ELECTRONIC WORD OF MOUTH BASED EXPECTATION CONFIRMATION THEORY IN BANARAN REVOLUTION PROGRAM

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v18i1.3740

Abstract

Persebaran pandemi Covid-19 memincu pemerintah membatasi kegiatan masyarakat. Banyak pelaku usaha yang mengalami penurunan pendapatan, salah satunya ialah restoran. Bandaran 9 Resto meruapakan perusahaan yang bergerak di bidang resto yang ada di Jawa Tengah. Walaupun perkembangan teknologi sangat pesat, namun Bandaran 9 Resto masih mangalami kendala dalam hal pemasaran. Oleh karena itu,, upaya yang dapat dilakukan ialah program Banana Revolution dengan cara memaksimalkan pemasaran melalui internet. Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan penjualan Bandaran 9 Resto melalui konsep Electronic Word Of Mouth (e-WOM) dengan menggunakan Expectation Confirmation Theory (ECT). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu pemasaran menggunakan konsep e-WOM dengan basis ECT sangat tepat digunakan Banaran 9 Restoran dalam mempromosikan restorannya..

Kata Kunci: Pemasaran, Diferensiasi, Teori Konfirmasi Harapan

Author Biography

Endy Gunanto Marsasi, Universitas Islam Indonesia

Endy Gunanto Marsasi menempuh pendidikan Doktor (Dr.) di Universitas Gadjah Mada, setelah sebelumnya memperoleh gelar sarjana Magister Manajemen (MM.). di bidang manajemen dari Universitas Gadjah Mada dan Sarjana Ekonomi (S.E) dari Universitas Gadjah Mada. Ia memiliki minat mengajar pada mata kuliah Manajemen Pemasaran Strategis dan Perilaku Konsumen. Saat ini penulis aktif melakukan penelitian di bidang perilaku konsumen yang berkaitan perkembangan perilaku pasar di era revolusi industri 4.0. Pengakuan sebagai peneliti dapat dikonfirmasi dari beberapa ID yang dimiliki yakni Id Sinta : 6805327;Id Google Scholar: jbFhpvIAAAAJ; Id Scopus: 57224778678; Id Researcher (WOS): GQA-4768-2022; Id Garuda : 3306613; Id Orchid: 0000-0002-4130-7645

Downloads

Published

2023-04-10

How to Cite

Pratama, B., & Marsasi, E. G. (2023). ELECTRONIC WORD OF MOUTH BASED EXPECTATION CONFIRMATION THEORY IN BANARAN REVOLUTION PROGRAM. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 18(1), 1–13. https://doi.org/10.32534/jv.v18i1.3740