FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT BERINVESTASI GENERASI MILENIAL MELALUI PLATFORM PEER-TO-PEER LENDING

Authors

  • Nandike Ayudiah Poeteri IPB University

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v16i1.1826

Abstract

Peer-to-Peer (P2P) lending merupakan instrumen investasi baru dengan skema pemberian pinjaman secara online. Industri P2P lending berpeluang memberikan sumber alternatif investasi dalam melakukan diversifikasi portofolio, selain dapat membantu peminjam yang tidak dapat mengakses bank konvensional. Pelaku industri P2P lending harus mampu menerapkan strategi untuk meningkatkan kepercayaan konsumen yang berdampak pada meningkatnya niat untuk berinvestasi di platform tersebut sehingga penyaluran dana pinjaman dapat terealisasi dengan baik. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat investasi di platform P2P lending melalui kepercayaan sebagai faktor mediasi. Objek dalam penelitian ini adalah generasi milenial di Indonesia dengan jumlah sampel sebanyak 254 responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik voluntary sampling dengan kriteria belum pernah melakukan investasi di platform P2P lending, tetapi sudah memiliki jenis investasi lainnya. Data dikumpulkan dengan cara mengisi kuesioner yang disebarkan secara online. Metode analisis statistik yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan LISREL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung persepsi reputasi dan persepsi jaminan struktural memiliki pengaruh signifikan terhadap kepercayaan dan niat investasi. Selain itu, pengaruh tidak langsung antara persepsi reputasi dan persepsi jaminan struktural terhadap niat investasi melalui kepercayaan juga menunjukkan hasil yang signifikan. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan merupakan mediator yang efektif dalam memengaruhi niat invesatsi generasi milenial di platform P2P lending.

Kata Kunci: Milenial, niat investasi, P2P lending

Downloads

Published

2021-06-25

How to Cite

Poeteri, N. A. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT BERINVESTASI GENERASI MILENIAL MELALUI PLATFORM PEER-TO-PEER LENDING. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 16(1), 264–278. https://doi.org/10.32534/jv.v16i1.1826