EFIKASI DIRI MEMEDIASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA

Authors

  • Diastuti Yuliawati Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Hengky Widhiandono Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Arini Hidayah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Purnadi Purnadi Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v18i1.3675

Abstract

Abstract

This study aims to determine self-efficacy mediating the influence of entrepreneurship education and the family environment on the interest in entrepreneurship. The population of this study was 398 active undergraduate management students at the Faculty of Economics and Business, University of Muhammadiyah Purwokerto, 2019. The sample was obtained using a cluster sampling technique of 200 students. Methods of data collection using a questionnaire. Data analysis used descriptive statistical analysis and PLS-SEM analysis using SmartPLS version 3. The descriptive statistical analysis results showed that the interest in entrepreneurship variable was in the agreed position, the entrepreneurship education variable was in the agreed position, the family environment variable was in the neutral position, and the self-efficacy variable was in a position to agree. The results of the PLS-SEM analysis show that entrepreneurship education has a not significant positive effect on entrepreneurial interest, family environment and self-efficacy have a significant positive effect on entrepreneurial interest, entrepreneurship education and family environment have a significant positive effect on self-efficacy, and self-efficacy is able to mediate the relationship between entrepreneurship education and family environment on interest in entrepreneurship in a positive and significant way.

Keywords: Interest in Entrepreneurship, Entrepreneurship Education, Family Environment, Self-Efficacy.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek efikasi diri dalam memediasi pengaruh pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Aktif Manajemen S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto angkatan 2019 berjumlah 398 mahasiswa, sampel diperoleh menggunakan teknik cluster sampling sebanyak 200 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis SEM PLS menggunakan SmartPLS versi 3. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa variabel minat berwirausaha berada di posisi setuju, variabel pendidikan kewirausahaan berada di posisi setuju, variabel lingkungan keluarga berada di posisi netral, dan variabel efikasi diri berada di posisi setuju. Hasil analisis SEM PLS menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap minat berwirausaha, lingkungan keluarga dan efikasi diri berpengaruh positif signifikan terhadap minat berwirausaha, pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga berpengaruh positif signifikan terhadap efikasi diri, dan efikasi diri mampu memediasi hubungan antara pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha secara positif dan signifikan.

Keywords: Minat Berwirausaha, Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri.

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Yuliawati, D., Widhiandono, H., Hidayah, A., & Purnadi, P. (2023). EFIKASI DIRI MEMEDIASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 18(1), 28–44. https://doi.org/10.32534/jv.v18i1.3675