PENGARUH KELENGKAPAN BARANG DAN HARGA TERHADAP MINAT BELANJA MASYARAKAT DI PASAR TRADISIONAL CIBEUNYING
DOI:
https://doi.org/10.32534/jv.v16i1.1517Abstract
Hasil observasi ditempat penelitian menunjukan manfaat dari pasar tradisional Cibeunying belum terlihat secara maksimal. Dikatakan demikian karena masih adanya kios yang belum terisi oleh para pedagang, selain itu juga masih banyak warga yang lebih memilih belanja di pasar induk Majenang. Pasalanya harga barang yang diperjualbelikan lebih murah dan barangnya lebih lengkap daripada di pasar tradisional Cibeunying. Walaupun demikian, masih tetap ada sebagian warga yang tetap berkunjung dan berbelanja ke pasar tradisional Cibeunying. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kelengkapan barang dan harga terhadap minat belanja masyarakat dan untuk mengetahui cara untuk meningkatkan minat belanja masyarakat di pasar tradisional Cibeunying. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik samplingnya menggunakan non probability sampling, yaitu accidental sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan mengunakan regresi linear berganda. Selanjutnya untuk mengetahui strategi/cara meningkatkan minat belanja masyarakat digunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Secara simultan variable kelengkapan barang dan harga secara bersama-sama berpengaruh sebesar 39,3 % terhadap minat belanja. Untuk meningkatkan minat belanja dapat dilakukan upaya lebih maksimal lagi dalam menginformasikan barang yang dijual beserta harganya yang terus update setiap hari melalui media sosial seperti membuat fanspage di facebook atau Whatsap group.