PENGARUH HARGA, KEPUASAN, PENILAIAN PELANGGAN, DAN IKLAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN APLIKASI SHOPEE

Authors

  • Putri Qismatuldiyah Faculty of Economics Tidar University
  • Deni Ramdani Fakultas Ekonomi, Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v17i2.2994

Abstract

Kegiatan belanja online menjadi alternatif mudah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, karena mudah untuk diakses kapan saja dan dimana saja. Dengan itu e-commerce perlu memiliki strategi untuk menjadi pilihan nomor satu masyarakat, dan membentuk pelanggan yang loyal. Shopee sebagai aplikasi e-commerce nomor satu di Indonesia, menunjukkan adanya loyalitas dari pada pelanggannya. Dengan itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah harga, kepuasan pelanggan, penilaian pelanggan, dan iklan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Dimana data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari pengisi kuesioner oleh responden. Alat pengujian analisis dengan menggunakan regresi dengan menggunakan SPSS. Dimana penemuan dalam penelitian ini menunjukkan jika variabel harga dan penilaian pelanggan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Pada variabel kepuasan dan iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Kata kunci: harga, kepuasan, penilaian, iklan, dan loyalitas

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Qismatuldiyah, P., & Ramdani, D. (2022). PENGARUH HARGA, KEPUASAN, PENILAIAN PELANGGAN, DAN IKLAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN APLIKASI SHOPEE. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 17(2), 118–131. https://doi.org/10.32534/jv.v17i2.2994