskriptif menunjukkan bahwa persepsi siswa masuk pada kategori puas hingga sangat puas, penelitian ini memberi implikasi manajerial kepada institusi penyelenggara program untuk terus meningkatkan dimensi jaminan kualitas jasa untuk kepuasan siswa.

 

Keywords:

Kualitas Jasa, Kepuasan Siswa, JIC, Foundation Year

References

Amin, M., & Nasharuddin, S. Z. (2013). Hospital service quality and its effects on patient satisfaction and behavioural intention. Clinical Governance, 18(3), 238–254. https://doi.org/10.1108/CGIJ-05-2012-0016

Anggraini, M. D., Wahyuni, S., & Totalia, S. A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Sekolah Terhadap Kepuasan Siswa SMA Negeri 1 Sumberlawang Kabupaten Sragen Tahun 2015/2016. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 2(1). https://doi.org/10.20961/bise.v2i1.17900

Buyung, Y. (2019). Pengaruh mix marketing jasa dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta siswa kursus bahasa inggris (Studi Kasus Siswa Kursus di New Bright Institute Sukabumi). Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 1–9.

Ghobadian, A., & Jones, S. S. and M. (1994). Service Quality Concepts and Models. International Journal of Quality & Reliability Management, 11(9), 43–73. https://doi.org/10.1108/02656719410074297

Gubernur DKI Jakarta. Peraturan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar. , Jakarta Goverment Website § (2020). Indonesia.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2018). Multivariate Data Analysis (8th ed.). British: Cengage.

Hartono, A. B., Tinungki, G. M., Hartono, P. G., Simanjuntak, L. R., & Muchtar, S. (2021). E-Learning Based Mathematics Learning Media : An Empirical Study on Operations Research in the COVID-19 Pandemic in Makassar City of Indonesia. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 550, 434–441. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210508.101

Hartono, P. G., & Matusin, A. R. (2020). The Determinants of Dividend Policy on Real Estate, Property, and Building Construction Companies Listed in IDX using Unbalanced Panel Data Approach. TIJAB (The International Journal of Applied Business), 4(2), 139. https://doi.org/10.20473/tijab.v4.i2.2020.139-156

Hartono, P. G., & Raya, M. Y. (2022). COVID-19 Pandemic, Dividend Policy, and Stock Market Reaction: Evidence from the Manufacturing Companies in Indonesia. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 26(4), 758–778. https://doi.org/10.26905/jkdp.v26i4.8226

Hiscott, J., Alexandridi, M., Muscolini, M., Tassone, E., Palermo, E., Soultsioti, M., & Zevini, A. (2020). The global impact of the coronavirus pandemic. Cytokine and Growth Factor Reviews, 53(January), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.cytogfr.2020.05.010

Irawan, B. (2020). Pelayanan Rumah Sakit Berdasarkan Metode Service Quality (SERVQUAL). Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (JKF), 3(1), 58–64.

Li, S., Zhou, Y., Kundu, T., & Zhang, F. (2021). Impact of entry restriction policies on international air transport connectivity during COVID-19 pandemic. Transportation Research Part E: Logistics and Transportation Review, 152(May), 102411. https://doi.org/10.1016/j.tre.2021.102411

Lim, J. S., Lim, K. S., Heinrichs, J. H., Al-Aali, K., Aamir, A., & Qureshi, M. I. (2018). The role of hospital service quality in developing the satisfaction of the patients and hospital performance. Management Science Letters, 8(12), 1353–1362. https://doi.org/10.5267/j.msl.2018.9.004

Meranga, I. S. C. (2022). Effect of Service Quality and E-Learning Quality on Student Satisfaction in Moderation of Social Distancing During the COVID-19 Pandemic : Empirical Studies in Private Universities. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(2), 9935–9942. https://doi.org/10.33258/birci.v5i2.4788

Nst, A. S., Hambali, M., Rao, Q. H., & Daulay, A. A. (2022). Kiat Pembelajaran Tatap Muka Di Masa PPKM Sebagai Upaya Penerapan Psikologi Pendidikan Pada Proses Belajar di Sekolah Menurut Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 12481–12488. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/10538

Pangaribuan, M. T., & Munandar, A. I. (2021). Kebijakan Pemerintah DKI Jakarta Menangani Pandemi COVID-19. GOVERNMENT : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 14, 1–9. https://doi.org/10.31947/jgov.v14i1.12706

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.

Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh Mutu Pembelajaran Online Dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(2), 188–197.

Prihandoyo, C. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jne Cabang Balikpapan. Jurnal GeoEkonomi, 10(1), 116–129. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v10i1.59

Purba, D. S., Saragih, L., & Tarigan, W. J. (2022). Analisis Pengaruh Kehandalan dan Daya Tanggap Pegawai Tata Usaha SMK 2 GKPS Pematangsiantar Terhadap Kepuasan Siswa. Economic Education and Entrepreneurship Journal, 5(1), 121–131. https://doi.org/10.23960/e3j/v5i1.121-131

Puspitasari, D. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Siswa Dalam Mengikuti Kursus Di LBB Ganesha Operation. E -Journal UNESA, 1–11.

Rokhani, S., & Marlianingrum, P. R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Pembelajaran Daring Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dimasa Pandemi Covid-19. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 14(3), 291–310. https://doi.org/10.35508/jom.v14i3.5054

Santosa, D. F., Savitri, C. A., & Anggraeni, N. L. P. N. (2022). Kualitas Layanan Sebagai Determinan Kepuasan Mahasiswa Politeknik Ketenagakerjaan di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 120–132. https://doi.org/10.17358/jabm.8.1.120

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Reserach Methods for Bussiness A Skill-Bulding Approach (7th ed.). London: John Wiley & Sons.

Simatupang, N. I. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19 dengan Metode Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 197–203. Retrieved from http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp/

Thapa, M. (2022). Impact of Service Quality on Student Satisfaction: A Case Study of Public Sector Higher Secondary Institution. THE BATUK : A Peer Reviewed Journal of Interdisciplinary Studies, 8(1), 1–15.

Tinungki, G. M., Hartono, P. G., Robiyanto, R., Hartono, A. B., Jakaria, J., & Simanjuntak, L. R. (2022). The COVID-19 Pandemic Impact on Corporate Dividend Policy of Sustainable and Responsible Investment in Indonesia: Static and Dynamic Panel Data Model Comparison. Sustainability, 14(10), 6152. https://doi.org/10.3390/su14106152

Tinungki, G. M., & Nurwahyu, B. (2020). The Implementation of Google Classroom as the E-Learning Platform for Teaching Non-Parametric Statistics during COVID- 19 Pandemic in Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(4), 5793–5803. Retrieved from http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/27089

Tinungki, G. M., Nurwahyu, B., Hartono, A. B., & Hartono, P. G. (2022). Team-Assisted Individualization Type of the Cooperative Learning Model for Improving Mathematical Problem Solving, Communication , and Self-Proficiency : Evidence from Operations Research Teaching. Education Sciences, 12(11), 825. https://doi.org/10.3390/educsci12110825

Tinungki, G. M., Robiyanto, R., & Hartono, P. G. (2022). The Effect of COVID-19 Pandemic on Corporate Dividend Policy in Indonesia : The Static and Dynamic Panel Data Approaches. Economies, 10(1), 11. https://doi.org/10.3390/economies10010011

Torres, E. N. (2014). Deconstructing Service Quality and Customer Satisfaction: Challenges and Directions for Future Research. Journal of Hospitality Marketing and Management, 23(6), 652–677. https://doi.org/10.1080/19368623.2014.846839

Veronica, D. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Salondewidi Kota Jambi). Jurnal Development, 5(1), 55–69. https://doi.org/10.53978/jd.v5i1.45

Winarni, E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Jasa Transportasi Gojek. Majalah Ekonomi: Telaah Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 27(2), 35–47. https://doi.org/10.36456/majeko.vol27.no2.a6471

Yudiatma, F., & Triastity, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Arfa Barbershop di Surakarta. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 15(3), 346–353.

Downloads

Published

2023-09-05

How to Cite

Laij, F., & Hartono, P. G. (2023). Mengekplorasi Hubungan Kualitas Jasa Dan Kepuasan Siswa Program Pre-University Selama Pandemi Covid-19. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 18(2), 658–668. https://doi.org/10.32534/jv.v18i2.4491

Most read articles by the same author(s)