PENGARUH MARKETING MIX (4P) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN
DOI:
https://doi.org/10.32534/jv.v17i2.2787Abstract
The rapid development of the retail industry has led to increasingly high competition. Marketing strategy is something that must be done by every industry to maintain and increase revenue and protect consumers. This study aims to analyze and test the product, price, location or distribution, and promotion variables on consumer purchasing decisions at Alfamart Teluk Kuantan. This research includes quantitative research and uses a questionnaire method to obtain data. Data analysis used multiple regression analysis and T test and F test. The results based on the T test found that the promotion variable had a significant effect on consumer purchasing decisions, while the product, price, and distribution variables had no effect on purchasing decisions at Alfamart Teluk Kuantan. The F test found that the four variables simultaneously affect consumer purchasing decisions at Alfamart Teluk Kuantan.
Keywords: Alfamart, marketing mix, purchasing decisions
Abstrak
Berkembangnya industri retail secara pesat menyebabkan persaingan yang semakin tinggi. Strategi pemasaran merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap industri untuk mempertahankan dan meningkatkan pendapatan serta menjaga konsumen. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan menguji variabel produk, harga, lokasi atau distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen di Alfamart Teluk Kuantan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif serta menggunakan metode kuesioner untuk memperoleh data. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan uji T dan uji F. Hasil berdasarkan uji T diketahui bahwa variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, sedangkan variabel produk, harga, dan distribusi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Alfamart Teluk Kuantan. Uji F menemukan bahwa keempat variabel secara simultan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Alfamart Teluk Kuantan.
Kata kunci: Alfamart, bauran pemasaran, keputusan pembelian,