ANALISIS PENGARUH PENEMPATAN PEGAWAI BERBASIS KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS PT STRATEGIC ATTITUDE INTERGRITY INDONESIA CIREBON)

Authors

  • Risdiyanto Risdiyanto
  • Mutakin Mutakin

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v9i1.290

Abstract

Dalam rangka pelaksanaan pembangunan daerah, PT Strategic Attitude Intergrity Indonesia Cirebon mendukung perkembangan perusahaan dengan langkah-langkah yang mengarah kepada terciptanya “Good Companyâ€. Tujuan tersebut tidak akan terwujud tanpa adanya peran aktif dari SDM yaitu karyawan. Tujuan penelitian ini yaitu: (1). Mengidentifikasi Sistem Penempatan Karyawan pada PT Strategic Attitude Intergrity Indonesia Cirebon. (2). Mengidentifikasi Kinerja Karyawan pada PT Strategic Attitude Intergrity Indonesia Cirebon. (3). Menganalisis pengaruh faktor penempatan karyawan yaitu Kompetensi, Kualifikasi dan Motivasi terhadap Kinerja karyawan pada PT Strategic Attitude Intergrity Indonesia Cirebon. (4). Merekomendasikan alternatif solusi untuk peningkatan kinerja karyawan di PT Strategic Attitude Intergrity Indonesia Cirebon. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan dari bulan Mei - Juli 2010. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui Kuesioner yang disebarkan kepada 68 responden, yaitu Karyawan Tetap dan wawancara. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah metode sensus. Data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan (buku-buku dan literatur yang relevan) dan data internal perusahaan.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa karakteristik responden yaitu jenis kelamin, usia, pendidikan terakhir dan masa kerja tidak memiliki korelasi atau hubungan nyata dengan kompetensi, motivasi dan kinerja, dan jenis kelamin, usia, dan masa kerja juga tidak memiliki korelasi atau hubungan nyata dengan kualifikasi. Korelasi tersebut dapat ini dapat dilihat dari nilai chi square hitung lebih kecil dari nilai chi square tabel, atau dari nilai Probability lebih besar dari 5 persen (Probability < α = 0,05). Akan tetapi, pendidkan terakhir memiliki korelasi atau hubungan nyata dengan kualifikasi, Hal ini dapat dilihat dari nilai chi square hitung lebih besar dari nilai chi square tabel, atau dari nilai Probability lebih kecil dari 5 persen (Probability < α = 0,05).Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa kompetensi, kualifikasi, dan motivasi berpengaruh nyata dan positif, artinya jika PT Strategic Attitude Intergrity Indonesia Cirebon ingin meningkatkan kinerja karyawan, maka kompetensi, kualifikasi dan motivasi juga harus ditingkatkan. Besarnya pengaruh ketiga faktor ini terhadap kinerja adalah sebesar 64,1%, dan sisanya sebesar 35,9% dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak teramati dalam penelitian ini.

Kata Kunci : kompetensi, kualifikasi, motivasi, kinerja

Published

2018-07-30

How to Cite

Risdiyanto, R., & Mutakin, M. (2018). ANALISIS PENGARUH PENEMPATAN PEGAWAI BERBASIS KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS PT STRATEGIC ATTITUDE INTERGRITY INDONESIA CIREBON). Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 9(1), 52–61. https://doi.org/10.32534/jv.v9i1.290