ANALISIS STRATEGI SEGMENTASI PASAR GUNA MENGHADAPI PESAING DAN MENINGKATKAN PENJUALAN DI MASA PANDEMI
(Studi Kasus Peningkatan Omzet Penjualan Selama Pandemi Pada CV. Dian Ayu Setiabudi Brebes)
DOI:
https://doi.org/10.32534/jv.v16i1.1886Abstract
Dalam masa Pandemi ini di samping banyaknya competitor keadaan juga menjadi faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya omzet penjualan pada perusahaan, padahal mengenai omzet tersebut merupakan salah satu hal penting dalam mewujudkan tujuan perusahaan. CV. Dian Ayu Setiabudi merupakan salah satu perusahaan distributor dengan produk dari brand Unilever yang dikirim langsung dari PT. Unilever Indonesia Tbk juga mendapati fluktuasi dalam perolehan omzet penjualan per kuartalnya selama masa Pandemi. Melalui Segmentasi Pasar tentunya dapat meningkatkan omzet dan mengstabilkannya. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif induktif dengan menggunakan teknis analisis deskriptif kualitatif, di mana penelitian ini berusaha menuturkan pemecahan masalah yang ada saat ini berdasarkan data-data yang ada. Sehingga dengan hal tersebut dapat diketahui bahwa dengan memberikan pelayanan khusus terhadap toko dengan kualifikasi Small Weekly. Karena toko dengan kualifikasi tersebut cenderung stabil dan jumlah toko yang relatif tinggi serta pembayaran yang Cash maka akan memperlancar Cash Flow terlebih dalam kondisi Pandemi saat ini, dan dengan membuka pangsa pasar baru dapat meningkatkan omzet meskipun ditengah-tengah persaingan yang kuat.