PENGARUH RELIGIUSITAS, KOMPETENSI, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL (Studi pada PDAM Tirta Moedal Jl. Kelud Raya Kota Semarang)

  • ima nurshilasari Universitas Stikubank Semarang
  • Tristiana Rijanti Universitas Stikubank Semarang

Abstract

Keberhasilan manajemen organisasi, salah satunya ditentukan oleh keberhasilan manajemen dalam menumbuhkan komitmen organisasional. Seberapa jauh komitmen organisasional karyawan terhadap organisasi akan sangat menentukan pencapaian tujuan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Religiusitas, Kompetensi, dan Budaya Organisasi terhadap Komitmen Organisasional di PDAM Tirta Moedal Jl. Kelud Raya Kota Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner, dan observasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan muslim yang berjumlah 222 karyawan. Dengan metode Slovin maka jumlah sampel berjumlah 100 karyawan. Teknik pengumpulan sampel menggunakan simple random sampling. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Religiusitas tidak berpengaruh terhadap Komitmen Organisasional (2) Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasional (3) Budaya Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasional.

Kata Kunci : Religiusitas, Kompetensi, Budaya Organisasi, dan Komitmen Organisasional

Published
2021-08-23
How to Cite
nurshilasari, ima, & Rijanti, T. (2021). PENGARUH RELIGIUSITAS, KOMPETENSI, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL (Studi pada PDAM Tirta Moedal Jl. Kelud Raya Kota Semarang). Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 84 - 91. https://doi.org/10.32534/jv.v16i2.1882