PENGARUH PEOPLE, PHYSICAL EVIDENCE DAN PROCESS TERHADAP KUNJUNGAN

Authors

  • Heny Ratnaningtyas Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  • Nurbaeti Nurbaeti Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  • Fetty Asmaniati Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  • Amrullah Amrullah Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v17i2.2878

Abstract

Dunia kuliner sangat banyak persaingannya yang dapat dikatakan sangat tinggi dan meningkat karena konsumen lebih sangat selektif sekali memiliki rumah makan, yang menyebabkan antara rumah makan harus benar-benar berpikir bagaimana memiliki strategi yang tepat dalam menghadapi persaingan. Strategi tersebut adalah people, physical evidence dan process. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh people, physical evidence dan process terhadap kunjungan ke Rumah Makan Ampera 2 Tak Cabang Veteran Bintaro, Jakarta Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian adalah semua konsumen yang berkunjung ke Rumah Makan Ampera 2 Tak Cabang Veteran Bintaro. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling. Pengolahan data dilakukan dengan Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa people, physical evidence dan process berpengaruh signifikan terhadap kunjungan. Hal ini karena banyaknya konsumen memutuskan berkunjung ke Rumah Makan Ampera 2 Tak Cabang Veteran Bintaro, Jakarta Selatan karena ada orang-orang yang berkualitas yang bekerja dengan sepenuh hati melayani para konsumen, kemudian physical evidence dengan menyediakan beberapa fasilitas yang baik dan memadai, selanjutnya dengan proses yang efesien dan efektif dalam menyajikan makanan sampai ke konsumen lebih cepat dan tepat serta rapi.

Kata Kunci: People, Physical Evidence, Process, Kunjungan

 

Abstarct

The culinary world has a lot of competition that can be very tight because consumers are very selective in owning a restaurant, which causes restaurants to think about the right strategy in facing competition. The strategy is people, physical evidence, and process. This study aims to determine the influence of people, physical evidence and process on the decision to visit Ampera 2 Tak Restaurant, Veterans Bintaro Branch, South Jakarta. The approach used in this research is a quantitative approach. The population in this study were all consumers who visited Ampera 2 Tak Restaurant, Veterans Bintaro Branch. The sample in this study amounted to 100 respondents. The sampling technique in this study used accidental sampling. Data processing is done with Smart PLS. The results showed that people, physical evidence and process had a significant effect on the decision to visit. This is because many consumers decide to visit Ampera 2 Tak Restaurant Veterans Bintaro Branch, South Jakarta because there are quality people who work wholeheartedly to serve consumers, then physical evidence by providing some good and adequate facilities, then with the process which is efficient and effective in serving food to consumers more quickly, precisely and neatly.

Keywords: People, Physical Evidence, Process, Visiting

Downloads

Published

2022-08-16

How to Cite

Ratnaningtyas, H., Nurbaeti, N., Asmaniati, F., & Amrullah, A. (2022). PENGARUH PEOPLE, PHYSICAL EVIDENCE DAN PROCESS TERHADAP KUNJUNGAN. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 17(2), 75–87. https://doi.org/10.32534/jv.v17i2.2878