Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Resepsionis di Qunci Villas Hotel, Lombok – NTB
DOI:
https://doi.org/10.32534/jv.v16i1.1668Abstract
Komunikasi yang efektif merupakan hal yang dapat mengubah sikap dari orang-orang yang terlibat untuk berkomunikasi dengan orang-orang disekitarnya. Komunikasi di hotel sangat penting, baik dengan tamu dalam maupun luar. Resepsionis hotel merupakan fasilitator antara tamu dan hotel yang fungsinya untuk menjalin hubungan atau penghubung antara tamu dengan pihak manajemen hotel, oleh karena itu resepsionis harus mampu berkomunikasi dengan baik dan memahami apa yang diinginkan tamu dalam komunikasi dan empati terhadap apa yang dirasakan tamu. Sehubungan dengan hal tersebut, maka penelitian ini dibuat dan tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh keterampilan komunikasi interpersonal pada resepsionis di Qunci Villas Hotel. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional dan mengambil 50 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Receptionist di Qunci Villas Hotel. Sub variabel dominan komunikasi interpersonal terbuka, sub variabel dominan kinerja Resepsionis adalah Kualitas.
Kata Kunci: Kinerja, Komunikasi Interpersonal