PENGARUH MOTIVASI WISATA DAN DESTINATION IMAGE TERHADAP NIAT WISATAWAN UNTUK BERKUNJUNG KE “ 10 NEW BALI”

Authors

  • Rina Nur Chasanah Universitas Bunda Mulia
  • Andreas Wijaya Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v15i2.1476

Abstract

Pariwisata Indonesia dapat dikatakan menjadi penggerak ekonomi, yang berhasil menyerap ribuan pendatang. Pada tahun 2016, Kementerian Pariwisata memperkenalkan 10 destinasi pariwisata prioritas disebut “New Bali”, yaitu Mandalika, Pulau Komodo, Borobudur, Danau Toba, Gunung Bromo, Kepulauan Seribu, Tanjung Kelayang, Wakatobi, Morotai, dan Tanjung Lesung. Setahun setelah diluncurkannya “New Bali”, Bali tetap menjadi destinasi favorit para wisatawan mancanegara. Melalui fenomena ini, dapat dilihat bahwa Indonesia memiliki peluang yang tinggi untuk menyerap pelancong yang ingin berwisata. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam minat berkunjung ke Indonesia melalui variabel motivasi wisata dan destination image (citra destinasi). Metode penelitan yang dilakukan untuk mengetahui sebab akibat dengan cara mengambil 14 atribut pertanyaan yang dibagikan kepada para wisatawan di Bali agar memenuhi syarat pengisian kuesioner. Total kuesoner yang dikumpulkan diuji dengan alat bantu SPSS 24, Hasilnya adalah Ha1 diterima yang berarti variabel motivasi wisata berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung, Ha2 diterima yang berarti destination image berpengaruh terhadap minat berkunjung, dan Ha3 diterima yang berarti motivasi wisata dan destination image  berpengaruh secara Bersama-sama terhadap minat berkunjung.

Kata kunci : Destination Image, Minat berkunjung, Motivasi wisata, New Bali

 

Downloads

Published

2020-12-07

How to Cite

Chasanah, R. N., & Wijaya, A. (2020). PENGARUH MOTIVASI WISATA DAN DESTINATION IMAGE TERHADAP NIAT WISATAWAN UNTUK BERKUNJUNG KE “ 10 NEW BALI”. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 268–280. https://doi.org/10.32534/jv.v15i2.1476