PENILAIAN KEPUASAN KONSUMEN DAPAT DI LIHAT DARI PROMOSI PENJUALAN DAN KUALITAS PRODUK PADA STUDI KASUS UMKM DI KABUPATEN BREBES
DOI:
https://doi.org/10.32534/jv.v16i1.1878Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh promosi penjualan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada UMKM di Kabupaten Brebes. metode pengambilan data kuantitatif dengan cara membagikan kuesioner kepada seluruh pelanggan yang pernah berbelanja babyfood. Sampel dalam penelitian ini yaitu 100 responden, yang terdiri dari 16 bulir pertanyaan. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan R-square. Data yang sudah terkumpul lalu di proses menggunakan SPSS versi 22 untuk mendeteksi variabel mana yang sangat berpengaruh. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel promosi penjualan dan variabel kualitas konsumen keduanya berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen UMKM di Kabupaten Brebes