ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SAYUR VIA ONLINE

Authors

  • Muhammad Adam Soetirto Institut Pertanian Bogor
  • Ujang Sumarwan Institut Pertanian Bogor
  • Iwan Setiawan Institut Pertanian Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32534/jv.v15i2.1414

Abstract

Kedai sayur adalah salah satu start up yang bergerak dibidang penjualan sayur via online. Tidak hanya sayuran, buah, daging dan bahan olahan ada di dalam aplikasi kedai sayur. Start up ini dimulai sejak januari 2019. Mitra sayur merupakan nama kerja sama tukang sayur dengan kedai sayur yang mencangkup wilayah jabodetabek. Pada perilaku konsumen diketahui 7 variabel (performance expetacy, effort expetacy, social influence, facilitating condition, hedonic motivation, price value dan habit) dan life style yang akan diuji hubungan dengan minat penggunaan. Behavior intention menggunakan aplikasi dipengaruhi oleh performance expetacy, facilitating condition, price value dan life style. Setelah dianalisa menggunakan SEM, penelitian ini menunjukan bahwa Use behavior memiliki pengaruh positif dan signifikan pada purchase behavior. Perilaku penggunaan aplikasi diarahkan kepada keputusan membeli produk sayuran dengan menggunakan aplikasi kedai sayur.

Kata Kunci : Kedai Sayur, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Soetirto, M. A., Sumarwan, U., & Setiawan, I. (2020). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SAYUR VIA ONLINE. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 196–206. https://doi.org/10.32534/jv.v15i2.1414